Home Auto News Mesin Honda Jazz Terbaru Akan Gunakan Diesel, Saingi Celerio?

Mesin Honda Jazz Terbaru Akan Gunakan Diesel, Saingi Celerio?

0 3038

Mobil Honda Jazz Diesel Solar, Dalam waktu dekat pasar otomotif di Negeri Bollywood, India akan kedatangan anggota baru dari Honda. Rencananya pabrikan mobil asal Jepang itu akan meluncurkan All New Honda Jazz. Namun menariknya model terbaru dari hatchback andalan Honda ini akan mengandalkan mesin diesel.

Honda Motors India akan menghadirkan mobil baru tersebut pada 8 Juli mendatang. Bisa dipastikan All New Honda Jazz ini akan menjadi mobil paling hemat bahan bakar kedua di India setelah model city car Suzuki Celerio yang juga dipersenjatai dengan mesin diesel.

Menurut kabar yang dilansir dari Indianautosblog, Senin (15/06/2015), hasil pengujian yang dilakukan oleh Automotive Research Association of India (ARAI) membuktikan bahwa konsumsi bahan bakar mesin Jazz i-DTEC dapat tembus 27,3 km/liter. Angka yang ditorehkan oleh mesin Jazz tersebut selisih tipis bila dibandingkan dengan konsumsi BBM Suzuki Celerio yang berada di angka 27,62 km/liter.

Namun perlu diketahui, Suzuki Celerio terbaru bermesin diesel sejatinya merupakan mobil city car yang memiliki bobot kurang dari 1 ton, yakni hanya mencapai 900 kilogram dengan tenaga sebesar 47,6 PS. Sementara Honda Jazz merupakan model hatchback yang memiliki bobot 1,1 ton dengan tenaga sebesar 100 PS dan torsi 200 Nm.

Mesin diesel yang dibenamkan pada Honda Jazz merupakan milik sedan Honda City. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut dihantarkan ke roda-roda melalui transmisi jenis manual enam percepatan. Akan tetapi rasio roda gigi Honda Jazz lebih tinggi 8 persen dibandingkan dengan rasio yang sama di Honda City.

All New Honda Jazz 2015 India 2

Bila dilihat, Honda Jazz bermesin bensin memiliki kapasitas sebesar 1.200 cc empat silinder i-VTEC. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 90 PS dengan torsi maksimum mencapai 110 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan.

Menurut hasil pengujian ARAI, konsumsi bahan bakar varian transmisi manual mencapai 18,7 km/liter. Sementara konsumsi BBM untuk varian bertransmisi otomatis CVT mencapai 19 km/liter.

Di Tanah Air, Honda Jazz memiliki tiga tipe, yakni tipe A, tipe S dan tipe RS. Melihat dimensinya, hatchback andalan Honda itu memiliki panjang 3.965 mm, lebar 1.694 dan tinggi 1.524 mm.

Di bagian eksterior, mobil ini dilengkapi dengan lampu HID, foglamp, spion dengan lampu sein dan spion otomatis. Untuk menunjang keselamatan penggunanya, Honda Jazz juga dibekali dengan teknologi struktural, immobilizer, air bag ready, ABS, EBD dan BA.

Hatchback 5 pintu ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.5 liter SOHC, 4 silinder segaris dengan 16 katup i-VTEC + DBW + Torque Boost Resonator. Berbekal mesin itu, Honda Jazz dapat menghasilkan tenaga hingga 88 Kw (120 PS) pada putaran 6.600 rpm dengan torsi puncak mencapai 14.8 kg.m (145 Nm) pada putaran 4.800 rpm.

Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 42 liter. Ada dua jenis transmisi yang ditawarkan, yakni manual 5-percepatan dan CVT. Sistem kemudi Honda Jazz dilengkapi Rack and Pinion dengan Electric Power Steering (EPS).

Untuk menunjang kenyamanan selama berkendara, hatchback ini dibekali dengan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H shape Torsion Beam. Untuk sistem pengeremannya memakai ventilated disk di depan dan disc untuk rem belakang. Ban depan dan belakang Honda Jazz memiliki ukuran 185/955 R16.

Di bagian interior, Honda menyematkan AC dual zone control autoclimate, paddle shift, Audio Double Din AM/FM single disc, MP3/WMA/WAF/+USB+AUX input, ipod ready, Cruise Control, Leather seat, Sunroof, dan atur kemudi.

Jika melihat secara keseluruhan, baik eksterior maupun interiornya Honda Jazz menawarkan nuansa sporty dan stylish, serta sensasi berkendara yang menyenangkan.

Source: mobil sedan bahan bakar solar, mobil jazz, sedan bahan bakar solar, mobil sedan yang pakai bahan bakar so!ar, mobil sedan jazz all new, apakah honda jazz ada yg solar, mobil honda jazz bengsin atau solar, mobil bahan bakar solar dan mirip jazz, honda jaz solar, harga mobil honda solar 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply