Home Motor Memilih Box Sepeda Motor Untuk Touring Mudik

Memilih Box Sepeda Motor Untuk Touring Mudik

0 4850

Jenis Box Sepeda Motor Touring Mudik Lebaran, Menjelang hari raya Idul Fitri, bisa dipastikan lalu lintas akan semakin dipadati dengan para pemudik yang hendak pulang kampung. Tidak hanya menggunakan mobil atau transportasi massal saja, ada pula pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Kegiatan mudik sendiri memerlukan persiapan yang matang, baik di sisi kendaraan maupun pengendaranya. Hal ini dilakukan karena jarak yang ditempuh tidaklah dekat dan barang bawaan yang dibawa juga banyak.

Mengangkut berbagai barang kebutuhan untuk mudik merupakan persoalan tersendiri bagi pengendara. Sebab, banyaknya barang bawaan yang dibawa terkadang menyulitkan pengendara di perjalanan. Tidak hanya itu, ada beberapa pemudik yang mengandalkan bambu atau kayu di behel untuk meletakkan barang bawaan.

Hal ini tidak dianjurkan karena dapat membahayakan pengendara. Di samping itu, barang muatan juga rentan terjatuh jika tidak diikat dengan benar. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana untuk mudik dengan sepeda motor, jangan lupa untuk memikirkan hal tersebut. Bila barang bawaan banyak dan Anda memiliki sedikit uang berlebih alangkah baiknya untuk membeli box sepeda motor. Aksesoris yang satu ini banyak dijual di pasaran.

Box untuk Sepeda Motor 2

Box sepeda motor yang ada dipasaran tersedia dalam beragam jenis dan kapasitas. Umumnya box seperti ini tertera tulisan semisal E33, E45, E21, K42, K35 atau K53. Maksud dari angka-angka tersebut adalah kode yang menandakan kapasitas mutan box dalam satuan liter. Sebagai contoh, jika pada box sepeda motor tertera angka E21, maka kapasitasnya sebesar 21 liter.

Jenis box sepeda motor juga beragam, seperti top box yang diletakkan di belakang sepeda motor dan side box yang dipasang di samping kiri ataupun kanan sepeda motor. Salah satu penggiat blog otomotif berpendapat, dengan berbekal sedikit kreativitas, top box pun bisa digunakan untuk side box. Dengan syarat top box tersebut memiliki dimensi yang ramping.

Lalu berapa harga box untuk sepeda motor ini? Walaupun merek dan kapasitasnya sama, tetapi banderol harga box sepeda motor bisa berbeda-beda. Contohnya, box sepeda motor merek Givi dengan kapasitas 33 liter dijual Rp 850 ribu di dealer resmi Honda Cengkareng Motor. Namun, pada penjual online Kaskus, box Givi E330 dengan kapasitas yang sama dapat dilego dengan harga Rp 600 ribu.

Ada beberapa tips dalam memilih box sepeda motor yang bisa Anda gunakan. Pertama, jika tunggangan Anda menggunakan mesin di bawah 150 cc, pilihlah box yang memiliki kapasitas tidak terlalu besar. Kapasitas box yang besar memang membuat Anda dapat membawa banyak barang. Akan tetapi hal tersebut akan mempengaruhi keseimbangan saat di perjalanan. Selain itu, jika sepeda motor yang Anda kendarai dibebani dengan muatan yang berat, laju motor akan menjadi lebih lambat.

Berikutnya, disarankan untuk tidak memakai box yang lebarnya melebihi bagian terlebar pada bodi atau stang motor. Hal ini dapat membuat Anda kesulitan untuk bermanuver di tengah padatnya lalu lintas. Bila Anda tetap ingin memakai box yang lebar, ada baiknya untuk menggunakan side panniers pada sisi kanan dan kiri.

Namun konsekuensinya akan ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan. Jika sedang berhemat, side bag bisa menjadi pilihannya lantaran harganya yang murah. Hanya saja side bag dinilai kurang aman karena bahan materialnya mudah disobek.

Lalu yang terakhir, pilihah bracket dengan material logam yang benar-benar kuat jika Anda berencana untuk membawa barang yang berat. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas cat pada bracket karena beberapa bracket yang dijual di pasaran memiliki kualitas pengecatan yang kurang bagus.

Source: harga box samping motor, box touring, Box sepeda motor, box motor touring, box sepeda motor touring, box motor matic, box samping motor touring, box motor bekas, box motor kanan kiri, box samping motor bekas, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply