Home Auto News Mobil Terbaru Proton Iriz 2015 Masuk Indonesia

Mobil Terbaru Proton Iriz 2015 Masuk Indonesia

0 1854

Mobil Proton Iriz Terbaru 2015, Seperti yang diketahui bersama, memasuki pertengahan tahun ini pasar otomotif nasional tengah lesu. Hal ini rupanya juga berdampak kurang baik bagi produsen mobil asal Negeri Jiran, Proton. Hingga bulan Mei kemarin, Proton hanya mampu memasarkan produknya sebanyak 119 unit. Bahkan di bulan sebelumnya Proton hanya mampu memasarkan 6 unit mobil saja.

Guna mengatasi keadaan semacam ini, Proton ternyata telah memiliki siasat tersendiri guna memikat hati konsumen mobil. Rencananya Proton akan menghadirkan mobil barunya di Tanah Air. Kali ini Proton akan membawa model city car, Iriz untuk pasar Indonesia.

Proton Iriz akan bersaing dengan beberapa rivalnya di segmen city car, seperti Toyota Etios Valco, Mitsubishi Mirage, Honda Brio dan lain sebagainya. Rencana Proton untuk menghadirkan mobil tersebut semakin kuat dengan didaftarkannya Proton Iriz di situs pendaftaran TPT Kementerian Perindustrian.

Sekilas, tampilan mobil ini tampak mirip dengan Daihatsu Sirion. Spesifikasi Proton Iriz memiliki panjang 3.905 mm, dengan lebar 1.720 mm, dan tinggi mencapai 1.550 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.555 mm.

Tampilan eksteriornya terlihat kental dengan kesan modern. Melirik bagian wajah, Iriz dibekali dengan lampu projektor. Sementara di bagian bumper dilengkapi dengan LED DRL (daytime running light).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Proton Iriz juga dibekali dengan beberapa fitur modern, seperti audio touchscreen dengan android dan koneksi WiFi, Vehicle Dynamic Control (VDC), fitur navigasi dan kamera belakang.

Nantinya, Proton Iriz akan ditawarkan dalam dua tipe, yakni Iriz Executie bermesin 1,3 liter dengan transmisi manual dan CVT. Sedangkan di negara asalnya, mobil terbaru Indonesia ini memiliki dua pilihan mesin, yakni 1,3 liter dan 1,6 liter.

Berbekal mesin berkapasitas 1,3 liter, Proton Iriz mampu menghembuskan tenaga hingga sebesar 93 tenaga kuda pada putaran 5.750 rpm dengan torsi maksimum mencapai 120 Nm pada putaran 4.000 rpm. Sementara untuk mesin 1,6 liter memiliki daya sebesar 107 hp dengan torsi puncak sebesar 150 Nm.

City car tersebut hadir dengan konfigurasi lima kursi penumpang. Guna menunjang keselamatan berkendara penggunanya, Proton Iriz dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan yang cukup lengkap. Di antaranya adalah dual SRS Airbage with Dual Seat Belt Pretensioner, Electronic Stability Control (ESC), Hill-Hold Assist, Traction Control (TC), sistem pengereman ABS (Antilock Brake System) dengan EBD dan Brake Assist (BA).

Untuk menunjang kenyamanan, Proton Iriz Indonesia menggunakan suspensi depan model MacPherson Strut with Stabiliser Bar, sementara suspensi belakangnya Torsion Beam Axle. Sedangkan sistem pengereman depan memakai Ventilated Disc berukuran 14 inci dan rem belakang mengusung model drum 8 inci. Sedangkan untuk rodanya Proton Iriz menggunakan 175/65 R14 Alloy x 5.5JJ.

Menariknya, Proton Iriz telah mendapat 5-Star ASEAN NCAP. Menurut sumber yang beredar, Proton Iriz akan mulai dipasarkan pada bulan Oktober tahun ini. Bagi Anda pecinta city car, kehadiran Proton Iriz bisa menjadi pilihan menarik yang wajib untuk dilirik.

Sebagai informasi, Daihatsu Sirion yang akan menjadi pesaing Proton Iriz memiliki dimensi panjang 3.690 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.545 mm, wheelbase 2.440 mm dan ground clearance 160 mm.

Mobil berkapasitas 5-penumpang ini dibekali dengan mesin K3-VE, DOHC VVT-i, 16 katup, 4 silinder segaris yang memiliki kapasitas sebesar 1.298 cc. Diameter x langkah mesin itu 72.0 x 79.7 mm. Berkat mesin ini, Daihatsu Sirion sanggup menghasilkan tenaga sampai dengan 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 11,9 pada 4.400 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Daihatsu Sirion dijual mulai Rp 155,825 juta untuk varian 1.3 D FMC MT dan Rp 166,825 juta untuk varian 1.3 D FMC AT.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply