Home Auto News Yamaha Scorpio Generasi Terbaru 2015 Siap Dirilis!

Yamaha Scorpio Generasi Terbaru 2015 Siap Dirilis!

0 3729

Yamaha Scorpio Z Terbaru Indonesia, Pabrikan berlambang tiga garputala, Yamaha memang memiliki beberapa motor sport. Salah satu di antaranya adalah Yamaha Scorpio. Namun jumlah populasi motor sport ini tidak sebanyak saudaranya, Yamaha Vixion. Hal tersebut tampaknya membuat produksi unit Yamaha Scorpio terus dikurangi.

Walaupun belu discontinue secara resmi, ada yang memprediksi bahwa pada bulan Agustus 2015 mendatang motor ini resmi discontinue. Hal ini dikarenakan adanya peraturan baru pemerintah yang mewajibkan seluruh motor baru memenuhi standar EURO 3.

Seperti yang diketahui bersama, hingga saat ini Yamaha Scorpio masih menggunakan mesin berkapasitas 225 dengan karburator sebagai sumber tenaganya. Merupakan langkah yang cukup menantang bagi Yamaha jika ingin motor sport tersebut lolos standar EURO 3. Pasalnya, agar ramah lingkungan Yamaha Scorpio harus melepas sistem karburator dan beralih dengan mengadopsi sistem bahan bakar injeksi.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan di masa mendatang Yamaha Scorpio mengusung mesin baru dengan teknologi injeksi.

“Meski memiliki tenaga dan torsi yang mumpuni, mesin Yamaha Scorpio itu masih mengusung teknologi tahun 80an. Untuk merombaknya dengan teknologi terkini tentu membutuhkan waktu yang cukup lama,” papar M Masykur, yang menjabat sebagai Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek (APM) Yamaha di Tanah Air.

Yamaha Scorpio 2015 Indonesia 2

Sekedar informasi, untuk mengembangkan sebuah motor pada umumnya pabrikan membutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun. Akan tetapi mengingat perkembangan zaman dan persaingan di dunia otomotif yang semakin sengit, waktu pengembangan dapat dilakukan lebih singkat lagi. Dan menurut informasi yang berhembus, pabrikan motor asal Jepang ini tengah mengembangkan Yamaha Scorpio.

Yamaha Scorpio yang dirilis oleh YIMM merupakan sosok motor sport yang masuk ke dalam segmen naked bike. Generasi terakhirnya yang dijuluki Yamaha Scorpio Z meluncur di Tanah Air pada tahun 2013 kemarin. Scorpio Z merupakan generasi ketiga sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002.

Di kelasnya, mtor ini berhadapan langsung dengan Honda Tiger dan Suzuki Thunder. Yamaha Scorpio hadir sebagai kendaraan touring yang dihususkan untuk menempuh perjalanan jauh. Meski demikian kenyamanan yang ditawarkan oleh motor ini sangat menjanjikan.

Melihat tampilannya, Yamaha Scorpio Z tampil menarik dan kental dengan aura gagah. Pada bagian tangki bahan bakarnya disematkan shroud samping berdesain sporty yang mengapit tangki tersebut. Pengalaman berkendara akan menjadi jauh lebih nyaman dengan stang jenis cruise yang digunakan Scorpio Z.

Dilihat dari segi dimensinya, motor sport ini memiliki panjang 2.030 mm, lebar 750 mm dan tinggi 1.095 mm. Bobot Scorpio Z cukup ringan, yakni hanya mencapai 142 kg. Dengan bobot yang ringan, motor ini menjadi cukup mudah untuk dikendalikan. Tangki bahan bakarnya dapat menamung 13 liter bensin, sedangkan tangki cadangannya memiliki kapasitas 2,5 liter.

Melihat sektor kaki-kakinya, Yamaha Scorpio Z menggunakan pelek berukuran 18 inci. Sementara ban yang digunakan berukuran 80/100 pada bagian depan dan bagian belakangnya berukuran 100/90. Suspensi depannya menggunakan jenis teleskopik, sedangkan suspensi belakang jenis monocross dengan lengan ayun. Untuk pengeremannya, Scorpio Z mengandalkan piringan cakram untuk rem depan dan teromol untuk rem belakang.

Beralih ke jantung pacunya, Yamaha Scorpio Z dipersenjatai dengan mesin 4 langkah, SOHC, 2 valve, silinder tunggal berkapasitas 223 cc. Kompresi mesin Socprio Z mencapai 9.5:1. Berbekal mesin ini, Yamaha Scorpio Z dapat menghasilkan tenaga sebesar 13,4 kW pada 8.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 13,4 Nm pada 6.500 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. Baca juga, Yamaha Scorpio Z Limited Edition dan Modifikasi Yamaha Scorpio Full Fairing.

Source: new yamaha scorpio injeksi, Yamaha Scorpio 2016, scorpio injeksi, scorpio z, motor scorpio 2015, scorpio z injeksi, motor scorpio terbaru, scorpio z 2016, motor yamaha scorpion 2015, Scorpio inje, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply