Home Auto News Mobil Baru Toyota 2015 Gairahkan Pasar Otomotif Nasional

Mobil Baru Toyota 2015 Gairahkan Pasar Otomotif Nasional

0 1444

Berita Mobil Terbaru Toyota 2015, Akhir-akhir ini kondisi perekonomian di Indonesia kurang stabil. Hal ini membuat pasar otomotif di Tanah Air menjadi terganggu. Akan tetapi hal tersebut tampaknya dapat diantisipasi oleh Toyota.

Pada bulan April 2015 kemarin, Toyota berhasil membukukan penjualan sebesar 30.053 unit. Dengan perolehan tersebut pangsa pasar Toyota Indonesia naik menjadi 36,8 persen. Salah satu faktor yang membuat pangsa pasar Toyota semakin meningkat adalah produk-produk baru yang telah diluncurkan sepanjang tahun ini.

Melihat dari sisi sales of volume, perolehan bulan April bisa dibilang cukup stabil dibandingkan dengan bulan Maret kemarin yang mencapai 31.801 unit. Akan tetapi, jika melihat dari sisi pangsa pasar Toyota, kenaikan yang terjadi sangat terlihat. Dari yang sebelumnya 32 persen pada bulan Maret 2015 menjadi 36,8 persen pada April 2015.

Suparno Djasmin, yang menjabat sebagai Vice Presdent Director PT Toyota Astra Motor mengatakan, produsen otomotif di Indonesia sedang menghadapi situasi perekonomian yang kurang mendukung. Hal tersebut terjadi sejak akhir tahun 2014 lalu.

Toyota Rush 2015 Indonesia

“Selain melakukan penyegaran dan penambahan product line-up, kami juga terus melakukan Kaizen (continous improvement) terhadap layanan purna jual yang senantiasa menjadi salah satu fokus utama kami,” ujarnya.

Suparno Djasmin menjelaskan, setiap Agen Pemegang Merek (APM) telah berusaha sebisa mungkin supaya dampak dari situasi tersebut tidak terlalu terada terhadap prospek industri. Berbagai insentif melalui sejumlah strategi dilakukan agar produk tetap bisa terserap oleh pasar otomotif nasional.

Sedangkan Toyota Astra Motor (TAM), menggunakan strategi peningkatan efisiensi dengan tetap meningkatkan pelayanan dan product value. Di mana walaupun pasar sedang lesu, TAM tetap menghadirkan mobil-mobil baru guna memberikan nilai tambah lebih kepada para pelanggannya.

Jika melihat ke belakang, TAM telah meluncurkan lima mobil baru dalam 5 bulan terakhir. Mobil tersebut hadir dengan sejumlah perubahan, seperti penambahan fitur dengan minor change atau full change dan menambah varian baru, di antaranya Agya, Rush, Camry, Alphard dan Vellfire.

Sepanjang bulan April kemarin, salah satu faktor yang menyebabkan adanya peningkatan market shares adalah mulai membaiknya kinerja sejumlah segmen. Sebagai contoh, pada segmen sedan penjualannya meningkat sebesar 22,3 persen, dari 1.007 unit pada Maret 2015 menjadi 1.232 unit pada April 2015.

Pada bulan yang sama, di segmen compact car Toyota mencatat penjualan sebanyak 6.465 unit dengan pangsa pasar sebesar 38,13 unit. Di segmen ini ada beberapa model yang dipasarkan oleh Toyota, seperti Astra Toyota Agya, Toyota Etios Valco dan Toyota Yaris.

Sementara di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) atau mobil keluarga, Toyota Avanza berhasil membukukan angka penjualan yang stabil. Mobil sejuta umat itu terjual sebanyak 11.686 unit. Sedangkan Toyota Kijang Innova terjual sebesar 4.162 unit. Toyota Avanza berkontribusi sebesar 71,95 persen dari total penjualan Toyota di segmen MPV. Sementara Kijang Innova menyumbang 25,62 persen.

Beralih ke segmen SUV (Sport Utility Vehicle), Toyota juga memperoleh prestasi yang cukup menggembirakan. Di segmen ini penjualannya naik sebesar 14,5 persen dari 3.474 unit pada bulan Maret 2015 menjadi 3.978 unit pada bulan April 2015. Kontributor utama di segmen SUV adalah Toyota Rush. Total penjualan mobil tersebut mencapai 3.068 unit.

Segmen kendaraan niaga juga mengalami pertumbuhan sebesar 7,5 persen. Jika pada bulan Maret 2015 hanya mencapai 1.909 unit, pada April 2015 angka penjualan di segmen tersebut naik menjadi 2.053 unit.

Segmen tersebut ditopang oleh Toyota Hilux yang berhasil membukukan angka penjualan tertinggi dibandingkan dengan segmen 2 ton dan Commercial Van. Toyota Hilux bulan lalu telah terjual sebanyak 890 unit. Angka tersebut meningkat 10,1 persen bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Img source: http://www.car1.hk

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply