Home Motor 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Pengereman Pada Sepeda Motor

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Pengereman Pada Sepeda Motor

0 1610

Tips Pengereman Sepeda Motor. Sebagian besar masyarakat di Tanah Air mengandalkan sepeda motor sebagai alat transportasi. Akan tetapi tidak semua orang pandai untuk mengendalikan sepeda motor. Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

Ada banyak hal yang harus dipahami oleh pengendara, salah satunya adalah teknik mengerem. Hal ini sebenarnya sepele, akan tetapi tak jarang orang mengerem asal-asalan. Perlu diketahui, mengerem memiliki teori tersendiri agar dapat dilakukan dengan aman.

Emerson Tantono, Network Development dan Instruktur Senior Safety Riding PT Astra Honda Motor mengatakan, mengerem yang benar-benar efektif adalah menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan, bukan mengoptimalkan salah satu.

”Kita tidak bicara presentase kekuatan, misalnya rem depan dan belakang harus total jumlahnya 100 persen. Karena itu rancu. Lebih efektif untuk menghentikan atau memperlambat laju adalah menggunakan rem depan,” jelas Emerson.

Baca : Tips Perbaiki Rem Tromol Sepeda Motor

Berikut adalah beberapa tips motor seputar teknik mengerem sepeda motor yang benar dari Emerson :

1. Tipe sepeda motor

Menurut Emerson, teknik pengereman antara satu tipe sepeda motor dengan tipe lainnya hampir sama. Memang, pada motor sport teknik yang harus diketahui oleh pengendara menjadi lebih kompleks, sebab setelah mengerem harus diikuti dengan memindah gigi ke lebih rendah (engine brake) agar pengereman semakin efektif.

Hal ini juga serupa untuk motor jenis bebek. Akan tetapi, engine brake hanya dilakukan saat mendesak mengingat bobot motor bebek lebih ringan daripada sport.

Tips Mengerem Motor 2

2. Belajar

Mengendarai sepeda motor tidak sama dengan naik sepeda. Ketika belajar naik sepeda, tentu tersemat dipikiran agar menggunakan rem belakang terlebih dahulu. Namun hal tersebut tidak selamanya berlaku pada sepeda motor. ”Banyak asumsi biker mengerem roda belakang lebih efektif, pemikiran ini yang harus diubah,” ungkap Emerson.

Baca : Tips Memperbaiki Kebocoran Minyak Rem

3. Penekanan atau kekuatan rem

Dalam hal ini hanya pengendara sendiri yang dapat menentukannya. Hal ini dapat dilihat dari kecepatan dan kondisi jalan. Contohnya, jika di jalanan yang basah, sebaiknya tidak menekan rem terlalu dalam. Oleh karena itu ketika berkendara di jalanan basah atau licin, dianjurkan untuk menurunkan kecepatan sehingga jika sewaktu-waktu harus mengerem, pengendara tidak perlu menekan rem dengan keras.

Selain itu penggunaan jari untuk menarik tuas rem harus disesuaikan dengan kekuatan yang dibutuhkan. Jika ingin melakukan pengereman secara maksimal, bisa dilakukan dengan menggunakan empat jari. ”Perlu diingat, rem tidak berdiri sendiri. Pikirkan keselamatan jika jalan licin dengan mengurangi kecepatan. Penggunaan rem tetap depan dan belakang, jangan salah satu,” saran Emerson.

Perlu diingat, penggunaan rem belakang saja hanya dilakukan di saat-saat tertentu saja. Sebagai contoh saat melalui turunan dengan kecepatan rendah. Menggunakan rem belakang saja akan membuat motor yang dikendarai menjadi tidak stabil.

Di samping itu latihan menggunakan rem depan juga dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila Anda diharuskan untuk melakukan pengereman mendadak. Asalkan dilakukan dengan benar, mengerem dengan menggunakan rem depan akan berjalan dengan aman.

4. Menikung

Jika dilihat dari segi teorinya, rem hanya digunakan ketika hendak masuk tikungan untuk memperlambat laju kendaraan. Saat sudah masuk tikungan justru pengendara dianjurkan untuk melakukan akselerasi agar cengeraman roda depan lebih maksimal. Namun banyak orang yang keliru ketika melintasi tikungan. Banyak yang melakukan pengereman ketika berada di tikungan. Emerson mengatakan bahwa hal tersebut dapat membahayakan pengendara, terutama jika kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Demikian adalah beberapa teknik mengerem sepeda motor yang disampaikan oleh Emerson.

Baca Juga : 4 Tips Merawat Kampas Rem Motor

Source: cara mengerem sepeda motor pakai torsi manual, engine brake motor bebek, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply