Home Auto News Yamaha MT-15 2016 Indonesia Diposisikan di Segmen Blue Ocean

Yamaha MT-15 2016 Indonesia Diposisikan di Segmen Blue Ocean

0 1314

Yamaha MT-15 Indonesia Terbaru, Persaingan motor di Tanah Air seakan tidak pernah padam. Tingginya angka penjualan motor di Indonesia membuat pabrikan di seluruh dunia berbondong-bondong menghadirkan produk andalannya.

Skuter matik atau lebih dikenal dengan istilah skutik bisa jadi merupakan model terlaris saat ini. Namun bukan berarti segmen lain sepi peminat. Segmen motor sport berkapasitas 150 cc misalnya. Semakin lama persaingan di segmen ini semakin sengit. Yamaha yang selama ini memimpin pasar motor sport mulai mendapat perlawanan dari para kompetitornya. Oleh karena itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sedang mempersiapkan strategi baru untuk bermain di segmen blue ocean.

Sekedar mengingat, Yamaha V-Ixion merupakan motor sport andalan YIMM yang menjadi pelopor dan pemimpin market motor sport di segmen 150 cc sejak tahun 2007 silam. Akan tetapi keberadaannya kini mulai terancam lantaran hadirnya senjata andalan Honda terbaru, All New CB150R Streetfire. Rival berat V-Ixion ini sukses meraih tanggapan positif dari pasar setelah meluncur pada bulan Agustus lalu.

Hadirnya All New CB150R Streetfire tak lantas membuat Yamaha berdiam diri. Yamaha yang tidak ingin posisinya sebagai market leader segmen motor sport terancam menyusun strategi baru untuk mengatasi hal tersebut. YIMM berencana akan menghadirkan motor barunya, yakni Yamaha MT-15 untuk bersaing di pasar motor sport.

“Yamaha MT-15 bisa masuk di segmen blue ocean karena belum ada kompetitor yang main di segmen motor tersebut,” ujar M. Masykur, selaku Asisten GM Marketing PT YIMM.

Yamaha MT-15 2016 2

Baca : Yamaha MT-15 Rilis Dahulu di Thailand

Apa yang menjadi pertimbangan Yamaha memasukkan MT-15 ke dalam segmen blue ocean? Yamaha MT-15 yang dijual di Tanah Air nantinya akan membuka segmen baru di kelas motor sport 150 cc. Seperti yang diketahui bersama, saat ini Yamaha sudah memiliki Byson FI di kelas low dan New V-Ixion Advance di kelas middle. Sedangkan Yamaha MT-15 nantinya akan diposisikan di kelas high sport 150 cc.

Lalu berapa harga jual Yamaha MT-15? Sebagai gambaran, Yamaha New V-Ixion Advance yang dipasarkan saat ini dibanderol dengan harga Rp 24 jutaan On The Road (OTR) Jakarta. Sementara untuk MT-15, menurut informasi yang berhembus akan dipatok dengan kisaran harga Rp 28-29 jutaan. Dengan kata lain harga jualnya tidak berbeda jauh dari versi fairingnya, YZF-R15.

Dengan selisih harga sekitar Rp 4-5 jutaan, Yamaha MT-15 mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan dengan V-Ixion. Beberapa di antaranya adalah penggunaan sokbreker depan jenis up-side down, jok model split atau terpisah, spidometer full digital dan headlamp berjenis LED. Selain itu motor baru Yamaha ini juga akan mengusung swing arm banana seperti R15. Kemungkinan besar Yamaha MT-15 nantinya akan mengandalkan transmisi 6-percepatan bila memakai mesin serupa R15.

Untuk waktu peluncurannya, Yamaha MT-15 akan dirilis dahulu di Negeri Gajah Putih, Thailand pada 1 Desember 2015. Sementara di Indonesia akan meluncur pada tahun depan, tepatnya pada semester pertama tahun 2016.

Dari gambar yang beredar di internet, Yamaha MT-15 merupakan naked bike bergaya Street Fighter. Motor ini mengadopsi gaya desain motor Eropa, dengan desain sporty yang serba tajam. Tangki bahan bakar MT-15 dikombinasikan dengan shroud yang dibuat memanjang hingga ke bagian bawah mesin.

Tidak hanya itu, Yamaha MT-15 juga dilengkapi dengan cover engine yang terdapat di bagian kolong mesin. Pelindung mesin tersebut memiliki desain meruncing, mengikuti bentuk shroud. Jika diperhatikan, desain MT-15 tidak berbeda jauh dengan R15. Perbedaannya buritan MT-15 dibuat lebih pendek.

Img source: http://thaispyshot.com

Source: harga MT 15 tahun 2017, new mt15, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply