Home Auto News Keunggulan Nissan X-Trail Hybrid 2016 Indonesia

Keunggulan Nissan X-Trail Hybrid 2016 Indonesia

0 1475

SUV Nissan X-Trail Hybrid Indonesia Baru, Nissan X-Trail Hybrid resmi hadir di Indonesia. Sesuai dengan namanya, mobil baru mengusung spesifikasi yang berbeda dengan X-Trail bermesin konvensional yang sudah lebih dahulu menghiasi aspal hitam Tanah Air. Walaupun mesin yang digunakan serupa, yakni MR20DD yang sama dengan varian 2.0L, namun jika dilihat dari sisi teknologi dan performa tentu tidak bisa dipadankan.

Nissan X-Trail versi Hybrid memiliki fitur-fitur yang mengesankan. Salah satunya adalah sistem Intelligent Dual Clutch Control yang merupakan pertama digunakan di kelasnya. Teknologi yang dikembangkan oleh Nissan ini diklaim sangat efisien. Pasalnya teknologi tersebut hanya mengandalkan satu motor yang dapat menggerakkan roda dan mengisi daya listrik dalam waktu yang bersamaan.

“Penggunaan double clutch atau dual cluth control ini ditempatkan pada mesin di posisi yang berbeda. Satu cluth diantara mesin bensin dengan motor listrik, satunya lagi di antara motor listrik dan CVT,” terang Mohammad Ikhsan Satriawinandi, Asisten Manager Product Planning Department Nissan Motor Indonesia (NMI), dikutip dari Kompas.

Cara kerja sistem ini, saat sedang berkendara dengan mengisi daya, posisi kopling menyambung dengan mesin bensin lalu ke motor listrik dan ke CVT. Dengan demikian mesin menggerakkan roda sekaligus motor listrik diaktifkan oleh mesin. Sementara jika mesin bensin dan listrik sedang memberikan ke roda, semua pada posisi terkoneksi plus tambahan tenaga dari motor listrik.

Itulah alasan yang membuat putaran tenaga dari mesin 2.0L lebih responsif dibandingkan dengan mesin milik X-Trail 2.500 cc. Dengan salah satu dari dua transmisi beroperasi secara terpisah dari mesin, hal tersebut membuat pengendara dapat memanfaatkan EV Mode dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengisian ulang.

SUV Nissan X-Trail Hybrid 2016 Indonesia 2

Ketika mengisi daya, seperti sedang melewati turunan sembari menekan pedal rem, indikator pada panel akan berubah. Yang sebelumnya tanda panah menuju ke arah mobil berubah menjadi menuju ke arah baterai. Hal ini dikarenakan roda yang berputar langsung mengalirkan daya ke baterai dan ini bisa dimungkinkan karena posisi kopling menyambung antar CVT dan motor listrik.

Teknologi mesin hybrid milik Nissan X-Trail tidak sama dengan Toyota. Teknologi mesin hybrid Toyota menggunakan dua motor listrik sekaligus untuk kinerja di masing-masing sistem. Sedangkan teknologi mesin hybrid Nissan X-Trail hanya mengandalkan satu motor saja. Meskipun hanya memakai satu motor saja, namun motor tersebut mempunyai tiga fungsi sehingga lebih efisien dan praktis.

“Nissan berupaya untuk memberikan teknologi yang terbaik, dengan satu motor listrik bisa digunakan untuk tiga fungsi sekaligus. Mulai dari starter, menggerakkan roda sampai pengisian daya dari generator. Pengaturan penggunaan pada kecepatan tinggi atau saat berjalan konstan pun hanya dengan satu motor, tidak seperti produk lain yang dipisahkan dengan dua motor,” ujar Nabusuke Toukura, Chief Vehicle Engineer of Nissan Motor Company (NMC).

Selain itu, X-Trail Hybrid juga memiliki kelebihan pada sistem aerodinamisnya.

“Untuk bisa mengurangi tekanan angin, bodi didesain khusus dengan lebih aerodinamis. Selain bagian bawah juga kami cover, karena kalau tidak di cover, udara akan menghalangi laju, begitu juga dengan bagian muffler kami cover, dan terakhir untuk bisa menekan bahan bakar. Kami memilih jenis ban yang rolling resistennya rendah,” paparnya.

Nissan X-Trail Hybrid mengusung mesin MR20DD 4-silinder segaris berkapasitas 1.997 cc. Mesin ini ditemani dengan Dual CVTCS (Contious Valve Timing Control System) dan motor listrik RM31. Berbekal mesin ini, X-Trail versi Hybrid dapat mengeluarkan tenaga sebesar 182 hp dengan torsi maksimum mencapai 367 Nm.

Di Indonesia, Nissan X-Trail Hybrid dibanderol dengan harga Rp 625 juta. Selisih harganya mencapai Rp 179,4 juta jika dibandingkan dengan versi mesin konvensional X-Trail 2.5 CVT yang dilepas di pasaran dengan harga Rp 445,6 juta.

Source: cara mengisi bahan bakar nissan x trail hybrid, kekurangan dan kelebihan all new x trail hybrid, kelebihan mesin hybrid di Nissan Xtrail, spesifikasi nissan x-trail hybrid, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply