Home Mobil MPV Airbag Toyota Avanza Terbaru, Sekali Pakai Biaya Bisa Sampai Rp 25 Juta

Airbag Toyota Avanza Terbaru, Sekali Pakai Biaya Bisa Sampai Rp 25 Juta

0 2685

Harga Memperbaiki Airbag Dan Safety Belt Avanza, Keselamatan berkendara merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh diabaikan. Tingginya angka kematian di jalan raya membuat banyak produsen otomotif mengembangkan fitur keselamatan pada produk yang dijual. Hal ini juga dilakukan oleh produsen otomotif raksasa asal Negeri Bunga Sakura, Toyota pada MPV sejuta umatnya, Avanza.

Toyota Avanza terbaru yang dipasarkan di Tanah Air saat ini telah dilengkapi dengan fitur keselamatan dual SRS (Supplemental Restraint System) airbag. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia telah menjadikan fitur tersebut sebagai fitur keselamatan standar pada Avanza sejak Mei 2013 lalu.

Airbag pada MPV (Multi Purpose Vehicle) ini ada dua, yakni terletak di kemudi dan dashboard di bagian penumpang depan. Perlu diketahui, airbag bekerja sekali pakai. Setelah itu kantong udara ini harus diperbaiki agar mobil dapat dipakai kembali.

Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service TAM mengatakan, setelah airbag terbuka bagian yang harus diperbaiki adalah semua sistem airbag dan komponen yang dirancang sobek ketika airbag meletup.

Harga Perbaikan Airbag Toyota Avanza 2015 1

Perbaikan yang perlu dilakukan meliputi penggantian airbag pengemudi yang membutuhkan biaya sebesar Rp 7,1 juta, airbag penumpang depan seharga Rp 14 juta, perangkat Electronic Control Unit (ECU) Rp 2,35 juta dan sensor (depan, kiri, kanan) senilai Rp 470 ribu. Khusus untuk airbag pengemudi dan penumpang, harga yang dipatok sudah termasuk cover. “Kalau sensor airbag biasanya rusak karena tabrakan,” ungkap Dadi.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan saat airbag meletup fitur pretensioner pada sabuk pengaman juga ikut berfungsi. Fitur ini bekerja dengan mengencangkan sabuk supaya badan tetap menempel di jok. Sama halnya dengan airbag, fitur pretensioner hanya sekali pakai. Sesudah digunakan, sabuk pengaman juga perlu diganti. Biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik sebesar Rp 900 ribu per unit.

“Semua model Toyota dengan airbag pasti dilengkapi sabuk pengaman pretensioner,” ujar Dadi.

Di kebanyakan mobil baru, kerusakan airbag umumnya sudah dilindungi oleh asuransi. Akan tetapi setiap asuransi pasti memiliki tenggang waktu tertentu. Jika dijumlah, seluruh biaya perbaikan yang perlu dikeluarkan oleh pemilik Toyota Avanza setelah airbag meletup mencapai lebih dari Rp 25 juta. Biaya tersebut bukanlah angka yang kecil. Oleh karena itu alangkah baiknya pemilik mobil mempelajari kerja dan fungsi airbag agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk informasi tambahan, saat airbag bekerja reaksi kimia dalam inflator mengisi airbag dengan gas tidak beracun hingga mengembang. Sesudah itu ada kemungkinan terjadi suara bising dan serbuk putih yang menyebar. Beberapa bagian dari modul, seperti penutup airbag, inflator, airbag, hub roda kemudi atau jok menjadi panas selama beberapa menit. Selain itu diterangkan pula kaca depan kemungkinan rusak.

Oleh karenanya dianjurkan untuk tidak menyentuh komponen tersebut setelah airbag meletup. Bila terjadi pernafasan sulit di dalam kabin yang tertutup, bukalah pintu atau jendela dengan segera. Bila memang memungkinkan dan aman, tinggalkan kendaraan anda. Jangan lupa untuk langsung mencuci bagian kulit yang terkena residu agar terhindar dari iritasi.

Walaupun merupakan fitur keselamatan, airbag juga dapat menyebabkan kematian atau cidera serius. Maka penting bagi pengemudi untuk memperhatikan petunjuk penggunaan dengan cermat. Usahakan untuk tidak memukul ke area komponen atau melakukan modifikasi apapun berhubungan dengan sistem airbag. Modifikasi yang dimaksud adalah mengganti kemudi, panel instrument atau dashboard, mengubah fender atau bemper depan, menambah perangkat elektronik dan mengganti suspensi kendaraan.

Source: harga airbag avanza, airbag avanza, air bag avanza, airbag mobil avanza, maksut air bag avanza, price list airbags toyota, letak sensor air bag avanza, srs airbag avanza, kontrol airbag toyota avanza veloz, Harga set airbag seatbelt, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply