Home Auto News Mazda CX-3 Indonesia Pesaing Honda HR-V Meluncur Tahun Depan

Mazda CX-3 Indonesia Pesaing Honda HR-V Meluncur Tahun Depan

0 2766

Mazda CX-3 vs Honda HR-V, Beberapa waktu yang lalu dunia otomotif Tanah Air diramaikan dengan rencana peluncuran Mazda CX-3. Mobil yang mengisi segmen compact SUV (Sport Utility Vehicle) itu dikabarkan akan meluncur dalam waktu dekat. Lalu bagaimana kelanjutan kabar tersebut?

Sepertinya bagi anda yang ingin melihat secara langsung atau membeli Mazda CX-3 harus bersabar. Sebab mobil yang diposisikan sebagai penantang Honda HR-V, Nissan Juke dan Ford EcoSport itu dipastikan tidak akan diluncurkan di Indonesia tahun ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Astrid Ariani Wijana, yang menjabat sebagai Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia.

“Kita sudah bicara dengan pusat, tetapi memang instruksi dari sananya untuk daerah ASEAN belum akan dipasarkan. Kita masih tunggu dari pusat, tapi sepertinya Indonesia tidak di tahun ini,” ungkapnya saat ditemui di acara test drive ‘Mazda Power Drive’ di Parkir Timur Senayan.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Mazda CX-3 kemungkinan akan mulai dijual di Indonesia pada tahun 2016 mendatang. “Mungkin tahun depan. Lagipula saat ini kami lagi fokus ke penjualan lini yang sudah ada, terutama CX-5, Mazda6 dan Mazda2,” jelasnya.

Mazda CX-3 2016 Indonesia 2

Mazda CX-3 yang memulai debutnya di perhelatan Geneva Motor Show ini sebenarnya telah diketahui keberadaannya sejak tahun lalu. Jike melihat segi tampilan dan fitur yang diusung, Mazda CX-3 memang memiliki peluang untuk bersaing ketat dengan Honda HR-V. Belum lagi dengan diaplikasikannya bahasa desain andalan Mazda, yakni Kodo Design yang juga diterapkan pada CX-5, Mazda 6 dan Mazda2.

Melihat dimensinya, Mazda CX-3 memiliki ukuran yang lebih kecil dari CX-5. Bentuknya hampir setara dengan compact crossover andalan Honda.

Mobil SUV terbaru ini memiliki dimensi 4.275 x 1.765 x 1.535 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.570 mm. Mobil ini memiliki bobot mencapai 1.235 kg. Melihat tampilan depannya, Mazda CX-3 dipermanis dengan bonnet dan grille meninggi khas Kodo Design.

Jika diperhatikan, tampilan bodi luar CX-3 memang terlihat persis dengan CX-5. Kemiripan terlihat mulai dari bumper depan, overfender, hingga pintu depan. Perbedaan baru terlihat jika melirik bagian pintu belakang dan buritan CX-3. Atap bagian belakang mobil ini dibuat lebih melandai. Sementara garis desain lampu belakang dan buritan tampak mirip dengan Mazda2, hanya saja postur CX-3 lebih tinggi.

Beralih ke bagian interior, nuansa yang ditawarkan juga tampak mirip dengan Mazda2. Tidak hanya dalam hal bentuknya saja, tetapi juga materialnya. Selain itu bentuk kenop dan lubang AC dibuat sama. Mazda CX-3 dibekali dengan layar monitor MZD Connect di bagian tengah dashboard. Roda kemudi dan panel instrument dashboard Mazda CX-3 juga terlihat mirip dengan Mazda2.

Melirik ke bagian jantung pacunya, spesifikasi Mazda CX-3 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan dan sistem penggerak roda all wheel drive. Berkat mesin ini, CX-3 dapat memproduksi tenaga hingga sebesar 150 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 204 Nm pada putaran 2.800 rpm.

Diklaim, Mazda CX-3 dapat berlari 0-100 km/jam dalam waktu 8,7 detik. Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat tembus 18,18 km/liter.

Di sisi lain, Honda HR-V 1.8 Prestige mengandalkan mesin 4 silinder yang memiliki kapasitas sebesar 1.799 sebagai sumber tenaganya. Mesin tersebut memiliki tenaga sebesar 139 daya kuda. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut disalurkan ke roda melalui sistem perpindahan gigi CVT. Dengan mesin ini Honda HR-V dapat melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 10,5 detik.

Source: mobil mazda terbaru 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply