Home Auto News Harga Spesifikasi Yamaha R1 Dan RM1, Apa Perbedaannya?

Harga Spesifikasi Yamaha R1 Dan RM1, Apa Perbedaannya?

Perbandingan Moge Yamaha R1 dan R1M, Sesuai dengan yang diberitakan sebelumnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan meluncurkan motor gede superbike terbarunya, yakni Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M versi 2015. Kedua moge tersebut diluncurkan pada saat pemeran GIIAS 2015, tepatnya pada salah satu perhelatan otomotif di Tangerang Selatan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Asisten General Manager Marketing PT YIMM, M Masykur.

“Nanti akan kami jelaskan detailnya,” ujarnya dikutip dari Otomotifnet. Ia menjelaskan bahwa pihaknya sedang melakukan persiapan internal sebelum merilis moge berjantung pacu 1.000 cc ini. Bagi Anda yang penasaran dengan teknologi Yamaha YZF-R1, berikut akan diulas lebih jauh.

Yamaha YZF-R1 menggunakan fairing dan air scoop yang terinspirasi dari tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di balap MotoGP, yakni Yamaha YZR-M1. Lampu bagian depan memiliki desain bulat menyerupai foglamp. Lampu ini terletak di samping air scoop. Sementara di bagian buritan, terdapat lubang mirip wings pada super cars.

Yamaha membekali YZF-R1 model 2015 dengan beberapa sistem canggih, seperti launch control, anti-lock braking system (ABS), unified braking system dan quickshifter.

Di samping itu motor berlambang tiga garputala ini juga dibekali dengan six-axis inertial measurement unit (IMU). Perangkat ini berfungsi untuk membaca kinerja dan posisi motor. Setelah itu, data-data pada perangkat tersebut digunakan untuk membuat traction control, termasuk slide control dan anti-wheelie control di dalamnya bekerja lebih maksimal.

Yamaha YZF-R1 2015 Indonesia

Beralih ke sektor performa, Yamaha YZF-R1 dipersenjatai dengan dapur pacu berkapasitas 998 cc, crossplane-concept dengan konfigurasi 4 silinder segaris dan dua injektor di setiap silindernya. Sebagai informasi, crossplane-concept merupakan teknologi gerakan piston antar silinder yang sama dengan pacuan YZR-M1 di MotoGP. Teknologi ini membuat tenaga mesin lebih halus dan merata di tiap putaran mesin.

Lalu apa perbedaan antara kelebihan  kekurangan Yamaha R1 dan R1M? Perbedaan kedua moge superbike tersebut terlihat pada penyematan carbon fiber bodywork di beberapa panel. Bahan tersebut terdapat di bagian upper fairing, side fairings hingga front fender. Seperti yang diketahui, bahan carbon fiber dikenal luas memiliki bobot yang ringan namun kuat. Di samping itu, bahan ini juga dapat menambah sisi estetika dari sebuah kendaraan.

Yamaha YZF-R1M ditawarkan dalam satu pilihan warna, yaitu Cabon Fiber/Liquid Metal dengan clear-coated aluminium fuel tank, swing arm mengilap dan special R1M badge di bagian airbox cover.

Tidak hanya itu saja, moge tersebut juga dibekali dengan suspensi Öhlins dengan sistem Electronic Racing Suspension (ERS). Sistem tersebut terintegrasi dengan perangkat elektronik six-axis IMU yang dapat menyalurkan data dan selanjutnya diterjemahkan dengan tingkat kekerasan suspensi ketika berjalan. Kelebihan penggunaan perangkat ini tidak terletak pada handling yang lebih maksimal saja, namun juga dapat memberikan traksi yang lebih baik saat melintasi jalan yang menikung.

Superbike tersebut dibawa ke pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Masykur menerangkan sudah ada enam konsumen yang memesan motor terbaru Yamaha tersebut pada saat pameran. “Saya malah dapat informasi, salah satu konsumen itu orang yang mengurusi CBU dari kompetitor,” jelasnya, dilansir dari Metrotvnews.

Mengenai alasan YIMM menghadirkan model CBU ke GIIAS 2015, Masykur mengungkapkan bahwa pameran tersebut sesuai dengan market yang dituju. “Disana levelnya lebih menengah-atas, kalau yang satunya orang-orang sudah tahu lokasinya seperti PRJ, jadi disana kita bawa line-up model Indonesia,” jawabnya.

Beberapa model yang akan dipajang oleh Yamaha adalah MT-09, YZF-R6, WR250, Tmax dan Yamaha YZF-R1 serta YZF-R1M. Selain memajang model CBU, Yamaha juga akan melakukan promo pembelian selama pameran berlangsung.

Update: Spesifikasi dan Harga Yamaha R1 2016 di Indonesia

Source: perbedaan r1 dan r1m, perbedaan yamaha r1 dan r1m, yamaha rm1, Perbedaan yamaha r1 dan m1, perbedaan yamaha r1m dan r1, perbedaan r1m dengan r1, perbedaan yamaha r1 dan r6, moge yamaha r1, spesifikasi yamaha R1M, yamaha m1 vs r1, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply