Home Auto News Harga Motor MotoGP Honda RC213V-S, Capai Rp 2,4 M

Harga Motor MotoGP Honda RC213V-S, Capai Rp 2,4 M

0 1042

Harga Motor MotoGP Honda RC213V, Pabrikan motor berlambang sayap, Honda resmi memperkenalkan motor terbarunya. Motor tersebut adalah Honda RC213V-S yang tidak lain merupakan versi jalanan dari motor MotoGP Honda. Namun bagi anda yang berniat untuk membelinya, pastikan anda memiliki kantong tebal. Pasalnya Honda menjual RC213V-S ini dengan harga Rp 2,4 miliar!

Dilansir dari situs resmi Honda, Honda akan membuka pemesanan motor tersebut pada tanggal 13 Juli 2015 mendatang. Honda juga telah mempersiapkan situs khusus yang dapat diakses di www.rc213v-s.com.

Untuk tahap awal, Honda RC213V-S akan dipasarkan di Benua Biru, Eropa, Amerika, Australia dan Jepang. Banderol harga yang tidawarkan beragam, tergantung negara masing-masing.

Di jerman, motor tersebut akan dipatok seharga 188.000 euro atau setara Rp 2,8 miliar. Sedangkan di Amerika harga jualnya mencapai US$ 184.000 atau Rp 2,451 miliar, di Australia mencapai A$ 244.000 atau mencapai Rp 2,4 miliar dan di Jepang dibanderol seharga 21,9 juta yen atau setara Rp 2,4 miliar. Jika dijual di Indonesia, bisa dipastikan harga jualnya melonjak tajam.

Honda Motor Company (HMC) mengatakan, hadirnya Honda RC213V-S bukan hanya sebagai hasil dari pengembangan teknologi dari berbagai ajang balap dunia saja, namun lebih dari itu. Honda ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan motor yang dipersenjatai mesin dalam ajang balap.

Honda RC213V-S 2015 1

”Membuat mesin yang kencang itu penting untuk memenangi setiap lomba. Namun dalam pandangan Honda, pengendara juga butuh sepeda motor yang mudah dikendalikan. Honda ingin menjadi prinsipal yang menyediakan sepeda motor balap terkencang di dunia, tapi mudah diajak berkompromi,” tulis HMC dalam siaran resmi di situs Honda Global.

Honda RC213V-S versi jalanan tentu memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan versi MotoGP. Untuk versi pasar Eropa, Honda RC213V-S memiliki dimensi yang lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya pun juga lebih panjang.

Selain itu ground clearance motor tersebut dibuat lebih tinggi 5 mm. Namun untuk mesin yang digunakan sama, yaitu mesin DOHC V4 berkapasitas 999 cc, 4 langkah, DOHC, 4 katup, 4v.

Walaupun mengusung mesin yang sama, tenaga yang dihasilkan jelas berbeda. Bila versi MotoGP dapat menyalurkan tenaga hingga 175 kw, maka untuk versi jalanan umum hanya mencapai 75 kw. Namun Honda juga telah menyiapkan paket tambahan yang dapat membuat Honda RC213V-S lebih bertenaga hingga menembus 158 kw.

Ubahan lainnya juga dilakukan pada struktur camshaft dengan mengubah katup pneumatic menjadi coil spring system. Girboks seamless yang dapat memperhalus perpindahan gigi diganti dengan model konvensional. Sementara steering angle atau sudut roda berbelok diperbesar menjadi 26 derajat.

Spesifikasi Honda RC213V-S juga dilengkapi dengan lampu-lampu di bagian depan, belakang hingga penerangan untuk pelat nomor. Tak lupa Honda menyertakan speedometer untuk memudahkan pengendara membaca kecepatan motornya. Motor inijuga diperkaya dengan fitur side stan switch, Honda Smart Key, starter otomatis dan lain sebagainya.

Untuk sektor kaki-kakinya, Honda RC213V-S memakai ban depan berukuran 120/70ZR17M/C, sementara ban belakang menggunakan 190/55ZR17M/C. Sistem pengeremannya menggunakan tipe cakram ganda hidrolik. Dan untuk suspensinya mengandalkan jenis teleskopik di bagian depan dan Pro-Link di bagian belakang.

Honda RC213V-S akan ditawarkan dalam dua pilihan warna, yakni HRC Tricolor dan Carbon Fiber. Kedua varian warna tersebut dibekali dengan fairing berbahan serat karbon. Selain itu disematkan pula perangkat elekstronik yang akan memudahkan pengguna selama perjalanan, termasuk kontrol traksi, engine brake, perpindahan gigi cepat sampai inertial measurement unit (IMU).

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply