Home Auto News Datsun GO-cross Concept 2015, Crossover Selera Indonesia

Datsun GO-cross Concept 2015, Crossover Selera Indonesia

0 2100

Crossover Datsun Indonesia Baru, Divisi mobil murah Nissan, Datsun resmi merilis mobil konsep terbarunya. Mobil ini merupakan sosok kendaraan tipe crossover yang diberi nama Datsun GO-cross. Model konsep ini memulai debut perdananya di Nissan Global Headquarters, Yokohama, pada Kamis malam (29/10/2015). Datsun GO-cross merupakan pengembangan dari model MPV (Multi Purpose Vehicle), Datsun GO+ dan menggunakan platform yang sama.

Koji Nagano, Executive Design Director Nissan Motor Co. Ltd mengatakan, GO-cross memiliki desain crossover murni, namun tetap mempertahankan desain khas yang terdapat pada model Datsun GO+. Dengan demikian hubungan keduanya tidak hilang.

“Mobil konsep Datsun GO-cross Concept adalah bukti positif bahwa prinsip desain Datsun adalah konsisten tapi cukup fleksibel untuk membuat mobil tipe apapun,” jelas Nagano.

Di samping itu Datsun juga menyampaikan bahwa desain GO-cross kemungkinan besar akan menjadi prototipe pengembangan mobil barunya di masa yang akan datang. Tak terkecuali untuk negara yang mempunyai minat cukup besar terhadap mobil Datsun seperti Indonesia.

Datsun GO-cross dirancang dan dikembangkan sedemikian rupa sehingga cocok dengan minat masyarakat Tanah Air. Vincent Cobee, yang menjabat sebagai Global Head of Datsun menuturkan, pasar Indonesia lebih tertarik pada mobil keluarga dengan tiga baris kursi untuk tujuh penumpang. Lantas seperti apa tampilan Datsun GO-cross ini?

Datsun GO Cross Concept 2015 2

Nagano dan tim desainnya di Jepang memberikan sentuhan segar pada tampilan depan. Grill D-Cut yang menjadi ciri khas mobil Datsun diperbesar supaya terlihat lebih tegas. Grille ini diletakkan lebih tegak untuk memberi aksen pada kap mesin yang lebih tinggi. Grille GO-cross dilapisi dengan warna chrome hitam dan disandingkan dengan lampu depan berjenis LED.

Berpindah ke bagian body, GO-cross hadir lebih tinggi dari GO+ sehingga menghadirkan kesan gagah layaknya kendaraan crossover pada umumnya. Mobil ini juga dibekali dengan fender lebar seperti mobil 4×4. Datsun juga membekalinya dengan cladding di sekelilingnya. Cladding juga terdapat di bawah grille dan di bawah buritan mobil.

Perlu diingat, Datsun GO-cross bukanlah mobil four-wheel-drive. Kendati demikian mobil konsep ini mempunyai ground clearance yang lebih tinggi dari GO MPV. Jarak bebas ke tanah yang lebih tinggi akan membuat GO-cross lebih mudah untuk melalui jalanan yang tidak rata.

Desain Datsun GO-cross ini memang cukup memanjakan mata. Desain ini mengadaptasi gaya hidup masyarakat metropolitan yang sehari-hari berkendara di dalam kota. Meski demikian mobil ini juga dapat digunakan untuk berlibur ke luar kota, di mana medan jalan lebih berat dibandingkan jalanan di dalam kota.

“Meski dibuat untuk petualangan seperti Datsun GO+, konsep crossover baru kami juga dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan rutinitas sehari-hari,” ujar Nagano.

Nagano memaparkan, ada ruang yang memadai untuk keluarga atau kerabat bepergian bersama. Hadirnya rak di atas mobil akan memberikan ruang tambahan kepada pemilik untuk membawa barang bawaan. Sementara ground clearance yang tinggi dan cladding eksterior menunjukkan bahwa mobil ini dapat mengimbangi jalan dalam kota dan kondisi lalu lintas sehari-hari.

Sebagai informasi tambahan, GO-cross merupakan mobil konsep kedua Datsun sejak merek ini hadir kembali di jagat otomotif. Sedangkan mobil konsep pertamanya adalah Datsun redi-GO yang diperkenalkan pada bulan Februari 2014 lalu.

Vincent Cobee menjanjikan GO-cross nantinya akan dijual dengan harga yang kompetitif bila diproduksi secara massal. “Kami kreasi sesuatu yang baru, tapi tetap memastikan hasilnya bisa terjangkau oleh mereka yang jadi target pasar kami,” jelasnya.

Source: harga datsun go cross, mobil datsun go cross, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply