Home Auto News Skutik Yamaha Grand Filano Indonesia Resmi Dirilis

Skutik Yamaha Grand Filano Indonesia Resmi Dirilis

0 2431

Motor Matik Baru Yamaha Grand Filano, Perhelatan Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun 2015 tinggal menghitung hari saja. Salah satu produsen motor yang akan meramaikan acara tahunan itu adalah Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Seperti yang diketahui sebelumnya, agen pemegang merek (APM) Yamaha di Tanah Air itu akan meluncurkan dua motor CBU (Completely Build Up) terbarunya. Salah satu di antaranya adalah Yamaha MT-09 yang memang sejak jauh hari telah hangat diperbincangkan.

Di samping itu, YIMM sendiri telah membocorkan bahwa pihaknya juga akan menghadirkan skutik CBU terbarunya untuk menemani Yamaha MT-09. Sebelumnya banyak pihak yang berpendapat bahwa motor matic baru tersebut adalah Yamaha X-MAX 125 yang telah dipasarkan di Benua Biru, Eropa. Akan tetapi prediksi tersebut rupanya meleset.

Skuter matik yang akan dibawa ke Tanah Air bukanlah Yamaha X-MAX 125, melainkan skuter premium Grand Filano. “Ekpektasinya terlalu tinggi kalau keluarga MAX,” kata M. Masykur, Asisten General Manager Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing beberapa waktu lalu.

Yamaha Grand Filano 2015 Indonesia 2

Yamaha Grand Filano dipersenjatai dengan generasi pertama mesin 125 cc Blue Core. Mein tersebut juga dibenamkan pada skuter yang dijual di Vietnam, Nozza Grande. Walaupun nama dari skutik CBU tersebut telah diketahui, akan tetapi Masykur masih menutup informasi rapat-rapat mengenai negara mana yang jadi pengekspor Grand Filano.

“Yang jelas produksinya ada dua, di Thailand dan Vietnam,” ungkapnya.

PRJ nantinya akan diselenggarakan pada 29 Mei 2015 sampai dengan 5 Juli 2015 mendatang. Hadirnya dua model CBU Yamaha pada ajang tersebut akan menjadi senjata baru pabrikan berlambang tiga garputala untuk bersaing di pasar otomotif nasional. Sebelumnya Yamaha telah memiliki empat model CBU, di antaranya R1, R6, T-MAX dan WR250R.

Selain digunakan untuk menarik perhatian pengunjung di booth Yamaha, bukan hal yang tidak mungkin YIMM juga akan memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan pemasaran dan penjualan Grand Filano. Namun sayangnya Masykur belum bisa mengatakan mengenai harga jual Yamaha Grand Filano. Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut belum ditentukan oleh YIMM, masih dipertimbangkan mengikuti fluktuasi nilai tukar rupiah dengan dollar AS.

Nilai tukar rupiah dengan dollar AS yang masih belum menentu menjadi faktor utama untuk menentukan harga yang sesuai untuk kendaraan CBU, termasuk Yamaha Grand Filano.

Diprediksi Yamaha Grand Filano menjadi model CBU dengan harga paling terjangkau di antara model CBU Yamaha lainnya. Posisi harga skutik premium ini berada di atas skuter Yamaha bermesin 125 cc lainnya, seperti Soul GT yang dibanderol Rp 15,1 juta dan Mio M3 Rp 13,98 juta. Akan tetapi Masykur mengungkapkan, logikanya harga Grand Filano berada di bawah skuter N-MAX 155 cc yang dipatok Rp 27,4 juta.

“Kelasnya bersaing dengan Piaggio,” ujar Masykur. Piaggio Indonesia saat ini menjual dua model skuter, yakni Beverly bermesin 330 cc yang dipatok dengan harga Rp 180 juta dan Liberty bermesin 100 cc yang diniagakan seharga Rp 19,2 juta.

Yamaha Grand Filano pertama kali hadir di Indonesia pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMoS) yang diadakan tahun lalu. Saat itu skuter yang juga dikenal dengan nama Nozza Grande di Vietnam ini menjadi motor pertama yang mengusung mesin berteknologi Blue Core.

Mesin tersebut memiliki kapasitas mencapai 125 cc dan dapat menghasilkan tenaga hingga mencapai 10,73 hp pada putaran 6.500 rpm engan torsi puncak sebesar 9,7 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan ke roda melalui transmisi CVT.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply