Home Auto News Kawasaki Ninja ZX-10R 2016 Siap Dirilis, Ini Detail Perubahannya

Kawasaki Ninja ZX-10R 2016 Siap Dirilis, Ini Detail Perubahannya

0 1463

Motor Kawasaki Ninja ZX-10R Baru, Tahun 2015 hanya tersisa tiga bulan lagi. Sudah merupakan jadwal rutin beberapa produsen otomotif untuk memperkenalkan model terbarunya. Hal ini juga dilakukan oleh Kawasaki. Pabrikan motor asal Negeri Matahari Terbit ini sudah mempersiapkan motor barunya yang akan memanaskan pasar motor sport. Motor tersebut adalah Ninja ZX-10R model tahun 2016.

Kawasaki memutuskan untuk tidak All New karena alasan ekonomi. Motor baru ini dipastikan akan menantang Yamaha YZF-R1M yang pada tahun 2016 akan kembali ke ajang balap WSBK.

Menurut kabar yang dikutip dari Autoevolution, Jum’at (09/10/2015), Salah satu motor sport andalan Kawasaki ini telah mendapat sejumlah penyegaran. Kawasaki melakukan perubahan pada bagian mesin, paket elektronik, frame, rame, suspensi sampai dengan sasis.

Dengan sejumlah perubahan tersebut, Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru ini lebih ringan 5 kg dibandingkan dengan model sebelumnya. Di samping itu motor ini mempunyai bagian internal yang lebih ringan. Kawasaki menyematkan knalpot berbahan titanium dan sebuah sistem katup throttle elektronik.

Di sektor dapur pacu, Ninja ZX-10R mengandalkan mesin yang mampu meletuskan tenaga sebesar 200 hp. Tenaga ini dapat bertambah menjadi 2007 hp dengan ram air. Selain tenaga, torsi motor sport ini juga naik tipis menjadi 113,5 Nm pada putaran mesin 11.500 rpm.

Kawasaki mengklaim, motor barunya ini menyerupai motor yang digunakan pada ajang balap World Superbike. Pasalnya, Kawasaki telah meminta masukan dari tim balap untuk memproduksi Ninja ZX-10R 2016.

Kawasaki Ninja ZX-10R 2015

Sistem pengereman motor ini juga turut mendapat peningkatan. Kawasaki membenamkan kaliper monoblok M50 dengan spesifikasi tertinggi. Di samping itu cakramnya dirancang lebih besar dengan ukuran 330 mm.

Untuk bagian suspensi, pabrikan motor yang terkenal dengan warna hijau khasnya itu menggunakan suspensi Showa terbaru. Garpu depan mengusung Showa Balance Free dan Showa BFRC Lite monoshock. Ini merupakan kali pertamanya suspensi tersebut diaplikasikan pada motor produksi massal. Ninja ZX-10R terbaru ini juga dilengkapi dengan peredam steering elektronik besutan Ohlins.

Motor sport ini juga membawa paket elektronik terbaru. Kawasaki membekalinya dengan quickshifter yang memudahkan pengendara untuk menurunkan posisi gigi tanpa menarik kopling. Tidak hanya itu saja, Kawasaki juga menyematkan ECU spesifikasi balap, launch control system 3-way dan teknologi S-KTRC (Sport-Kawasaki Traction Control). Ninja ZX-10R juga dibekali Bosch 5-axis Inertial Measuring Unit (IMU), yang memadukan dua laser-ring gyros dan tiga accelerometer guna mengukur orientasi dan pergerakan motor.

Sementara bagian frame aluminium twin spar Ninja ZX-10R turut mendapat perbaikan struktural dan komponen spesifikasi balap. Perubahan ini memungkinkan penyesuaian steering stem dan swingarm pivot beberapa derajat.

Jika dipasarkan, harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2016 mencapai 15.999 dollar AS atau sebesar Rp 220 jutaan. Banderol harga tersebut sangat bersaing bila dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Yamaha YZF-R1 atau Yamaha R1S yang juga mendapat sejumlah perubahan.

Di Tanah Air, Kawasaki Ninja ZX-10R mengusung mesin DOHC 16 katup, berpendingin cair, 4 tak, 4 silinder sejajar berkapasitas 998 cc. Mesin ini memiliki tenaga sebesar 200,1 PS pada 13.000 rpm dengan torsi puncak 112 Nm pada 11.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan.

Untuk sistem suspensinya, motor ini menggunakan suspensi depan inverted fork 43 mm, dan suspensi belakang horizontal back-link dengan gas charged. Untuk ban depan berukuran 120/70ZR17M/C (58W), sementara ban belakang 190/55ZR17M/C (75W). Ban terebut ditemani dengan rem dual semi-floating 310 mm petal discs pada bagian depan dan single 220 mm petal discs pada bagian belakang. Kawasaki Ninja ZX-10R dijual di Indonesia dengan harga Rp 365 juta.

Source: harga kawasaki ninja zx tahun 2015, harga kawasaki zx 10 r ohlins, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply