Home Auto News MPV Mesin Diesel 2015 Indonesia, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

MPV Mesin Diesel 2015 Indonesia, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

MPV Diesel Indonesia Terbaru, Mobil yang dipasarkan di Tanah Air umumnya terbagi menjadi dua, yakni varian mesin bensin dan diesel. Kedua jantung pacu ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di samping itu baik mesin bensin maupun diesel memiliki penggemar tersendiri.

Awalnya mesin diesel dikenal lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mesin bensin. Namun pasca terungkapnya skandal Dieselgate, banyak orang yang mulai mempertanyakan keiritan mesin diesel. Kendati demikian mesin ini masih memiliki kelebihan lain, yakni torsi yang lebih besar, terutama di putaran rendah. Itulah yang menjadi alasan mengapa mesin diesel dirancang untuk mengakomodasi beban yang lebih berat.

Dari sekian banyak segmen mobil yang ada di Indonesia, salah satu segmen yang menggunakan mesin diesel adalah Multi Purpose Vehicle (MPV). Seperti yang diketahui bersama, MPV masih menjadi primadona di Tanah Air lantaran memiliki kapasitas yang lapang. Sehingga mobil ini cocok dijadikan sebagai mobil keluarga.

Jika Anda sedang mencari mobil bermesin diesel, berikut adalah pilihan tiga MPV yang memiliki varian diesel:

Toyota Kijang Innova

Salah satu MPV andalan Toyota ini diproduksi pertama kali pada tahun 2004. Di samping menawarkan varian bensin, Toyota juga menyediakan varian mesin diesel. Toyota Kijang Innova bermesin diesel mengandalkan mesin 2KD-FTV D4-D common rail variable geometry turbocharger. Mesin berkapasitas 2.494 cc itu sanggup memuntahkan daya maksimum sebesar 102 PS pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi puncak 20.4 Kgm pada 1.400-3.200 rpm.

Untuk masalah harga, menurut situs resmi Toyota Astra Motor (TAM), Toyota Kijang Innova varian mesin diesel dibanderol mulai Rp 272,6 juta untuk tipe E. Sementara tipe V bertransmisi otomatis yang menjadi varian termahal dilepas dengan harga Rp 344 juta.

Dalam waktu dekat Toyota akan merilis Kijang Innova terbarunya. Mobil ini dikabarkan akan mengusung mesin diesel baru, yakni 2.4 VNT (Variable Nozzle Turbocharger. Menurut salah seorang sumber Toyota, mesin tersebut memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan varian yang ada saat ini, meskipun kapasitasnya lebih kecil. Toyota Innova terbaru diprediksi memakai mesin milik All-New Fortuner yang memiliki tenaga 148 hp dan torsi 400 Nm.

Chevrolet Spin 2015 Indonesia

Chevrolet Spin

MPV asal Negeri Paman Sam, Amerika Serikat ini mulai diproduksi pada 2012. Mobil keluarga dengan 5 pintu ini memiliki varian mesin diesel berkapasitas 1,3 liter. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 75 hp pada 4.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 190 Nm pada putaran 1.750 rpm.

Mobil ini mempunyai panjang 4.360 mm, dengan lebar 1.735 mm dan tinggi 1.656 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.620 mm, sedangkan ground clearance-nya 157 mm. Dengan dimensi tersebut, mobil ini memiliki kabin yang cukup lapang. Selain itu penempatan komponen-komponen interior dibuat sedemikian rupa sehingga membuat pengguna merasa nyaman selama di dalam kabin.

Di Indonesia, Chevrolet Spin diesel dibanderol dengan harga Rp 219,8 juta.

Hyundai H-1

MPV bermesin diesel terakhir yang dapat dipilih adalah Hyundai H-1. Mobil buatan produsen otomotif asal Korea Selatan ini merupakan kendaraan yang dirancang dan dikembangkan untuk dapat memuat banyak penumpang. Generasi kedua H-1 yang dirilis pada tahun 2007 memiliki mesin diesel berkapasitas 2,5 liter CRDi. Berbekal mesin tersebut Hyundai H-1 mampu meletuskan tenaga sebesar 171 hp dengan torsi 402 Nm.

Di Tanah Air, Hyundai memasarkan MPV H-1 versi diesel dengan kisaran harga Rp 493 juta – Rp 572,5 juta. Di samping itu Hyundai juga menawarkan H-1 Limited yang diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Harga mobil ini mencapai Rp 483 juta.

Source: chevrolet cruze modifikasi, komparasi hyundai h1 dengan innova, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply