Home Auto News Kawasaki Indonesia Siapkan Program Ajaib Untuk Ninja RR Mono 2015

Kawasaki Indonesia Siapkan Program Ajaib Untuk Ninja RR Mono 2015

0 2037

Kawasaki Ninja RR Mono Indonesia Baru, Beberapa waktu yang lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Kawasaki di Tanah Air memutuskan untuk menghentikan produksi Ninja 2-tak. Selama ini motor tersebut menjadi salah satu tulang punggung penjualan KMI. Banyak pengguna yang terpesona dengan performa Kawasaki Ninja 2-tak.

Akan tetapi motor sport andalan Kawasaki ini tidak lolos EURO 3 seperti yang telah diterapkan oleh pemerintah. Alhasil hanya ada dua pilihan yang tersedia, mengganti mesin Ninja 2-tak agar lolos emisi atau menghentikan produksinya. Dari dua hal tersebut, ternyata Kawasaki Indonesia lebih memilih opsi kedua.

Sebelum keputusan tersebut diambil, sebenarnya tim R&D Kawasaki Jepang sudah memberikan bantuan dan saran untuk menyempurnakan Ninja 2-tak. Hanya saja hal tersebut akan membuat harga jual Ninja 2-tak semakin mahal. Oleh karena itu keputusan tersebut urung dilakukan.

Meskipun motor tersebut sudah tidak diproduksi, Kawasaki masih memiliki satu model pengganti Ninja 2-tak. Motor tersebut adalah Kawasaki Ninja RR Mono. Hanya saja Kawasaki mengakui bahwa pada awalnya keberadaan RR Mono belum diketahui oleh banyak masyarakat.

Kendati demikian, KMI tidak tinggal diam saja. Kawasaki telah mempersiapkan sebuah ‘program ajaib’, yang tidak biasa untuk mengangkat RR Mono sebagai pengganti Ninja 2-tak. Lantas apa yang akan dilakukan oleh KMI?

Kawasaki Ninja RR Mono 2015 Indonesia 2

“Program RR Mono, tunggu saja sebentar lagi. Hehehe. Menarik-menarik deh yang dari program itu. Di luar dari ordinary. Extra-ordinary kita,” ujar  Michael Chandra Tanadhi, yang menjabat sebagai Deputy Department Head Sales & Promotion Division Kawasaki Motor Indonesia, dikutip dari Otosia.

Hanya saja ia masih menutup rapat informasi seputar bentuk dan detail program tersebut. Sedikit bocoran yang didapat, program tersebut tidak terkait dengan balapan one make race atau sebangsanya. Jika Anda penasaran, Anda harus bersabar sedikit lagi. Sebab ‘program ajaib’ tersebut dapat disaksikan pada tahun ini.

“Program balapan? oo enggak-enggak. Ya nanti lihat saja. Tahun ini. Bukan berarti ada bentuk baru (facelift RR Mono). Cuma, kami punya program-program menarik lah,” terangnya.

Sebagai tambahan informasi, beberapa waktu lalu komunitas RR Mono diajak untuk menjelajahi Sulawesi. Acara tersebut berujung pada uji coba sirkuit yang dijanjikan akan ikut menghidupkan dunia motor sport Indonesia, di Kabupaten Sidrap. Dalam acara tersebut, beberapa pemilik RR Mono menilai bahwa sirkuit cukup memenuhi syarat untuk dipakai dalam ajang balap 250 cc. Meskipun masih ada beberapa sarana yang belum siap sepenuhnya, seperti paddock.

Kawasaki Ninja RR Mono diluncurkan pada tahun 2014 lalu. Motor ini mengusung body kit full fairing yang menarik mata. Di samping itu motor sport ini menggunakan chassis teralis yang terbuat dari high-tensile steel untuk menjaga keseimbangan pengendara. Motor ini mempunyai akselerasi dan aerodinamis yang mengesankan. Alasannya, Ninja RR Mono memiliki bobot yang cukup ringan, yakni 151 kg, dengan wheelbase 1.330 mm dan lebar 685 mm.

Tidak hanya itu, motor ini juga dibekali dengan teknologi canggih yang siap memberikan kemudahan kepada pengguna. Kawasaki menyematkan speedometer digital yang memuat informasi seputar kondisi motor. Di samping itu RR Mono juga mengusung suspensi unitrax yang dapat memberikan akselerasi yang cepat.

Pada jantung mekanisnya, Kawasaki Ninja RR Mono dibekali dengan mesin injeksi berjenis liquid-coolde, dengan 4-stroke, 1 silinder, DOHC. Mesin ini mempunyai kapasitas sebesar 250 cc. Berbekal mesin tersebut, Ninja RR Mono dapat menghembuskan tenaga sebesar 20,6 kW pada 9.700 rpm dengan torsi puncak sebesar 22,6 kW pada putaran 8.200 rpm. Mesin tersebut disandingkan dengan sistem transmisi return 6-percepatan.

Source: motor ninja 2 tak, ninja mono 2016, rr mono 2015, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply