Home Auto News Kerja Sama Toyota Mazda Hasilkan Mobil SUV Dan MPV Terbaru

Kerja Sama Toyota Mazda Hasilkan Mobil SUV Dan MPV Terbaru

0 3691

SUV Dan MPV Toyota Mazda Terbaru, Kabar baru datang dari Negeri Samurai, Jepang. Baru-baru ini terungkap kabar bahwa hasil kerjasama antara Toyota dan Mazda akan mengeluarkan banyak mobil baru. Salah satunya yang hangat dibicarakan adalah model crossover.

Dilansir dari Motoring beberapa waktu lalu, Toyota tengah mengembangkan crossover. Crossover terbaru ini menggunakan basis Toyota Prius yang dikombinasikan dengan mesin Skyactiv-D (Diesel) 1.5L milik Mazda CX-5.

Namun sayangnya belum diketahui dengan pasti apakah crossover lansiran Toyota ini sudah pernah dihadirkan di hadapan publik atau belum. Walaupun begitu, menurut keterangan salah satu sumber dari Jepang, acuannya dapat dilihat pada mobil konsep C-HR. Mobil ini pernah diperkenalkan di perhelaatan Paris Motor Show, yang diselenggarakan bulan Oktober 2014 kemarin.

Bahkan Best Car, salah satu majalah otomotif di Jepang sudah membuat rendering atau gambar terkaan mengenai desain mobil baru Toyota. Dijelaskan bahwa kemampuan mobil ini dapat menempuh jarak hingga sejauh 800 km hanya dengan bermodalkan satu tangki bahan bakar yang terisi penuh.

Toyota Mazda Hybrid 2016

Mazda

Bulan kemarin Akio Toyota, CEO Toyota dan Masamichi Kogai, President Mazda telah menyepakati perjanjian kerja sama inovasi. Kesepakatan ini dibuat agar kedua perusahaan otomotif Jepang ini dapat mengembangkan teknologi yang kompetitir di Eropa dan sanggup berbaur dengan ketatnya regulasi emisi di Amerika Serikat.

Kerja sama ini tidak hanya menguntungkan pihak Toyota saja. Penggunaan teknologi Skyactiv ditukarkan dengan teknologi hibrida atau hibrida plug ini Toyota yang akan digunakan untuk mobil baru Mazda.

Model baru Mazda ini juga digambarkan dalam hasil rendering. Dijelaskan bahwa mobil tersebut memiliki panjang 3,7 m dengan lebar 1,695 m. Mobil itu menggunakan sistem penggerak roda depan dan dapat melakukan perjalanan hingga 200 km. Jika dirilis, model tersebut akan bersaing dengan mobil listrik lansiran salah satu perusahaan otomotif asal Jerman, BMW i3.

Sekedar informasi, Mazda CX-5 yang dipasarkan di Indonesia baru saja mendapat sentuhan penyegaran. Mobil ini tersedia dalam empat pilihan, yakni CX-5 2.0L 6AT Sport, CX-5 2.5L 6AT Urban, CX-5 2.5L 6AT Touring dan CX-5 2.5L 6AT Grand Touring.

Ada dua tipe mesin yang ditawarkan pada Mazda CX-5, yakni SKYACTIVE-G 2.0 liter dan 2.5 liter. Kedua mesin tersebut terdiri dari 4 silinder inline, DOHC, 16 katup, electronic throttle control (ETC) dan Dual S-VT. Tipe urban, touring dan grand touring memiliki tenaga mencapai 187 Ps pada 5.700 rpm dengan torsi 250 Nm pada 3.250 rpm. Sementara tipe Sport mampu menghasilkan tenaga sebesar 155 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 200 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara BMW i3 yang menghuni segmen mobil listrik hadir dengan keistimewaan tersendiri. Mobil ini memiliki beberapa fitur menarik dan canggih, seperti iDrive, Bluetooth, cruise control, DAB radio, BMW Business Navigation, BMW Online, BMW Apps dan Advanced ConnectedDrive.

Untuk performa jantung mekanisnya, BMW i3 dipersenjatai dengan motor listrik yang dapat mengeluarkan tenaga hingga mencapai 170 hp. Dengan tenaga tersebut, mobil listrik ini dapat berakselerasi hingga 0-100 km/jam dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan top speed atau kecepatan maksimumnya dibatasi sampai 149 km/jam.

Baterai lithium-ion yang dipakai untuk menampung sumber tenaga dapat membuat BMW i3 menempuh jarak 130-160 km. Berat BMW i3 ini mencapai 1.195 kg berkat penggunaan bahan serat karbon yang diperkuat dengan bahan plastik. Distribusi beratnya mencapai 50:50, sehingga keseimbangan mobil ini dapat terjaga. Sementara untuk ban depan menggunakan ukuran 155/70 R19 dan ban belakangnya berukuran 155/70 R19.

Source: model mobil toyota terbaru 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply