Home Auto News Mobil Daihatsu Copen Terbaru 2015 Masuk Indonesia

Mobil Daihatsu Copen Terbaru 2015 Masuk Indonesia

0 1940

Mobil Daihatsu Copen Indonesia. Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia akan menghadirkan mobil barunya. Kali ini yang akan dijual di pasar otomotif nasional bukanlah sembarang mobil, melainkan sosok kendaraan roadster yang diberi nama Daihatsu Copen.

Daihatsu Indonesia tampaknya mulai mencoba hal baru dengan menghadirkan mobil ini. Daihatsu Copen yang memiliki dimensi mungil dan dapat dibongkar pasang bodinya ini rencananya akan dirilis pada akhir bulan ini di Tanah Air.

Sebagai informasi, Daihatsu Copen adalah mobil mini sporty andalan Daihatsu. Mobil ini dirancang dengan konsep coupe atau 2 tempat duduk. Menariknya mobil ini memiliki beberapa kelebihan, seperti fitur atap terbuka (convertible roof) dan kemampuan untuk berganti panel body dengan mudah.

Di negara asalnya, Jepang, Daihatsu Motor Company, Ltd (DMC) baru saja meluncurkan Copen generasi terbaru pada 19 Juni 2014 kemarin. Daihatsu Copen terbaru hadir dengan full model change atau ubahan penuh. Mobil baru murah ini merupakan generasi kedua sejak pertama dihadirkan di Negeri Bunga Sakura pada tahun 2002. Saat itu Copen diposisikan sebagai flagship car Daihatsu.

Daihatsu Copen dirancang dan dikembangkan dengan struktur rangka baru yang disebut struktur D-Frame. Struktur rangka ini memiliki tiga keunggulan. Pertama adalah keunggulan dalah hal performa laju kendaraan yang berpadu dengan stabilitas tinggi, serta aman walaupun rooftoop dibuka.

Selanjutnya, panel body dibuat dari bahan resin yang membuat tampilan Copen menjadi lebih menawan. Sedangkan yang terakhir, pemilik dapat mengganti panel body luar sesuai dengan kehendaknya.

Daihatsu Copen 2015 Indonesia 2

“Kita akan memasarkan berdasarkan order masyarakat yang mau saja. Supaya orang-orang Indonesia bisa merasakan naik mobil coupe itu seperti apa,” kata Amelia Tjandra, selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Pada sektor performanya, Daihatsu Copen mengandalkan dapur pacu bensin 12 katup 3 silinder tanpa turbo berkapasitas 660 cc sebagai sumber tenaga penggeraknya. Mesin tersebut dapat menghembuskan tenaga hingga sebesar 64 hp pada putaran 6.400 rpm dengan torsi maksimum mencapai 92 Nm pda 3.200 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan ke roda melalui dua pilihan sistem perpindahan gigi yang dapat dipilih oleh calon konsumen. Pertama adalah transmisi manual 5-percepatan dan kedua transmisi otomatis super aktif CVT 7-percepatan.

Tingkat konsumsi bahan bakar Daihatsu Copen bisa mencapai 22,2 km/liter untuk transmisi manual, sedangkan versi transmisi otomatisnya dapat tembu 26,2 km/liter.

Lantas berapa harga jual Daihatsu Copen ini jika dijual di Indonesia? Untuk hal ini memang belum ada kepastian dari pihak Daihatsu Indonsia. Kendati demikian, bisa dipastikan bahwa mobil ini akan menjadi mobil termahal yang dijual Daihatsu di Indonesia.

Amelia mengungkapkan bawa harga Daihatsu Copen di Jepang mencapai Rp 175 jutaan. Akan tetapi harga tersebut bisa melambung tinggi jika masuk ke pasar otomotif Tanah Air.

Menurut data yang didapat dari Informasi Nilai Jual Kendaran Bermotor, Dinas Perpajakan Prov. DKI Jakarta, terdapat dua tipe Daihatsu, yakni LA400LK-KMPZ AT (transmisi otomatis) dan LA400LK-KMPZ MT (transmisi manual). Untuk Daihatsu Copen transmisi manual nilai jualnya mencapai Rp 284 juta, sedangkan yang transmisi otomatis nilai jualnya sebesar Rp 293 juta.

Harga tersebut belum ditambah dengan pengenaan pajak dan dampak melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS. Kedua hal tersebut akan membuat harga jual Daihatsu Copen menjadi lebih mahal. “Harganya lebih dari Rp 350 jutaan karena Rupiah yang melemah,” jelas Amelia. Baca juga, Daihatsu Copen Indonesia Bisa Dipesan, Daihatsu Copen Indonesia 2015 dan Honda S660 Penantang Daihatsu Copen.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply