Home Auto News F1 2015 GP Abu Dhabi, Rosberg Sukses Finish Terdepan

F1 2015 GP Abu Dhabi, Rosberg Sukses Finish Terdepan

0 766

Hasil Balap F1 2015 Abu Dhabi, Nico Rosberg, pembalap Mercedes AMG berhasil tampil gemilang di seri pamungkas F1 2015. GP Abu Dhabi yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Minggu (29/11/2015) malam bisa dikatakan menjadi peristiwa tak terlupakan bagi pembalap asal Jerman itu. Ini merupakan kemenangan ketiga secara beruntun Rosberg, setelah sebelumnya sukses meraih podium pertama di GP Meksiko dan Brasil.

Sedangkan rekan satu timnya, Lewis Hamilton yang sudah mengunci gelar juara dunia 2015 sejak GP Amerika Serikat berhasil finish di urutan kedua. Dengan demikian Mercedes berhasil menempatkan dua jagoannya di dua podium teratas sebanyak 12 kali dari total 19 seri di musim 2015 ini.

Meski Mercedes meraih kesuksesan besar, namun dua pembalap Ferrari juga tampil tak kalah mengesankan. Kimi Raikkonen yang tampil impresif berhasil menduduki podium ketiga. Sedangkan Sebastian Vettel yang start ari urutan 16 mampu memperbaiki kedudukannya secara mengejutkan dan membuatnya finish di posisi keempat.

Usai balap F1 2015 seri Abu Dhabi, Hamilton berhasil mengantongi 381 poin. Sedangkan Rosberg berada di posisi kedua dengan perolehan 322 poin, disusul oleh Vettel di posisi ketiga dengan 278 poin.

Jalannya balapan GP Abu Dhabi

Memulai balapan dari pole, Rosberg mampu menjalani start dengan baik. Di posisi kedua ada Hamilton yang sepanjang pertandingan relatif sanggup mempertahankan posisinya, walaupun mendapat serangan dari Rakkonen dan Sergio Perez.

Pertandingan yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina tidak terlepas dari insiden. Pembalap McLaren, Fernando Alonso dan Pastor Maldonado dari Lotus terlibat insiden di tikungan satu, tidak lama setelah balap dimulai. Insiden tersebut mengharuskan Maldonado harus mengakhiri balap lebih awal. Sedangkan Alonso harus menanggung drive-through penalty lantaran dinilai menyebabkan insiden tersebut.

F1 2015 Abu Dhabi 2

Baca : Balap F1 2015 Seri Meksiko, Rosberg Bayar Kekalahan

Tidak berhenti sampai di situ saja, di lap sembilan insiden kembali terjadi. Kali ini melibatkan pembalap Williams, Valtteri Bottas dan pembalap McLaren, Jenson Button. Akan tetapi insiden tersebut terjadi di pit. Bottas yang meninggalkan garasi setelah melakukan pit-stop bertabrakan dengan Button yang baru akan masuk. Sayap depan bagian kiri mobil Bottas mengenai bagian belakang mobil Button. Akibat insiden tersebut Bottas mendapat hukuman pinalti lima detik.

Rosberg yang berhasil mempertahankan posisi terdepannya masuk pit di lap 10. Kemudian Hamilton mengambil alih posisi terdepan. Satu lap berikutnya giliran Hamilton yang masuk pit. Melihat barisan belakang, Vettel yang mengawali balap dari posisi 16 berhasil melesat ke depan. Pembalap Ferrari itu menempati urutan kedua di belakang Rosberg dan di depan Hamilton yang kembali ke lintasan di urutan ketiga.

Memasuki lap 13, Hamilton merebut kembali posisi keduanya dari Vettel. Sementara Rosberg yang memimpin jalannya pertandingan unggul 6,2 detik dari Hamilton. Raikkonen tidak tinggal diam, lalu berhasil mendahului Vettel di lap 15.

Hingga lap 29, Rosberg terus mempertahankan posisi terdepannya. Namun di lap 31 Rosberg kembali masuk ke pit. Setelah itu gantian Hamilton yang berada di posisi terdepan. Hal ini tidak berlangsung lama, karena Hamilton memutuskan masuk ke pit di lap 41 dan membuat Rosberg kembali mendapatkan posisi pertamanya. Sejak saat itu Rosberg memimpin balapan hingga akhirnya keluar sebagai juara.

Klasemen akhir F1 2015 GP Abu Dhabi:

  1. Lewis Hamilton – Mercedes AMG Petronas : 381 poin
  2. Nico Rosberg – Mercedes AMG Petronas : 322 poin
  3. Sebastian Vettel – Scuderia Ferrari : 278 poin
  4. Kimi Räikkönen – Scuderia Ferrari : 150 poin
  5. Valtteri Bottas – Williams Martini Racing-Mercedes : 136 poin
  6. Felipe Massa – Williams Martini Racing-Mercedes : 121 poin
  7. Daniil Kvyat – Infiniti Red Bull-Renault : 95 poin
  8. Daniel Riccardo – Infiniti Red Bull-Renault : 92 poin
  9. Sergio Perez – Sahara Force India-Mercedes : 78 poin
  10. Nico Hulkenberg – Sahara Force India-Mercedes : 58 poin
  11. Romain Grosjean – Lotus-Mercedes : 51 poin
  12. Max Verstappen – Scuderia Toro Rosso-Renault : 49 poin
  13. Felipe Nasr – Sauber : 27 poin
  14. Pastor Maldonado – Lotus-Mercedes : 27 poin
  15. Carlos Sainz Jr – Scuderia Toro Rosso-Renault : 18 poin
  16. Jenson Button – McLaren Honda : 16 poin
  17. Fernando Alonso – McLaren Honda : 11 poin
  18. Marcus Ericsson – Sauber : 9 poin

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply