Home Auto News Performa Mesin New Honda Sonic Kencang Dan Irit!

Performa Mesin New Honda Sonic Kencang Dan Irit!

0 1347

Mesin New Honda Sonic Terbaru, Bersamaan dengan All New Honda CB150R StreetFire, PT Astra Honda Motor (AHM) juga merilis New Honda Sonic 150R pada Rabu (05/08/2015). Motor bebek sport bermesin 150 cc ini tidak hanya memiliki performa yang mumpuni saja, namun juga efisiensi bahan bakar yang memuaskan.

Mesin 150 cc DOHC dengan teknologi PGM-FI yang disematkan pada New Honda Sonic 150R dirancang dengan ukuran ruang bakar baru dan piston yang lebih ringan. Mesin ini dapat menyalurkan tenaga sebesar 15 hp dengan torsi maksimum 13,5 Nm.

Berbekal mesin ini, New Honda Sonic 150R dapat berakselerasi dari 0-200 meter dalam hitungan 10,6 detik. Hal ini juga didukung oleh bodi yang ringan, dengan sasis yang dirancang dengan perhitungan matang. Di sisi lain, New Honda Sonic 150R dapat bermanuver dengan baik meskipun dipacu dalam kecepatan tinggi.

Sementara untuk efisiensinya, dapur pacu ini dilengkapi dengan teknologi Roller Rocker Arm, Offset Cylinder dan dinding piston bertekstur. Untuk sistem pendingin mesinnya, motor bergaya ayam jago ini dibekali radiator liquid cooled dikombinasikan dengan electric fan yang menyala otomatis pada suhu 103 derajat celcius.

Menurut hasil pengujian, New Honda Sonic 150R diklaim dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga menembus angka 45,4 km/liter dan telah memenuhi standar EURO 2. Sedangkan saat diuji dengan metode ECE R40, konsumsi bahan bakar motor pesaing Suzuki Satria F150 ini mencapai 40,9 km/liter dan memenuhi standar EURO 3.

New Honda Sonic 150R 2015 Indonesia 2

Walaupun dipersenjatai dengan mesin yang serupa dengan All New Honda CB150R StreetFire, mesin New Sonic 150R dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki karakter torsi yang lebih lembut. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan tujuan penggunaan di jalan perkotaan.

Ada yang menarik di balik mesin baru Sonic 150R ini. Jika melihat spesifikasinya, bebek sport ini menggunakan mesin DOHC generasi terbaru dengan rasio kompresi yang tinggi, yakni 11,3:1. Dengan kata lain motor ini lebih cocok untuk menggunakan bensin RON 95. Namun, Johannes Loman selaku Executive Vice Presiden Director PT AHM meyakinkan bahwa semua sepeda motor yang diproduksi oleh AHM telah lulus pengetesan dengan menggunakan semua bahan bakar yang dijual di Indonesia.

”Semua sepeda motor sudah dites dan cocok menggunakan semua bahan bakar yang dipasarkan di Indonesia. Pengetesan menggunakan Premium, yang artinya otomatis sepeda motor bisa menggunakan bahan bakar apa saja,” ujar Loman, dilansir dari KompasOtomotif.

Ia menambahkan, apapun bahan bakar yang digunakan tidak akan mengganggu usia dan daya tahan mesin sepeda motor Honda. Penggunaan bahan bakar hanya berpengaruh pada performa. Semakin baik kualitas bahan bakar yang digunakan, maka semakin baik pula performa yang dihasilkan. Begitu juga dengan konsumsi bahan bakarnya.

Namun, jika pemilik New Sonic 150R ingin mendapatkan performa seperti yang tertulis pada spesifikasi, disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi. Walaupun mesin tidak akan mengalami masalah, menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai bisa menurunkan performa dan membuat ruang mesin cepat kotor.

Terlepas dari performa mesin, di Tanah Air harga New Honda Sonic 150R dijual dengan harga Rp 20,9 juta on the road Jakarta. AHM memasang target penjualan New Sonic 150R sebanyak 11 ribu unit setiap bulan.

Walaupun berada di segmen yang sama dengan Suzuki Satria F150, Loman menegaskan bahwa tujuan utama AHM menghadirkan New Sonic 150R bukan untuk menyaingi kompetitornya. “Arah kami bukan ingin mengalahkan kompetitor. Honda itu ingin bagaimana konsumen senang. Kalau konsumen kami senang dan terus kami menjadi nomor satu, ya syukurlah,” kata Loman.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply