Home Auto News Yamaha MT-10 2016, Sport Naked 1000cc Berdesain Futuristik

Yamaha MT-10 2016, Sport Naked 1000cc Berdesain Futuristik

0 2487

Motor Sport Naked Yamaha MT-10, Produsen motor berlambang tiga garputala, Yamaha resmi menghadirkan motor terbarunya, yakni Yamaha MT-10. Motor ini merupakan versi naked atau tanpa fairing dari Yamaha YZF-R1.

Dalam siaran persnya, Yamaha mengatakan motor baru ini mengandalkan dapur pacu dengan kapasitas sebesar 998 cc cross-plane empat silinder yang berasal dari R1 model tahun 2015. Pabrikan otomotif asal Jepang itu mengungkapkan, motor naked 1.000 cc ini diatur untuk torsi rendah dan menengah.

“Setelah sudah membuat beberapa model yang paling inovatif dan sukses di pasar Eropa, Yamaha telah mengembangkan motor 1.000cc yang memiliki potensi untuk menantang semua pendatang di kelas naked bike. MT-10 yang radikal ini siap untuk melebihi harapan dan menarik bagi mereka pengendara yang mencari pengalaman bermotor yang baru, kapan saja dan pada setiap kecepatan,” ujar Yamaha dalam siaran persnya, dikutip dari laman DetikOto.

Yamaha MT-10 menawarkan posisi berkendara yang tegak. Motor tanpa fairing ini memakai rangka aluminium deltabox, sama seperti saudaranya YZF-R1. Dengan berbekal rangka tersebut, MT-10 menjadi motor dengan wheelbase atau jarak sumbu roda terpendek, yakni hanya 1.400 mm.

Di samping itu motor ini juga dibekali dengan kontrol traksi yang dapat dipilih dengan tiga tingkat pilihan. Fitur ini dapat diaktifkan saat transmisi diposisikan di 4, 5 dan 6, dengan kecepatan rentang dari 50 sampai 180 km/jam. Sistem akan disfungsi saat tuas rem diaktifkan.

Yamaha MT-10 2016 2

Baca : Yamaha R1S 2016 Rilis di AS, Harga Lebih Murah

Fitur lain yang disematkan adalah fitur tiga modus berkendara, yakni standard, A dan B. Mode A memberikan kinerja rendah di putaran mid range dibandingkan dengan mode standard. Lalu untuk mode B memberikan respons throttle yang lebih ringan, sehingga cocok untuk digunakan dalam kondisi lalu lintas yang padat maupun jalan yang licin.

Melihat sektor kaki-kaki, Yamaha MT-10 menggunakan suspensi yang sama dengan R1, yakni Kayaba model upside down berdiameter 43 mm dengan jarak main 120 mm. Akan tetapi suspensi tersebut kabarnya direvisi lagi agar tetap nyaman saat melintasi jalan bergelombang.

Untuk lengan ayun belakang monocross dengan bahan material aluminium juga diadopsi dari R1 disokong oleh suspensi Kayaba. Yamaha melakukan penyempurnaan pada bagian ini agar dapat menahan tarikan torsi, walaupun telah dilengkapi Traction Control System (TCS) dan Assist & Slipper Clutch.

Sedangkan rem depan motor baru Yamaha ini berjenis piringan dengan diameter 320 mm four-pot radial-mounted caliper dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System).

Yamaha MT-10 mengusung pelek aluminium cast empat palang. Sementara tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 17 liter. Selain itu Yamaha juga membenamkan instrumen LCD pada motor naked ini.

“Anggota baru ikon sepeda motor paling sukses ini adalah naked bike yang paling luar biasa untuk dikembangkan oleh Yamaha sejauh ini,” jelas Yamaha.

Hanya saja hingga saat ini Yamaha belum menginformasikan harga jual MT-10 ini. Hadirnya MT-10 memperkuat jajaran line-up MT Series yang telah dijual oleh Yamaha, seperti MT-125, MT-25, MT-03, MT-07 dan MT-09. Saat peluncurannya, Yamaha MT-10 akan dikendarai oleh juara dunia MotoGP 2015, Jorge Lorenzo. Sedangkan rekan satu timnya, Valentino Rossi akan menunggangi XSR900.

Lalu apakah motor sport naked ini juga akan dipasarkan di Indonesia? Kita tunggu saja kabar dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Yang pasti, jika dihadirkan di Indonesia, MT-10 akan menjadi varian baru Yamaha CBU. Sebelumnya Yamaha telah menghadirkan All New YZF-R1 dan YZF-R1M. Saat pertama kali dirilis, All New YZF-R1 dibanderol Rp 495 juta dan sedangkan YZF-R1M Rp 645 juta.

Baca Juga : Perbedaan Yamaha R1 dan R1M Indonesia

Source: moge yamaha, motor sport indonesia 2016, motor sport yamaha 1000cc, motor sport yamaha terbaru 2016, mio 1000cc, motor yamaha terbaru 1000 cc, motor gede yamaha 1000cc, yamaha motor sport 1000cc, sepeda motor 1000cc, yamaha 1000cc, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply