Home Auto News Motor Honda Sonic 150cc Hadir Di Indonesia Tahun Ini

Motor Honda Sonic 150cc Hadir Di Indonesia Tahun Ini

0 2909

Honda Sonic Terbaru Indonesia, Tampaknya niat PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menghadirkan motor bebek bermesin 150 cc telah bulat. Dengan demikian bisa dipastikan segmen yang diisi oleh Suzuki Satria FU 150 dan Yamaha MX King 150 akan semakin sengit dengan kehadiran motor baru Honda.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ahmad Muhibbuddin, yang menjabat sebagai Deputy Head of Corporate Communication AHM. Ia mengatakan bahwa motor bebek 150 cc milik Honda tersebut akan mengisi celah pasar di segmen bebek 150. “Model ini juga akan menambah jajaran model bebek Honda yang sudah ada saat ini,” jelasnya.

Seperti yang diketahui bersama, di pasar sepeda motor Tanah Air, segmen bebek bermesin 150 cc masih dihuni oleh Satria FU 150 dan MX King 150. Oleh karena itu, untuk memperoleh porsi yang masih ada, maka Honda akan menghadirkan bebek 150 cc andalannya.

Walaupun masih terkesan menutup-nutupi mengenai performa motor bebek barunya ini, Muhibbuddin mengatakan bahwa tampilan motor tersebut akan terlihat keren. “Pokoknya keren deh modelnya, lihat saja nanti,” jelasnya singkat.

Lalu kapan motor tersebut resmi hadir di Indonesia? Rupanya Muhibbuddin memiliki sedikit bocoran mengenai hal ini.

Honda Sonic 150 2015 Indonesia 2

“Saya belum bisa bicara banyak detailnya. Waktu peluncuran juga belum tahu, diusahakan bisa tahun ini,” ungkapnya.

Sementara menurut kabar yang berhembus dari sebuah grup Facebook New Honda Sonic CS150RS, sosok motor bebek 150 cc terbaru lansiran Honda ini telah dimuat di tabloid Motorplus edisi 22 Mei 2015. Jika melihat tampilannya, senjata pamungkas terbaru andalan Honda ini terlihat mirip dengan Satria FU 150. Hanya saja bodi motor tersebut dibuat lebih runcing dan berotot.

Menariknya, pengamat otomotif Taufik Hidayat mengaku bahwa ia telah melihat langsung tampilan penerus Sonic dari pihak internal AHM. Ia juga membenarkan foto yang dimuat oleh tabloid Motorplus. “Saya sudah pernah melihat foto asli motor ini, dan yang dirilis Motorplus memang benar,” tulisnya.

Dari foto tersebut juga terungkap bahwa Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division AHM pernah mengatakan motor bebek Honda terbaru itu telah mengadopsi teknologi fuel injection dan sudah lolos uji emisi Euro3.

Walaupun pihak Astra Honda Motor selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia belum memberikan informasi mengenai dapur pacu yang dibenamkan pada motor barunya, namun ada yang mengatakan bahwa motor dengan kode produksi K56 tersebut akan menggunakan mesin milik All New CBR150R.

Motor sport andalan Honda itu dibekali dengan mesin berkapasitas 150 cc, DOHC, 4 tak, silinder tunggal, bersistem pendingin cairan. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga sebesar 13,11 kW (17,8 PS) pada putaran 10.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 12,66 Nm (1,29 kgf.m) pada putaran 8.500 rpm. Berbekal mesin ini, All New Honda CBR150R dapat melesat 0-200 m dalam waktu 10,6 detik dengan top speed mencapai 122 km/jam.

Sang kompetitor yang masih mendominasi pasar bebek 150 cc, Satria FU 150 mengandalkan dapur pacu 150 cc, 4 tak, DOHC, 4 valve. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi 6-percepatan dan Suzuki Advance Cooling System. Berkat mesin ini, motor bebek lansiran Suzuki ini dapat menghembuskan tenaga sampai 16 PS pada 9.500 rpm dengan torsi puncak 12,7 kgm pada 8.500 rpm.

Jika melihat ke belakang, Astra Honda Motor pernah memasarkan Honda Sonic 150 cc yang dihadirkan langsung dari Thailand pada tahun 2001 silam. Motor model ayam jago tersebut sempat menjadi model terlaris saat itu. Tidak hanya digunakan untuk keperluan harian, Honda Sonic juga diandalkan untuk beradu di arena balap nasional.

Img source: http://cxriders.com

Source: honda sonic 2015 indonesia, motor baru honda sonic 2015, gambar motor bebek terbaru 2018, model motor honda soni, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply