Home Mobil Tips Membedakan Kampas Rem Palsu Dengan Asli Original

Tips Membedakan Kampas Rem Palsu Dengan Asli Original

0 2798

Tips Membeli Kampas Rem Asli Original. Sepeda motor ataupun mobil memiliki banyak sekali komponen. Setiap komponen membutuhkan perawatan yang berbeda satu dengan lainnya. Selain itu komponen pada kendaraan juga memiliki masa pakai. Ada kalanya komponen tersebut rusak atau masa pakainya sudah habis sehingga sang pemilik diharuskan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Salah satu di antaranya adalah kampas rem.

Kampas rem termasuk ke dalam golongan komponen fast moving atau paling sering diganti. Tidak hanya itu, kampas rem pada kendaraan memiliki peranan penting dalam menjaga keselamatan pengendara.

Oleh karena itu, pemilik motor baru wajib memperhatikan dengan cermat kualitas kampas ketika hendak membelinya. Sebab bukanlah hal yang mudah untuk membedakan parts asli pabrikan dengan barang tiruan.

“Biasanya, kalau sudah jadi dalam bentuk barang jadi, cukup sulit dibedakan dengan mata telanjang karena biasanya persis sama. Dulu dari warnanya bisa dibedakan, tapi sekarang benar-benar sama,” jelas M Abidin, yang menjabat sebagai GM Motorsport and Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Persamaan antara parts asli dan tiruan dikarenakan proses pembuatannya yang sama, yakni dari bahan dasar berwujud tepung, kemdian dipadatkan, direkatkan dan dipanaskan. Maka dari itu akan sulit bagi orang awam untuk membedakan mana kampas asli dan mana yang tidak asli. Hanya teknisi berpengalaman saja yang dapat mengetahuinya.

Membedakan Kampas Rem Asli dan Palsu 2

“Biasanya, tim Techinical punya cara dan kode-kode tersendiri yang sulit diketahui oleh konsumen, semisal paint indicator. Di kampas rem asli pabrikan terdapat paint indicator. Ini bisa diketahui oleh quality control (QC) dan juga teknisi, warnanya beda-beda setiap produsen motor, cuma kalau pada barang KW tidak ada,” paparnya.

Agar tidak tertipu dengan parts tiruan, Abidin menganjurkan supaya para pemilik kendaran membeli kampas rem di toko-toko spareparts yang menjadi supplier resmi produk produsen motor. Hal ini dinilai lebih mudah untuk dikontrol karena pada bagian kemasan terdapat kode genuine parts, segel dan ada stiker hologram.

Di samping itu, menggunakan parts asli atau orisinal juga mempengaruhi kesehatan lingkungan secara umum. Sebab, banyak barant tiruan yang dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang membahayakan, baik untuk manusia ataupun lingkungan.

“Sebenarnya barang yang asli ataupun tidak asli berkaitan erat juga dengan masalah lingkungan, karena produsennya masih menggunakan bahan berbahaya untuk alam, yaitu asbestos. Bahan ini sudah dilarang pada semua manufaktur di beberapa negara termasuk Indonesia, cuma kalau produsen barang-barang nonorisinal masih menggunakannya,” ungkap Abidin.

Di pasaran, terdapat empat jenis kampas rem untuk kendaraan. Yang pertama adalah kampas rem semi-metalik. Kampas rem ini dikenal tahan lama dan memiliki transfer panas yang sangat baik. Akan tetapi tingkat keausan cakram lebih cepat dibanding dengan tipe lain.

Selanjutnya adalah tipe non-asbes organik. Kelebihan kampas rem ini adalah teksturnya yang lebih lunak, sehingga rem tidak berbunyi. Tetapi tipe ini cenderung lebih cepat habis.

Yang ketiga adalah non-asbes organik dengan kandungan metal yang rendah. Kelebihannya adalah transfer panas yang lebih baik. Namun kampas rem ini lebih berisik daripada kampas rem non asbestos reguler karena memiliki kandungan logam.

Sedangkan yang terakhir adalah kampas rem berbahan keramik. Bahan terebut merupakan yang terbaik karena pada umumnya kampasnya bersih dan tidak menimbulkan bunyi. Selain itu pengeremannya tidak akan merusak rotor. Namun dengan beberapa kelebihan tersebut, Anda harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih banyak untuk membelinya.

Source: Tips sepeda motor, Kampas rem depan freed non asbes, kampas rem depan Honda yang asli warna apa, kampas rem nissin freed yang terbaik, kanpas rem ori, kode bahan pembuat dispad sepeda motor internasional, membedakan kampaa rem honda yg asli atau bukan, membedakan kampas rem tromol yang ori sama yang kw honda beat, perbedaan disc pad yamaha asli sama palsu, perbedaan kampas rem mobil asli dan palsu com, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply