Home Auto News Motor Bebek Dan Sport Listrik Garasindo Indonesia Rilis Tahun 2017

Motor Bebek Dan Sport Listrik Garasindo Indonesia Rilis Tahun 2017

0 2154

Motor Bebek Dan Sport Listrik Indonesia, Tampaknya Garasindo sangat tertarik untuk memasarkan motor listrik di Tanah Air. Bahkan distributor resmi mobil Jeep, Dodge dan Fiat ini menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) untuk menciptakan motor listrik.

Garasindo sedang mempersiapkan dua jenis sepeda motor, yakni bebek dan model klasik cafe racer. Namun saat ini pihak Garasindo belum bisa memastikan kapan sepeda motor tersebut akan terealisasi. Untuk saat ini mereka mengungkapkan bahwa tengah menyelesaikan model prototipenya yang akan selesai pada Agustus mendatang. Untuk pemasaaran dan produksinya akan diatur oleh Garasindo.

Kendati demikian, Garasindo membeberkan bahwa persiapan pabriknya akan dipersiapkan pada tahun 2016 mendatang. Dengan begitu, kemungkinan motor tersebut akan mulai dipasarkan satu tahun sesudah pabrik mulai dibangun.

“Paling lama 2017 kami sudah mesti jualan. Apakah semester I atau semester II, kita lihat nanti persiapannya kan. Groundbreaking kan tahun depan,” ujar Muhammad Al Abdullah, selaku CEO Garasindo Group.

Sayangnya pria yang akrab disapa Memet ini belum bisa mengatakan dengan pasti harga jual motor listrik tersebut. Namun Garasindo berusaha untuk menempatkan motor bebek listriknya agar dapat bersaing dengan bebek reguler di kisaran harga Rp 12 juta sampai dengan Rp 15 juta.

Motor Listrik Zero 2015 Indonesia 1

“Punya bebek Rp 12 juta-Rp 15 juta, saya kasih ni sekarang dengan harga yang sama. Purna-jual dijamin 3 tahun. Tinggal isi listrik. Secara ekonomi sudah pasti lebih murah daripada bensin,” lanjutnya.

Untuk mengisi ulang baterai tersebut, waktu yang dibutuhkan sekitar dua jam. Dan jika menggunakan fasilitas quick charge, waktu yang dibutuhkan mencapai satu jam. Tentu waktu ini terlalu lama bagi konsumen. Inilah yang menarik dari motor listrik Garasindo.

Bila pemilik tidak memilik waktu untuk isi ulang baterai, baterai motor bisa diisi ulang di gerai atau toko layaknya isi ulang air galon. Baterai kosong ditinggal dan ditukarkan dengan yang sudah diisi.

“Jarak sepeda motor ini kan bisa sampai 100 kilometer. Saat ini bagaimana kalau sampai kehabisan baterai (di jalan). Kalau sampai habis, enggak usah pusing. Kami siapkan di setiap SPBU. Kalau enggak sempat men-charge satu sampai dua jam karena buru-buru, bisa kayak isi ulang galon. Ambil, bayar, dua menit bisa jalan lagi. Tinggalkan (baterai) yang kosong ambil yang baru. Jadi, kami bikin sepeda motor listrik ini tidak menjadi masalah bagi orang yang buru-buru,” papar Memet.

Memet menjelaskan, kedua motor listrik tersebut murni buatan Indonesia. “Ini bukan produk co branding. Semua komponen utama dari motor listrik, konsul modulnya, motor listriknya, framenya dari Indonesia. Tapi saat ini baterai masih dibuat dari luar, dari Panasonic. Itulah alasan kami persiapkan manufacturingnya,” jelasnya.

Di samping itu kandungan komponen lokal motor listrik buatan Indonesia ini cukup banyak. Beberapa komponen yang dibuat di Indonesia antara lain konsol modul, battery management system atau BMS, motor listrik penggerak hingga rangka. Sedangkan untuk baterainya masih didapat secara impor.

Menurut Muhammad Nur Yuniarto, ketua tim riset kendaraan listrik ITS, teknologi penggerak yang digunakan motor listrik tersebut sangat bagus. Akselerasi yang dimiliki juga relatif cepat. Kelebihan lain yang dimiliki motor ini adalah torsi yang lebih besar dibandingkan dengan motor konvensional. Torsi yang besar ditujukan untuk menyesuaikan dengan bobotnya yang berat.

Ia menambahkan, sepeda motor listrik ini merupakan kendaraan yang ramah lingkungan. Motor ini juga tidak membutuhkan bahan bakar fosil sehingga prospek ke depannya cukup terbuka. Sejauh ini di Indonesia memang belum ada perusahaan yang benar-benar tertarik untuk membuat sepeda motor listrik.

Source: motor rilis 2017, motor terbaru Indonesia 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply