Home Auto News Mobil Terbaru Toyota Sienta Usung 7 Kursi Penumpang

Mobil Terbaru Toyota Sienta Usung 7 Kursi Penumpang

0 2124

Mobil Toyota Sienta Indonesia, Pada 9 Juli mendatang, Toyota berencana untuk menghadirkan mobil barunya di Jepang. Mobil tersebut adalah kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) yang diberi nama Toyota Sienta. Meskipun Toyota belum merilisnya, tetapi brosur mobil ini telah beredar luas di dunia maya.

Jika melihat tampilan dari foto brosur tersebut, wajah Toyota Sienta tampak mirip dengan Toyota Aqua yang memiliki dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dengan tinggi 1.470 mm dan wheelbase atau jarak sumbu roda lebih panjang 50 mm. Menariknya mobil ini menggunakan pintu geser di kedua sisinya. Dengan begitu penumpang akan lebih mudah untuk masuk ke dalam kabin.

Tidak hanya itu saja, hal lain yang menarik perhatian adalah jumlah penumpang yang dapat ditampung. Nantinya Sienta akan ditawarkan sebagai MPV 6-penumpang dengan barisan tengah mendapatkan dua kursi individu. Sementara untuk varian yang lebih rendah akan hadir dengan kursi bangku di barisan tengah sehingga menjadi 7-penumpang.

Berbicara mengenai dapur pacunya, Toyota Sieta akan mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang dipadukan dengan VVT (Variable Valve Timing). Mesin tersebut dapat menyalurkan tenaga hingga sebesar 109 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 136,3 Nm pada 4.400 rpm. Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi CVT.

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya, menurut brosur tersebut Sienta diklaim memiliki tingkat konsumsi BBM hingga 20 km/liter untuk bensin. Sedangkan varian hybrid bisa mencapai 27,2 km/liter.

Toyota Sienta 2016 Jepang 2

Update : Bocoran Interior dan Eksterior Toyota Sienta 2016 Indonesia

Bila melihat model sebelumnya, Sienta terlihat mirip dengan model Mini Cooper dengan desain retro. Sedangkan untuk model terbarunya Toyota Sienta akan terlihat persis dengan Honda Freed.

Selain ubahan pada sisi eksterior, TMC juga melakukan sejumlah revisi pada tampilan interior. Sentuhan ubahan yang paling jelas adalah kesan kasual yang mencuat berkat penyematan warna krem-hitam. Selain itu tuas transmisi terlihat mirip dengan Datsun Go+ yang dibuat menyatu dengan dashboard. Hal ini membuat kursi baris pertama menjadi lebih lega.

Menurut kabar yang pernah berhembus sebelumnya, Toyota Sienta ini juga akan dipasarkan di Indonesia. Seperti yang dilansir dari situs Indianautosblog beberapa waktu lalu, mobil baru lansiran produsen otomotif raksasa asal Negeri Matahari Terbit itu akan mulai dijual ke luar Jepang pada tahun ini.

Hal tersebut dilakukan Toyota Motor Company (TMC) setelah melihat bertambahnya permintaan mobil MPV di Negeri Bharata, India dan sejumlah negara ASEAN. Mobil ini nantinya akan diproduksi di pabrik Toyota yang ada di Karawang. Dengan demikian kehadiran Toyota Sienta di Tanah Air akan menemani kiprah sang kakak, Toyota Kijang Innova.

Di negara asalnya, Toyota Sienta sangat laris di pasaran. Ada beberapa alasan yang membuat MPV ini banyak diminati. Antara lain bodi yang kompak, ruang kabin yang lega serta radius putar yang baik, yakni 5.2 meter.

Tidak hanya itu saja, mobil ini memiliki harga jual yang cukup terjangkau, yakni mulai dari 1.6 sampai 1.8 juta Yen di Jepang. Biaya servis MPV ini juga cukup ringan. Dan yang terpenting, performanya cukup tangguh berkat menggunakan mesin 1NZ-Fe. Mobil ini memiliki kelebihan lain, yakni lebih fleksibel dari kompetitornya, Honda Freed.

Hal tersebut dikarenakan adanya dua buah electric sliding dors. Selain itu kursi baris terakhir dapat dilipat rata lantai, sedangkan kursi tengahnya dapat dilipat maju ke depan sehingga memberikan ruang yang lebih lega bagi penumpang belakang.

Jika Toyota Sienta dipasarkan di Indonesia dengan harga berkisar Rp 230 juta sampai Rp 270 juta dan tipe-tipe yang beragam, maka mobil ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik yang wajib untuk dilirik oleh pecinta otomotif.

Source: toyota sienta indonesia, mobil toyota sienta 2016, radius putar sienta, isi penumpang toyota sienta, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply