Home Auto News Small SUV Hyundai Pesaing Honda HR-V Sedang Digarap

Small SUV Hyundai Pesaing Honda HR-V Sedang Digarap

0 1468

Mobil SUV Murah Hyundai, Beberapa waktu lalu Hyundai telah meluncurkan All New Hyundai Tucson dan Sante Fe facelift. Namun tampaknya Hyundai berencana untuk memperkuat posisinya di pasar SUV. Pasalnya dalam waktu dekat produsen otomotif asal Korea Selatan iitu akan meluncurkan mobil barunya. Mobil ini ditujukan untuk menghuni segmen crossover dan menyaingi keberadaan Honda HR-V dan Nissan Juke.

Mobil baru 2015 tersebut adalah Hyundai Creta yang rencananya akan memulai debutnya pada 21 Juli mendatang. Selain dipasarkan di India, Hyundai Creta juga akan dikirim ke Eropa, Afrika Selatan, Australia dan ASEAN. Menurut kabar yang dilansir Indianautosblog, Hyundai telah mempersiapkan situs khusus untuk crossover barunya itu.

Menurut penjelasan Hyundai, nama Creta diambil dari nama pulau terbesar di Yunani, Crete. Menurut penduduk setempat, pulau tersebut merupakan pulau yang menghubungkan Asia, Afrika dan Eropa. Nama Creta dipilih karena mudah untuk diingat dan diucapkan.

Peluncuran Hyundai Creta di Negeri Hindustan, India merupakan yang pertama di dunia bagi Creta. Masyarakat di India mendapat kesempatan istimewa untuk menyaksikan secara langsung mobil baru Hyundai ini.

Creta dirancang dengan menggunakan basis Hyundai ix25 yang merupakan mobil Hyundai untuk pasar Tiongkok. Melihat gambar sketsa yang disebarkan oleh Hyundai, crossover ini masih memiliki desain yang mirip dengan ix25, bahkan bisa dikatakan mirip baby Tucson. Dimensi Hyundai Creta pun tidak berbeda jauh dengan ix25, yakni panjang 4.270 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.630 mm dan wheelbase mencapai 2.590 mm.

Hyundai ix25 2015 Tiongkok

Melihat fascia depannya, Hyudai tampak memperkuat kesan tegas crossovernya ini dengan tiga bilah grille yang dibalut dengan aksen krom. Grille tersebut diapit dengan lampu depan berbentuk segi lima. Sementara di bagian bawahnya disematkan bemper dengan warna hitam yang terhubung dengan side guard khas mobil SUV (Sport Utility Vehicle).

Hyundai Creta memang diposisikan sebagai produk global. Oleh karenanya saat diluncurkan nantinya, mobil ini akan bersaing ketat dengan crossover lain sekelasnya yang berada di pasar wilayah yang dituju.

Untuk sektor performanya, mobil Hyundai Creta akan ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin berbaan bakar bensin dengan kapasitas 1.600 cc dan mesin diesel berkapasitas 1.600 cc CRDi seperti yang dibenamkan pada Hyundai Verna.

Kedua varian mesin ini akan dikombinasikan dengan transmisi manual enam percepatan. Akan tetapi, menurut informasi yang ada, Hyundai juga akan menyediakan transmisi otomatis. Bahkan sistem penggerak empat roda atau AWD juga akan disediakan oleh produsen mobil asal Negeri Gingseng itu. Di samping itu, ada yang mengatakan bahwa Hyundai Creta akan ditawarkan dalam mesin diesel dengan kapasitas yang lebih kecil, yakni 1.400 cc CRDi.

Rencananya calon crossover baru Hyundai ini akan diproduksi di pabrik yang berlokasi di Chenai. Mobil tersebut akan diproduksi mulai 20 Juni dengan kandungan lokal mencapai 90 persen. Akan tetapi, hingga saat ini Hyundai belum mengungkapkan berapa harga jual Creta. Namun menurut keterangan salah seorang sumber di pabrik tersebut, Hyundai Creta akan dibanderol dengan harga yang bersaing.

Di Indonesia sendiri, pasar small SUV atau crossover memang sedang banyak diminati. Di segmen tersebut, ada pendatang baru, Honda HR-V yang sejak dirilis pertama kali mendapat respon positif dari masyarakat. Selain crossover andalan Honda, masih ada beberapa model lain, di antaranya Toyota Rush, Daihatsu Terios, Nissan Juke dan Ford EcoSport. Bahkan Mazda CX-3 dikabarkan juga akan ambil bagian untuk meramaikan segmen crossover Tanah Air.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply