Home Auto News Suzuki Karimun Wagon R Model MPV Akan Diproduksi Lokal!

Suzuki Karimun Wagon R Model MPV Akan Diproduksi Lokal!

0 2286

Mobil MPV Suzuki Karimun Wagon R. Banyak orang yang berkeinginan untuk membeli mobil baru. Kendaraan roda empat ini memang banyak diminati di Tanah Air. Hal tersebut terlihat dari angka penjualan mobil di pasar otomotif nasional yang cenderung meningkat.

Kini keberadaan mobil seolah sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat di Indonesia. Kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan kendaraan ini membuat banyak orang enggan untuk berpaling. Namun seperti yang kita ketahui bersama, hanya orang-orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas saja yang dapat membelinya.

Sebagai solusinya, maka hadirlah segmen Low Cost Green Car (LCGC) atau yang dikenal juga dengan istilah mobil baru murah dan ramah lingkungan. Sesuai dengan namanya, mobil ini pada umumnya dibanderol dikisaran Rp 100 jutaan. Kehadiran mobil LCGC pun menarik minat konsumen mobil di Tanah Air yang menginginkan mobil namun dengan dana yang terbatas.

Di segmen tersebut, banyak merek-merek mobil yang bersaing. Beberapa di antaranya adalah Honda Brio, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Suzuki Wagon R dan lain-lain. Kali ini yang menarik perhatian adalah Suzuki dengan LCGC andalannya, Karimun Wagon R.

Suzuki Wagon R MPV 2016 India 2

Seperti yang marak diberitakan sebelumnya, salah satu produsen mobil ternama asal Jepang, Suzuki sedang mengembangkan Karimun Wagon R versi MPV (Multi Purpose Vehicle). Sejatinya Karimun Wagon R merupakan mobil murah berdimensi mungil yang dipasarkan di beberapa negara, tak terkecuali di Indonesia.

Suzuki Karimun Wagon R versi MPV nantinya akan bersaing dengan Datsun Go+ yang juga menempati segmen MPV murah. Lalu seperti apa tampilan MPV murah terbaru dari Suzuki?

Seperti mobil-mobil baru pada umumnya, sebelum diluncurkan secara resmi Karimun Wagon R versi MPV telah bocor di dunia maya. Beredar foto yang diduga kuat merupakan MPV murah Suzuki. Foto tersebut dipublikasikan oleh salah satu website asal Negeri Taj Mahal, India.

Menurut situs India Gaadiwaadi, Minggu (17/05/2015), mobil tersebut akan diproduksi di Tanah Air. Proyek MPV kompak baru dari Suzuki dikenal luas sebagai YJC. Basis pengembangannya terinspirasi dari model Solio. Solio merupakan varian lain yang kini tak lagi menyandang nama Wagon R. Suzuki Solio ini sempat diabadikan oleh bidikan kamera ketika tengah diuji di suatu tempat di India.

Menariknya baris ketiga di kabin Wagon R bisa diperoleh walaupun tanpa mengubah wheelbase. Konfigurasi mobil tersebut adalah 5+2 penumpang. Sayangnya hingga saat ini belum diketahui secara detail seputar pilihan mesin. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa MPV baru Suzuki tersebut akan berbagi spesifikasi dengan Suzuki Wagon R. Kehadiran YJC nantinya akan menjadi jembatan antara model hatchback dan MPV.

Versi Produksi Suzuki Wagon R MPV itu terlihat mirip dengan mobil konsep berwarna hijau yang sempat dihadirkan di perhelatan akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 kemarin. Bedanya, prototipe yang terlihat pada foto tersebut tampil dalam balutan warna biru.

Suzuki Wagon R versi MPV ini rencananya akan mulai dipasarkan di India pada tahun 2016 mendatang. Akan tetapi tidak dijelaskan kapan mobil tersebut dipasarkan di Tanah Air.

Sebagai catatan, Suzuki Wagon R versi MPV yang sedang diuji coba oleh Suzuki Maruti India dapat menampung tujuh penumpang sekaligus dengan tiga baris bangku. Meski demikian secara teknis tidak ada perubahan yang cukup signifikan, termasuk jarak sumbu rodanya. Hanya saja sasis bodi mobil ini dirancang lebih panjang. Hal tersebut dilakukan untuk mengakomodasi konfigurasi tempat duduk 5+2 di kabin.

Source : http://gaadiwaadi.com

Source: agya mpv, mpv terbaru 2016, suzuki yjc, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply