Home Auto News Mobil Proton Berbasis Suzuki Celerio Siap Masuki Pasar Indonesia

Mobil Proton Berbasis Suzuki Celerio Siap Masuki Pasar Indonesia

0 2475

Mobil Terbaru Proton 2015 City Car Murah, Kali ini berita menarik datang dari Negeri Jiran, Malaysia. Beberapa waktu yang lalu Proton menjalin kerjasama dengan Suzuki untuk membuat mobil kompak baru. Namun hingga saat ini masih sedikit informasi yang beredar mengenai mobil tersebut. Kendati demikian, rumor dan spekulasi sudah mulai dibicarakan di kalangan peselancar dunia maya.

Rupanya hal ini membuat Theophilus Chin, ahli rendering asal Malaysia tertarik untuk membuat terkaan mobil terbaru Proton tersebut. Chin menjelaskan, mobil kompak baru Proton tersebut tidak menggunakan milik Karimun Wagon R seperti hasil rendering sebelumnya, melainkan menggunakan Celerio. City car ini baru saja meluncur di Indonesia pada awal bulan Juni kemarin.

Chin merombak tampilan Suzuki Celerio dengan mengaplikasikan bahasa desain Proton. Tak lupa disematkan lambang bergambar harimau khas Proton di bagian grille depan. Jika melihat beberapa bagian, tampaknya mobil ini tidak hanya sebatas rebadge Celerio saja, tetapi juga ada sedikit penyesuaian pada bumper depan, pelek, tambahan skid plate dan fender hitam layaknya kendaraan SUV. City car baru ini diberi nama Proton Aria.

Tidak hanya tampilan eksteriornya saja, Chin juga mencoba untuk menerka tampilan interiornya. Menurut hasil rendering Chin, interior Proton Aria ini terlihat mirip dengan Suzuki Celerio. Perbedaan baru terlihat saat memperhatikan instrument cluster, material pelapis dan roda kemudinya.

Perlu diketahui, pada pertengahan Juni 2015 kemarin, Suzuki Motor Corporation dan DRB-Hicom selaku pemilik Proton Holdings Bhd telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian lisensi. Salah satu isi dari kesepakatan tersebut, Proton dapat mengakses teknologi otomotif Suzuki untuk membuat mobil baru.

Proton Aria 2016 Malaysia 2

Sedianya mobil baru Proton akan diproduksi secara lokal. Komponennya diimpor terurai (CKD), lalu dirakit di pabrik Tanjung Malim. Rencananya produksi pertama akan mulai dilakukan pada bulan Agustus 2016 mendatang. Untuk informasi tambahan, saat ini Proton baru saja masuk ke pasar segmen B dengan menghadirkan Iriz. Mobil ini akan melawan kompetitor sekelasnya, Perodua Axia.

Sayangnya belum diketahui dengan pasti seperti apa spesifikasi mobil baru Proton yang diprediksi akan mengisi segmen A ini. Namun jika melansir kabar dari Okezone, perjanjian kerjasama antara Proton dan Suzuki menyebutkan bahwa Celerio akan dikembangkan oleh Proton menjadi mobil dengan mesin berkapasitas 660 cc, 850 cc dan 1.000 cc.

Mobil ini memiliki panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.560 mm dan wheelbase mencapai 2.425 mm. Sedangkan bobot Suzuki Celerio mencapai 1.250 kg.

Suzuki Celerio di Indonesia yang sudah dipasarkan ini hadir dengan bodi berdimensi mungil. Jika dilihat sekilas tampilannya terlihat seperti Suzuki Ertiga namun dengan ukuran yang lebih kecil. Di bagian depan, Celerio mengusung grille melengkung berdesain segar yang dipadukan dengan headlamp.

Sedangkan sisi sampingnya didesain sederhana dengan jedela melengkung yang terlihat serasi dengan bodi samping yang sedikit bergelombang. Sisi belakang Suzuki Celerio ini mengadopsi bentuk hatchback Swift yang berkarakter sporty.

Beralih ke bagian interior, city car ini menawarkan nuansa yang mengesankan. Kabin yang lega membuat pengguna akan merasa lebih nyaman selama perjalanan. Di samping itu hadirnya fitur Air Conditioner dan heater akan semakin memanjakan pengemudi dan penumpang.

Guna memudahkan pengemudi, mobil ini dibekali dengan dashboard yang mudah untuk dioperasikan. Disertakan pula jok berkualitas yang menawarkan kenyamanan lebih baik. Tak lupa Suzuki menyematkan fitur hiburan EZ Gizmos yang dapat mengeluarkan kualitas audio yang memuaskan.

Celerio dibekali dengan mesin K10B berkapasitas 998 cc. Dapur pacu tiga silinder ini memiliki tenaga sebesar 68 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 90 Nm pada 3.500 rpm.

Img source: http://www.theophiluschin.com

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply