Home Auto News F1 2015 Amerika Serikat, Hamilton Kunci Gelar Juara Dunia

F1 2015 Amerika Serikat, Hamilton Kunci Gelar Juara Dunia

0 656

F1 2015 Usai Race Amerika Serikat, Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton sukses mengunci gelar juara dunia pada seri F1 Amerika Serikat 2015 yang berlangsung hari Minggu (25/10/2015). Gelar juara dunia ini akan menjadi yang ketiga bagi pebalap asal Inggris itu. Kesalahan Nico Rosberg di saat-saat akhir balapan memberikan kemudahan bagi Hamilton untuk mencapai gelarnya di Circuit of the Americas (COTA).

Hamilton yang finish di urutan terdepan berhasil menjauh dari kejaran Rosberg dan Sebastian Vettel. Vettel yang finish di posisi ketiga membuat Hamilton dapat dengan mudah mengamankan gelar juara 2015.

Balap F1 dimulai dengan lintasan basah. Rosberg yang berada di posisi pertama memulai balap dengan performa yang kurang maksimal. Hal ini rupanya dimanfaatkan Hamilton untuk mengambil alih posisi terdepan. Hamilton mendahului Rosberg di tikungan pertama, di mana kedua pebalap bersisian dan pada akhirnya mengharuskan Rosberg untuk melebar menghindari tabrakan dengan Hamilton.

Tidak berhenti sampai di situ, Rosberg disalip oleh Danniel Ricciardo, Daniil Kvyat dan Sergio Perez. Alhasil rekan satu tim Hamilton itu terhempas ke posisi lima.

Berada di urutan lima besar tak lantas membuat Rosberg berdiam diri. Ia berhasil memperbaiki posisi setelah periode virtual safety car pertama di lap 8. Rosberg berhasil mendahului Ricciardo dan Kvyat dalam satu lap untuk berada di belakang Hamilton. Balapan berlangsung sengit dan menantang di barisan terdepan.

F1 2015 Amerika Serikat 2

Ricciardo mampu mengambil alih kembali posisi kedua. Bahkan dirinya sempat menyalip Hamilton yang berada di posisi terdepan di lap ke-15. Setelah itu, Hamilton didahului kembali oleh pebalap lain. Kali ini Rosberg yang merebut posisi dari Hamilton. Hamilton kemudian masuk pitstop untuk mengganti ke ban slick.

Mobil Sauber Marcus Ericsson yang terhenti setelah tikungan 11 mengharuskan safety car masuk lintasan. Momen tersebut dimanfaatkan oleh Vettel untuk mengganti ban. Setelah safety car, Vettel dapat melesat dengan lancar berkat temperatur ban optimal. Ia sukses mengasapi Kvyat dan Ricciardo untuk posisi ketiga, diikuti Hamilton yang menutu pjarak ke Rosberg.

Di 10 lap terakhir, Kvyat mengalami insiden dengan menabrak pembatas yang memaksa safety car masuk kembali ke lintasan. Hadirnya safety car memberi peluang menguntungkan bagi Hamilton. Pebalap Mercedes itu memanfaatkannya untuk mengganti ban. Keputusan ini rupanya tepat dan memberi hasil manis untuk Hamilton. Kesalahan Rosberg yang melebar di tikungan 17 pada lap 47 memberi jalan kepada Hamilton untuk memimpin jalannya balapan. Dan pada akhirnya Hamilton berhasil finish terdepan.

Hamilton mempertahankan posisi puncak klasemen sementara dengan mengumpulkan 327 poin. Sementara pebalap Ferrari, Sebastian Vettel berada di tempat kedua dengan 251 poin. Nico Rosberg berada di posisi ketiga dengan 247 poin.

Klasemen sementara F1 2015 usai Seri Amerika Serikat:

  1. Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas F1 Team: 327 poin
  2. Sebastian Vettel Scuderia Ferrari: 251 poin
  3. Nico Rosberg Mercedes AMG Petronas F1 Team: 247 poin
  4. Kimi Räikkönen Scuderia Ferrari: 123 poin
  5. Valtteri Bottas Williams Martini Racing-Mercedes: 111 poin
  6. Felipe Massa Williams Martini Racing-Mercedes: 109 poin
  7. Daniil Kvyat Infiniti Red Bull-Renault: 76 poin
  8. Daniel Riccardo Infiniti Red Bull-Renault: 74 poin
  9. Sergio Perez Sahara Force India-Mercedes: 64 poin
  10. Max Verstappen Scuderia Toro Rosso-Renault: 45 poin
  11. Romain Grosjean Lotus-Mercedes: 44 poin
  12. Nico Hulkenberg Sahara Force India-Mercedes: 38 poin
  13. Felipe Nasr Sauber: 27 poin
  14. Pastor Maldonado Lotus-Mercedes: 26 poin
  15. Carlos Sainz Jr Scuderia Toro Rosso-Renault: 18 poin
  16. Jenson Button McLaren Honda: 16 poin
  17. Fernando Alonso McLaren Honda: 11 poin
  18. Marcus Ericsson Sauber: 9 poin
  19. Will Stevens Manor Marussia-Ferrari: 0 poin
  20. Roberto Merhi Manor Marussia-Ferrari: 0 poin

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply