Home Komparasi Perbandingan Nissan X-Trail vs Mazda CX-5, Siapa Lebih Irit?

Perbandingan Nissan X-Trail vs Mazda CX-5, Siapa Lebih Irit?

0 3723

Kelebihan Kekurangan Nissan X-Trail vs Mazda CX-5, Di segmen SUV (Sport Utility Vehicle), ada beberap model yang bersaing. Salah satunya adalah Nissan X-Trail dan Mazda CX-5. Pada tahun 2014 kemarin, X-Trail menjadi salah satu mobil terbaik. Dan agar tak kalah saing, Mazda pun melakukan penyegaran pada CX-5 dibeberapa titik.

Lalu mana yang lebih unggul, apakah Nissan X-Trail atau Mazda CX-5? Mari kita bahas satu per satu mulai dari dimensi hingga harga jual.

1. Dimensi

Kedua SUV ini memiliki ground clearance yang tinggi. Tidak hanya itu saja, headroom dan legrom keduanya juga nyaman sehingga  memberikan sensasi yang menyenangkan selama perjalanan.

Nissan X-Trail memiliki dimensi 4.640 x 1.820 x 1.710 mm. Sementara Mazda CX-5 memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil, yaitu 4.540 x 1.840 x 1.710 mm.

2. Performa

Nissan X-Trail 2015 Indonesia

Baik X-Trail maupun CX-5 sama-sama mengusung mesin yang sama, yakni berkapasitas 2.488 cc dengan 4 silinder. Namun Mazda CX-5 lebih unggul karena memiliki daya sebesar 187 hp. Sedangkan Nissan X-Trail hanya mencapai 171 hp.

Untuk akselerasinya, Mazda CX-5 lebih unggul dari X-Trail. CX-5 dapat melesat 0-100 km/jam dalam waktu 8,6 detik. Sementara X-Trail membutuhkan waktu 9,6 detik untuk mencapai angka tersebut.

3. Handling

Dalam hal ini, Mazda CX-5 mampu memberikan handling yang baik dan responsif. Dengan demikian mobil ini dapat memberikan pengalaman manuver yang menarik untuk pengguna yang berjiwa sporty.

Tak mau kalah dengan pesaingnya, Nissan X-Trail unggul dalam hal transmisi dan perseneling yang sangat halus saat mengalirkan tenaga. Alhasil perpindahan gigi dapat dilakukan nyaris tanpa rasa maupun suara.

4. Desain

Kedua mobil ini memiliki tampilan dan bentuk body yang baru. Hal ini biasanya membuat calon pembeli bingung untuk memilih mana yang lebih baik. Namun ada hal yang bisa diperhatikan dari kedua mobil ini.

Melihat sejarahnya, Nissan X-Trail model teqrbaru hadir dengan desain yang sporty dan jauh lebih atraktif dibandingkan dengan model lamanya yang cenderung mengotak. Sementara Mazda hadir dengan grille yang terlihat mirip dengan Mazda 2 dan Mazda 3.

5. Fitur

Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail sama-sama memiliki fitur yang menarik. Nissan X-Trail sedikit lebih maju lantaran memiliki fitur pintu elektrik di belakangnya. Fitur ini tidak dimiliki oleh CX-5. Pengguna X-Trail juga semakin dimanjakan dengan kamera 360 derajat saat hendak memarkir mobil. Selain itu mobil ini juga memiliki ECO mode.

Akan tetapi Mazda CX-5 juga mempunyai fitur yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah start-stop automatic, sunroof, Lane Keep Assist System dan mode sport yang membuatnya tidak kalah dari sang rival.

6. Value

Dilihat dari segi harga, kedua mobil suv terbaru ini rupanya dibanderol dengan harga yang sangat berbeda. Bahkan selisihnya bisa mencapai Rp 80 jutaan. Ini cukup mengejutkan mengingat Nissan X-Trail dan Mazda CX-5 bersaing di kelas yang sama. Di Tanah Air, Mazda CX-5 dipasarkan dengan harga sebesar Rp 493,4 jutaan. Sedangkan Nissan X-Trail dipatok lebih rendah, yakni hanya mencapai Rp 416 juta.

Agar anda mudah untuk mencari mana yang sesuai dengan kebutuhan, maka pertimbangkan harga maintenance. Melihat konsumsi bahan bakarnya, kedua mobil ini berada dikisaran angka yang hampir sama. Konsumsi BBM Nissan X-Trail mencapai 15,5 km/liter, sedangkan Mazda CX-5 mencapai 15,2 km/liter untuk penggunaan di jalan tol.

Dengan banderol harga yang ditetapkan oleh Nissan Indonesia, maka X-Trail lebih unggul dibandingkan dengan Mazda CX-5. Pasalnya selisih harga jualnya mencapai puluhan juta rupiah, namun fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda.

Source: pajero vs fortuner irit mana, kelebihan dan kekurangan nissan x trail 2015, kelemahan nissan xtrail 2015, kelebihan dan kekurangan all new nissan x trail, kekurangan dan kelebihan nissan x trail 2015, kelemahan nissan xtrail 2016, perbandingan mazda, x trail 2015 kelemahan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply