Home Auto News Mesin Suzuki Celerio Cuma 800cc, Apakah Turbo?

Mesin Suzuki Celerio Cuma 800cc, Apakah Turbo?

0 1357

Mesin Mobil Suzuki Celerio, Produsen otomotif asal Negeri Bunga Sakura, Suzuki dikabarkan tengah mengembangkan mesin diesel E08A untuk Celerio. Mesin tersebut memiliki kapasitas yang kecil, yakni hanya mencapai 800 cc dengan dua silinder. Akan tetapi mesin baru Celerio tersebut dibuat hanya untuk pasar India saja.

Mesin diesel tersebut dikembangkan secara eksklusif oleh Suzuki. Pengembangan mesin tersebut dilakukan untuk memenuhi spesifikasi mesin diesel di pasar India. Mesin diesel E08A menggunakan blok silinder yang dibuat dari material aluminium. Mesin ini memiliki berat yang ringan dan telah dilengkapi dengan perangkat turbocharger. Selain itu pasokan bahan bakarnya telah disesuaikan agar cocok untuk mesin dua silinder kompak.

Torsi tinggi pada kecepatan rendah dan performa dalm halefisiensi bahan bakar dibuat kompatibel dengan memasukkan rasio kompresi rendah dan intercooler besar. Di samping itu, dengan adanya pengoptimalan flywheel getaran frekuensi rendah dari mesin diesel dua silinder dapat diminimalisir.

Lalu bagaimana dengan pasar otomotif nasional? Apakah Celerio versi mesin diesel tersebut juga akan dijual di Indonesia?

Makmur, yang menjabat sebagai 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, tidak menutup kemungkinan bahwa Celerio di Indonesia akan menggunakan mesin tersebut. Tetapi yang perlu dipertimbangkan adalah apakah bahan bakar mesin diesel di Tanah Air cocok untuk mesin diesel Celerio itu.

Suzuki Celerio 2015 Indonesia

“Diesel untuk Celerio mungkin aja. Cuma masalahnya bahan bakar diesel di Indonesia kompatibel apa enggak,” ungkapnya di Sentul City, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Makmur mengungkapkan, bukanlah hal yang tidak mungkin untuk mendatangkan Celerio versi mesin diesel berkubikasi kecil. Akan tetapi PT SIS selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia harus melakukan survey terlebih dahulu sebelum memasarkan mobil baru tersebut.

“Saya sih belum dapat infonya. Cuma apakah mungkin masuk Indonesia, saya optimistis, tidak ada yang tidak mungkin. Cuma kita harus survei. Marketnya cocok enggak sih,” ujar Makmur.

Hal tersebut tentu memiliki alasan tersendiri. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menilai bahwa mobil bermesin di bawah 1.000 cc tidak memiliki tenaga yang memuaskan. Padahal, tambah Makmur, Suzuki akan membekali mesin tersebut dengan teknologi terbaru agar tenaga yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

“Basicly orang Indonesia menganggap mobil di bawah 1.000 cc enggak ada tenaga. Tinggal kita develop dengan teknologi. Kontur jalan Indonesia kan naik-turun kita tambah teknologi,” papar Makmur.

Dengan hadirnya mesin berkapasitas lebih kecil, maka bisa dipastikan konsumsi bahan bakarnya akan menjadi lebih hemat. Menariknya, konsumsi bahan bakar Suzuki Celerio bermesin 800 cc dua silinder tercatat mencapai 27,62 km/liter (berdasarkan standar pengukuran di India). Tentunya mesin tersebut akan cocok dengan pengendara yang lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Di Indonesia, Suzuki Celerio ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan CVT. Suzuki Celerio bertransmisi CVT dijual dengan harga Rp 158 juta, sedangkan Celerio transmisi manual dibanderol dengan harga Rp 146 juta. PT SIS menyediakan beragam pilihan warna menarik, di antaranya Snow White Pearl 2, Star SilverMetallic 2, Sunshine Yellow Pearl Metallic 2 dan Super Blackpearl 2.

Mobil ini dibekali dengan beberapa fitur keselamatan guna menjaga keamanan penggunanya selama berkendara. Salah satunya dlaah bodi yang dirancang dengan Total iEffective Control Technology (TECT). Teknologi tersebut akan membuat kekuatan rangka semakin maksimal dalam menyerap benturan.

Selain itu terdapat pula safety belt dan Dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Tidak hanya itu saja, kelebihan Suzuki Celerio ditunjang dengan beberapa fitur keselamatan lain, seperti sistem pengereman ABS, Child Proof Rear Door Locks, Keyless Entry, Security Alarm dan Immobilizer.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply