Home Auto News Desain dan Mesin Suzuki Hayabusa 2016 Terungkap!

Desain dan Mesin Suzuki Hayabusa 2016 Terungkap!

0 1396

Motor Baru Suzuki Hayabusa, Perhelatan Tokyo Motor Show 2015 akan dimulai dalam waktu dekat. Dan baru-baru ini mencuat kabar mengejutkan dari salah satu produsen motor asal Negara Samurai itu, Suzuki. Pabrikan berlambang “S” itu dikabarkan akan menghadirkan generasi penerus dari motor gede (moge) andalannya, Hayabusa. Menurut kabar yang berkembang, motor yang pernah dinobatkan sebagai kendaraan tercepat didunia itu akan hadir dengan tampilan dan jantung pacu baru.

Majalan otomotif Jepang, Young Machine bahkan memberikan rekayasa digital dari Suzuki Hayabusa terbaru. Young Machine memang dikenal kerap membeberkan rekayasa digital untuk model-model baru yang akan muncul. Lantas seperti apa tampilan baru Suzuki Hayabusa?

Dari gambar yang dipampang pada cover majalah tersebut, tampilan Hayabusa tampaknya terinspirasi dari tampilan GSX-1300R. Sementara bagian samping tetap mempertahankan desain Hayabusa lama, namun Suzuki memberi sentuhan penyegaran pada kisi-kisi udara. Hampir seluruh bagian tampak mirip dengan Hayabusa, termasuk dimensi bodinya yang besar. Yang menarik dari Hayabusa terbaru ini adalah diusungnya LED sebagai DRL. Hal ini terlihat dari garis memanjang yang tampak seperti alis tunggal.

Tidak sampai di situ saja, sektor pacu juga memiliki daya tarik tersendiri. Menurut kabar yang hangat dibicarakan, kapasitas mesin Suzuki Hayabusa terbaru akan dinaikkan, dari 1.340 cc ke 1.500 cc. Hanya saja tidak ada informasi pasti mengenai hal tersebut. Tetapi, jika terbukti benar, Hayabusa akan berada satu tingkat di atas kompetitornya, Kawasaki ZZR-1400.

Jika kapasitas mesin Hayabusa naik, bisa dipastikan Suzuki akan melakukan perubahan pada bagian sasis, termasuk setelan secara keseluruhan. Selain Hayabusa, Suzuki juga akan menyiapkan kejutan lain pada ajang Tokyo Motor Show yang akan diselenggarakan pada bulan November nanti. Rencananya Suzuki juga akan menghadirkan beberapa model konsep GSX dan V-Strom 250 yang cukup dikenal masyarakat luas.

Suzuki Hayabusa 2016 2

Suzuki Hayabusa GSX1300R yang ada saat ini merupakan motor yang memiliki akselerasi super cepat dan tenaga yang sangat besar. Di samping itu motor ini juga mempunyai handling yang begitu mengesankan.

Hayabusa pertama kali dirancang pada tahun 1999 silam. Pada awal peluncurannya, Suzuki Hayabusa berhasil menarik perhatian banyak orang, khususnya pecinta otomotif karena kecepatannya yang tak tertandingi. Lalu apa sebenarnya yang membuat Suzuki Hayabusa begitu istimewa?

Motor ini hadir dengan desain yang modern dan sangat aerodinamis. Sudut dan lekukan bodi dirancang sebaik mungkin agar aliran udara dari depan diminimalisir sehingga kecepatan motor bisa menjadi lebih maksimal. Posisi berkendara juga dibuat nyaman agar pengendara tidak cepat lelah dan pegal ketika berkendara.

Pada bagian dapur pacunya, Suzuki Hayabusa dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.340 cc, DOHC, 4 silinder. Mesin ini mampu meledakkan tenaga sebesar 146 kW pada 9.800 rpm dengan torsi puncak sebesar 154 Nm pada putaran mesin 10.200 rpm. Berbekal mesin ini, Hayabusa mampu melesat hingga kecepatan 299 km/jam.

Untuk menunjang kinerja mesin, Suzuki membekali mesin tersebut dengan teknologi canggih SDTV (Suzuki Dual Throttle Valve), Fuel Injection System dengan Twin Injectors. Seluruh teknologi tersebut dikendalikan oleh perangkat 32-bit ECU. Alhasil mesin dapat menghasilkan tenaga dan kecepatan yang maksimal.

Di samping itu, Suzuki Hayabusa juga dibekali dengan forged piston berbahan aluminium yang ringan dan kuat. Ring piston tersebut dibuat dengan proses CNM (Chrome-Nitride Coating) dengan menggunakan teknologi PVD System (Physical Vapor Deposition).

Untuk sistem pengeremannya, motor ini mengandalkan rem cakram ganda dengan 4 kaliper piston di bagian depan dan rem cakram tunggal 1 kaliper piston di bagian belakang. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi ABS (Anti-lock Brake System) dan penambahan kaliper monoblok dari Brembo.

Source: modifikasi suzuki hayabusa, berita moto hayabusa, Gambar seker motor suzuki hayabuza, mesin suzuki hayabusa 2013, modif hayabuza suzuki, modifikasi hayabusa, penerus suzuki hayabusa, suzuki hayabusha modif, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply