Home Auto News Honda Siapkan Motor Baru, Mengaspal 31 Oktober 2015?

Honda Siapkan Motor Baru, Mengaspal 31 Oktober 2015?

0 1778

Motor Bebek Honda Indonesia 2015, Beberapa waktu yang lalu PT Astra Honda Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) meluncurkan motor bebek terbarunya, yakni Sonic 150R di Indonesia. Motor bergaya ayam jago ini ditujukan untuk menantang kompetitor sekelasnya, Suzuki Satria F150 yang sudah lebih dahulu mengaspal di Tanah Air.

Namun, tampaknya Sonic 150R bukanlah satu-satunya senjata yang disiapkan oleh Astra Honda Motor (AHM). Menurut kabar yang berhembus, pabrikan motor berlambang sayap mengepak itu tengah menyiapkan motor baru. Menurut informasi yang beredar, Honda Indonesia sedang mempersiapkan motor bebek super dengan kode K56F. Dengan kata lain Honda akan menghadirkan lawan baru untuk pesaing dekatnya, Yamaha melalui MX King.

Perlu diketahui, penjualan MX King di Tanah Air memang terbilang cukup memuaskan. Menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada bulan Agustus 2015 kemarin penjualan motor berlogo tiga garputala itu naik signifikan dari bulan sebelumnya. Di bulan kedelapan motor bermesin 150 cc itu terjual sebanyak 11.717 unit.

Tampaknya hal inilah yang membuat Honda bersemangat untuk menghadirkan motor baru untuk melawan Yamaha MX King. Dari bocoran informasi, motor yang disiapkan Honda berasal dari keluarga Supra. Salah satu motor bebek andalan Honda ini bukanlah satu-satunya model yang diduga diposisikan sebagai penantang MX King.

Sebelumnya ada kandidat kuat lain yang digadang-gadang akan menjadi lawan sengit motor bebek super andalan Yamaha. Motor tersebut adalah Honda Blade. Akan tetapi, belakangan ini seorang sumber mengatakan bahwa motor baru Honda itu berasal dari keluarga Supra.

Honda Sonic 150R 2015 Indonesia

Hal ini terbilang wajar, pasalnya sejauh ini Honda Supra belum mendapat sentuhan penyegaran berarti. Motor ini dirilis pertama kali pada tahun 1997 silam. Saat itu Honda membekalinya dengan mesin 100 cc. Sementara generasi terbaru yang dipasarkan saat ini telah mengusung mesin berkapasitas 125 cc.

Lalu bagaimana tanggapan Astra Honda Motor mengenai kabar tersebut? Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Ahmad Muhibbuddin, selaku Deputy Head of Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) tidak bersedia memberikan banyak informasi. Akan tetapi setidaknya ada sedikit bocoran informasi tentang motor baru Honda itu.

AHM berencana akan meluncurkan produk baru di Tanah Air. Peluncurannya motor baru Honda itu dilakukan pada akhir bulan, tepatnya pada 31 Oktober 2015 mendatang di Yogyakarta.

“Kami punya produk baru, akhir bulan ini. Kita tunggu saja ya,” ujar pria yang akrab disapa Muhib, dilansir dari laman viva.

Lalu apakah motor tersebut adalah generasi terbaru dari Honda Supra? Ditanya mengenai hal tersebut, Muhib tidak menjawabnya. Ia hanya mengungkapkan bahwa motor baru ini merupakan produk yang benar-benar baru dan belum pernah ada.

“Yang pasti ini produk baru, belum pernah ada,” jelasnya.

Sebagai informasi tambahan, Yamaha MX King diniagakan di Indonesia dalam dua varian, yakni Jupiter MX 150 dan MX King 150. Keduanya memiliki dimensi panjang 1.970 mm, dengan lebar 670 mm dan tinggi 1.080 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase mencapai 1.240 mm, dengan ground clearance 135 mm dan berat 116 kg.

Motor ini mengandalkan rangka berjenis tulang punggung, ditemani suspensi depan teleskopik dan monoshock dengan swing arm di bagian belakang.Untuk rodanya, MX King mengandalkan ban depan 70/90 – 17 M/C 38P dan ban belakang 120/70 – 17 M/C 58P.

Sedangkan untuk dapur pacunya, Yamaha membenamkan mesin 150 cc, 1 silinder, 4-langkah, SOHC, dengan sistem pendingin radiator dan teknologi Fuel Injection (FI). Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Source: supra 150, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply