Home Auto News Chevrolet Spark 2016 Indonesia Segera Meluncur?

Chevrolet Spark 2016 Indonesia Segera Meluncur?

0 2243

Chevrolet Spark Indonesia Terbaru, General Motors (GM) Indonesia berencana untuk menghadirkan mobil barunya di Indonesia. Mobil tersebut adalah Chevrolet Trax. Mobil berdimensi mungil ini memiliki spesifikasi dan fitur yang tak kalah menarik bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Untuk mengenal lebih dekat dengan mobil baru itu, rombongan jurnalis dipersilakan untuk berkunjung ke pabrik General Motors di Negeri Gingseng, tepatnya di Bupyeong, Korea Selatan. Akan tetapi ada satu model lain yang tak kalah menyita perhatian di Exhibition Hall pabrik tersebut. Di sana terdapat Chevrolet Spark yang tak lain merupakan city car atau mobil kompak di segmen A. Mobil kota ini diletakkan di pojok kanan ruangan.

“Kami diminta untuk menyingkirkan (Spark), supaya fokus jurnalis yang datang ke pabrik tidak beralih ke model lain,” ujar Senior Mnager Product Communications, Corporate Affair, GM Korea, Haeho Park, dilansir dari Kompas.

Haeho tidak membantah bahwa GM Indonesia mempunyai rencana untuk menjual Spark kembali. Chevrolet Spark yang dipasarkan di Tanah Air nantinya akan didatangkan langsung dari Korea. “Memang ada rencana itu,” singkatnya.

Lalu apa jawaban dari GM Indonesia? Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Gaurav Gupta, yang menjabat sebagai Presiden Direktur GM Indonesia memilih untuk menutup informasi. “Anda seperti bertanya soal anak kedua kami, padahal kami lagi menantikan kelahiran bayi pertama (Trax),” jelasnya.

The Next Chevrolet Spark 2016 2

Kendati demikian, rencana pemasaran Chevrolet Spark di Indonesia tentu memiliki alasan yang kuat. Gaurav mengatakan, sepanjang bulan Januari sampai Agustus 2015, hanya ada dua segmen kendaraan yang masih berhasil tumbuh penjualannya. Tidak hanya itu, penjualan kedua segmen ini pada bulan Agustus kemarin meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun 2014.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hanya terdapat dua model yang masih tumbuh saat kondisi pasar sedang sulit. Kedua segmen tersebut adalah SUV segmen B dan mobil kompak segmen A (City Car). Lonjakan penjualan di segmen A terjadi karena didukung dengan penjualan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) yang diniagakan di Tanah Air.

Sebagai informasi tambahan, Chevrolet Spark yang ada di Korea Selatan dibekali dengan dapur pacu berkapasitas 1.0 liter Ecotec SGE. Mesin ini mampu meledakkan tenaga sebesar 75 tenaga kuda dengan torsi maksimum sebesar 95 Nm.

Generasi terbaru Chevrolet Spark diperkenalkan pada ajang Seoul Motor Show 2015. Mobil ini hadir dengan tampilan yang lebih segar dan sporty. Wheelbase Spark terbaru dibuat lebih panjang dan lebih pendek 40 mm. Profil bodi yang lebih rendah akan mereduksi hambatan aerodinamika.

Pada tampilan depan, mobil ini dipermanis dengan dual-port grille yang dibuat lebih besar. Lampu depannya didesain dengan tarikan garis hingga fender. Lampu depan berjenis proyektor ini telah dilengkapi dengan fitur daytime running light (DRL).

Kenyamanan penumpang di dalam kabin tetap terjaga meski atap dirancang lebih rendah. Hal tersebut dimungkinkan karena Chevrolet melakukan penyesuaian hip-point semua kursi. Alhasil pengemudi dan penumpang tetap memiliki headroom yang lapang.

Jika dipasarkan di Indonesia, mobil ini akan bersaing di segmen mobil kota. Seperti yang diketahui, segmen tersebut diisi oleh banyak model, di antaranya Honda Brio, Nissan March, Mitsubishi Mirage, Kia Picanto Morning, Suzuki Splash dan Hyundai Grand i10. Meski demikian bukan tidak mungkin keberadaan Spark akan mengusik penjualan model LCGC yang diisi oleh Suzuki Karimun Wagon R, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun GO+ dan GO.

Baca Juga : New Chevrolet Captiva 2016 Resmi Hadir

Source: city car 2016, chevrolet spark 2016 indonesia, mobil murah daihatsu 2016, city car 2016 indonesia, city car terbaru 2016, penyakit chevrolet spark 2016 indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply