Home Auto News Honda RC213V-S Versi Produksi Masal Sedang Diuji Coba

Honda RC213V-S Versi Produksi Masal Sedang Diuji Coba

0 1413

Motogp Honda RC213V-S Dijual, Baru-baru ini Negeri Samurai, Jepang tengah dihangatkan dengan sosok motor baru. Motor tersebut tidak lain adalah Honda RC213V versi jalanan yang akan mengawali debut perdananya di dunia otomotif.

Tidak hanya itu saja, sosok hyperbike berlambang sayap mengepak ini rupanya mulai terlihat di jalanan Jepang. Motor tersebut kedapatan tengah melintasi jalanan di Asama Hill Climb.

Hiroshi Aoyama, test rider Repsol Honda MotoGP diberi kepercayaan untuk mengendarai hyperbike berjuluk Honda RC213V-S pada akhir pekan kemarin.

Walaupun belum ada konfirmasi resmi dari pihak Honda, banyak yang mengatakan bahwa motor tersebut akan diluncurkan secara resmi di Catalunya pada 11 Juni 2015 mendatang. Setelah peluncuran, Honda RC213V-S akan dikendarai oleh mantan pembalap Repsol Honda, Casey Stoner di lintasan balap de Barcelona-Catalunya. Di samping itu, pada acara peluncuran tersebut nantinya juga akan dihadiri oleh perwakilan Honda Jepang dan Eropa.

Honda RC213V-S diprediksi akan dijual dengan harga lebih dari GBP100.000 atau jika dikurskan mencapai lebih dari Rp 2 miliar. Menurut informasi yang beredar hyperbike ini menggunakan komponen yang sama dengan Honda RC213V milik Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Bagian lain yang serupa dengan RC213V versi MotoGP adalah frame dan suspensinya.

Honda RC213V-S 2016 2

Sayangnya pihak Honda masih menutup rapat informasi mengenai spesifikasi teknis Honda RC213V-S. Akan tetapi menurut kabar yang berkembang, jantung pacu hyperbike tersebut akan mengandalkan mesin dari Honda CBR1000RR dan kemungkinan telah mendapatkan sejumlah perubahan. Ada pula yang mengatakan bahwa motor tersebut akan menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc V4 yang sanggup menghantarkan daya hingga sebesar 210 hp.

Sebagai catatan, Honda CBR1000RR Fireblade yang dirilis pada tahun 2014 kemarin dipersenjatai dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 999 cc, 4 silinder, DOHC, PGM_DSFI (Programmed Dual Sequential Fuel Injection). Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hinga 122 hp dengan torsi puncak sebesar 97 Nm.

Pada saat pertama kali diluncurkan, Honda CBR1000RR Fireblade dibanderol 1,428 juta yen atau seharga Rp 166 jutaan. Di kelas yang sama, motor andalan Honda ini memiliki pesaing berat, yakni Yamaha YZF-R1. Motor berlambang tiga garputala ini mengusung mesin 997 cc, 4 silinder, DOHC, Fuel Injection yang dipadukan transmisi 6-percepatan. Mesin itu memiliki tenaga sebesar 145 hp, dengan tingkat konsumsi bahan bakar mencapai 25 km/liter pada kecepatan konstan 60 km/jam.

Kembali ke Honda RC213V-S, selain tampilannya yang sudah terkuak, ada satu hal lagi yang telah terungkap oleh publik. Beberapa waktu lalu logo resmi Honda RC213V-S telah bocor di dunia maya berkat aplikasi paten yang diajukan oleh Honda di Jepang. Menurut gambar yang ada, logo RC213V-S terlihat minimalis dan terdiri dari warna hitam dan putih saja. Pada logo tersebut hanya ada huruf yang terangkai menjadi nama merek, tidak ada yang lain.

Kabar lain yang berhembus mengatakan bahwa Honda RC213V-S akan diproduksi sesuai dengan jumlah pemesan. Dengan kata lain Honda tidak mematok target produksi untuk hyperbike terbarunya ini.

Sebelumnya Honda telah memperkenalkan versi konsep dari Honda RC213V-S. Motor konsep tersebut dipamerkan di perhelatan EICMA, Milan, Italia yang diselenggarakan tahun lalu. RC213V-S versi konsep tersebut memiliki logo yang sama persis dengan RC213V versi MotoGP.

Honda mengklaim bahwa motor tersebut memiliki sedikit perbedaan dengan versi MotoGP. Beberapa perbedaan itu di antaranya adalah material untuk mesin, sistem transmisi seamless yang tidak diusung dan sistem katup pneumatic yang tidak disertakan. Hadirnya Honda RC213V-S akan semakin mempersengit persaingan yang terjadi di pasar otomotif global segmen hyperbike.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply