Home Auto News Kelebihan dan Kekurangan Ford New Focus 2015 Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Ford New Focus 2015 Indonesia

0 2297

Keunggulan Ford Focus Indonesia Terbaru, Pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 kemarin, PT Ford Motor Indonesia (FMI) menghadirkan beberapa mobil barunya. Salah satu di antaranya adalah New Focus. Model Hatchback segmen C ini mengusung mesin Ecoboost berkapasitas 1.5L. Tidak hanya perubahan pada sektor dapur pacunya saja, rupanya Ford juga melakukan pembaruan lain yang dibangun berdasarkan masukan konsumen dari seluruh dunia.

Lantas perubahan apa saja yang dilakukan Ford pada salah satu mobil andalannya ini? Dilansir dari KompasOtomotif, Mark Rampling, Chief Program Engineer Ford Asia Pacific yang menangani Ford Focus mengungkapkan bahwa ada tiga dasar pengembangan agar Focus menjadi yang terbaik.

”Pertama, kami menjaga keunggulan yang selama ini Focus punyai. Kedua, memikat konsumen yang belum pernah merasakan Focus, dan ketiga, melampaui harapan dalam setiap aspek. Kami mendengarkan apa yang dibutuhkan dari pelanggan,” ujar Mark dalam test drive untuk media di Adelaide, Australia beberapa waktu lalu.

Dengan beberapa fokus pengembangan tersebut Mark menjamin bahwa mobil baru Ford ini telah naik kasta. Teknologi yang diusung semakin canggih dan melampaui harapan. Sentuhan perubahan pertama yang paling menarik adalah dibenamkannya teknologi setir Electric Power Assisted Steering (EPAS) yang lebih presisi dengan usaha yang sedikit untuk membelokkan mobil. Dengan demikian pengemudi akan merasakan kenyamanan yang lebih baik selama mengemudikan mobil.

Ford New Focus 2015 Indonesia 2

Pembaruan selanjutnya terdapat pada bagian suspensi. Gerak tekan ke atas dikurangi dengan mengubah struktur karet-karet pada suspensi di lower control arm bushing. Hal tersebut membuat Focus terbaru lebih nyaman untuk dikendarai, tanpa mengabaikan sisi stabilitas. ”Ini hal kecil, namun efeknya besar untuk dirasakan,” ungkap Mark.

Di samping itu, New Focus juga dilengkapi dengan sistem Enhanced Transitional Stability (EST). Teknologi tersebut bertugas memonitor kecepatan dan input setir untuk memprediksi hilangnya cengkeraman. Apabila mobil diprediksi akan hilang kendali, sistem akan mengaktifkan Electronic Stability Program (ESP) guna mereduksi torsi mesin. Di sisi lain sistem juga akan mengaplikasikan pengereman untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalur.

Perubahan lain yang tak kalah menarik adalah diusungnya mesin Ecoboost 1.500 cc. Mesin ini menggantikan mesin lamanya yang memiliki kapasitas 2.000 cc. Kendati memiliki kapasitas yang lebih kecil, akan tetapi tenaga dan efisiensinya jauh lebih besar dan mengesankan. Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem perpindahan gigi otomatis enam tingkat percepatan. Dengan begitu New Focus dapat menghasilkan tenaga hingga mencapai 180 PS (177,3 hp) dengan torsi maksimum 240 Nm. Tenaga tersebut jauh lebih besar dari mesin mobil berkapasitas 2.000 cc atau mesin-mesin canggih lainnya.

Tidak hanya itu, kabin Ford Focus kini diklaim lebih senyap. ”Banyak perubahan yang kami lakukan untuk membuat kabin semakin senyap. Tak hanya memperhalus getaran dari peredam suspensi, tetapi juga berbagai hal pada bodi. Sekali lagi, hal kecil kami lakukan tapi pengaruhnya cukup besar,” jelas Mark.

Selain itu kabin yang semakin senyap, Ford juga menyematkan fitur hiburan. Fitur tersebut disandingkan dengan konektivitas SYNC2 yang dapat tersambung dengan ponsel dan melakukan perintah suara.

Di Tanah Air, hatchback terbaru Ford yang dipersenjatai mesin Ecoboost 1.5L ini dipasarkan dalam tiga tipe. Pertama adalah tipe sedan Titanium yang dipatok dengan harga Rp 485 juta. Pilihan berikutnya adalah hatchback tipe S (Sport) yang dibanderol Rp 441 juta dan yang terakhir hatchback tipe Trend yang dilepas dengan harga Rp 403 juta. Semua harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Source: kelebihan dan kekurangan ford focus, kelebihan ford focus, kelemahan ford focus, kekurangan kelebihan ford focus, kelebihan dan kekurangan ford focus 2014, tentang ford focus 2013, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply