Home Auto News Suzuki New Ertiga 2016 Indonesia Punya Varian Tertinggi, Ini Tampilannya

Suzuki New Ertiga 2016 Indonesia Punya Varian Tertinggi, Ini Tampilannya

0 987

MPV Suzuki Ertiga Terbaru di Indonesia, Setelah resmi meluncurkan New Ertiga, Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan tengah mempersiapkan varian tertinggi dari MPV andalannya itu. Menariknya, kabar tersebut bukan hanya sekedar rumor semata. Hal ini dibuktikan dengan bidikan kamera Suzuki Ertiga yang terlihat berbeda dari yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Mobil baru Suzuki Ertiga ini terparkir di salah satu ruangan di pabrik Suzuki di Pulogadung, Jakarta Timur. Meskipun tidak memperlihatkan tampilan secara keseluruhan, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan.

Melihat tampilan kaki-kakinya, Suzuki Ertiga misterius itu mengusung pelek dengan desain berbeda dari New Ertiga yang dirilis di pameran otomotif nasional pada Agustus kemarin. Suzuki Ertiga ini terlihat memikat dengan mengandalkan pelek bermotif kipas yang saat ini memang tengah diminati masyarakat.

Sepertinya hanya ubahan pada pelek yang dilakukan Suzuki. Tidak terlihat perubahan lain di sisi eksterior. Menurut bocoran informasi yang ada, Suzuki akan mengutamakan kenyamanan dan keamanan pada Ertiga tipe tertinggi tersebut.

Sebagai pengingat, New Ertiga dihadirkan dalam tiga tipe, yakni tipe GA sebagai tipe terendah, tipe GL menengah dan tipe GX yang diposisikan sebagai tipe tertinggi. Sementara varian Elegant dan Sporty yang sempat dipasarkan oleh SIS kini tidak ada lagi.

Sama seperti para pesaingnya, New Ertiga belum dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan EBD. Tampaknya hal tersebut merupakan strategi Suzuki agar New Ertiga varian tertinggi nantinya memiliki nilai yang lebih tinggi, khususnya dengan tambahan fitur penunjang kesematan ABS dan EBD.

Suzuki Ertiga 2016 Indonesia 2

Update : Ini Bocoran Desain Fitur Suzuki Ertiga Dreza 2016

Lantas bagaimana tanggapan SIS mengenai rumor New Ertiga varian tertinggi? Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Donny Saputra, selaku Kepala Pengembangan Produk Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 tidak membantah, namun juga tidak mengiyakan.

“Tunggu saja, sebentar lagi juga kita infokan,” ungkapnya, dilansir dari Otomotifnet.

Sebelumnya, Deputy Managing Director PT SIS, Davy J Tuilan pernah memaparkan bahwa Suzuki New Ertiga varian tertinggi sudah siap dirilis dalam aktu dekat. Jika resmi diluncurkan, varian tersebut akan berada di atas tipe GX yang selama ini menjadi varian termahal.

”Nanti akan diposisikan untuk mengganti model Ertiga Sporty dan Ertiga Elegant. Kami siapkan dengan fitur yang lebih lengkap dari sebelum-sebelumnya. Jadi kalau ingin punya Ertiga yang lebih mewah sudah ada tipe yang bisa dipilih,” ujar Davy.

Kabar mengenai kemunculan New Ertiga varian tertinggi memang menarik untuk disimak. Pasalnya hingga saat ini mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang masih menjadi model yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbicara mengenai model MPV, Suzuki Ertiga bukanlah satu-satunya model yang baru saja mendapat penyegaran. Sebelumnya duo pabrikan asal Jepang, Daihatsu dan Toyota juga melakukan pembaruan pada MPV andalannya, Xenia dan Avanza.

Jika melihat data penjualan bulanan Gaikindo per Oktober 2015, Suzuki Ertiga belum berhasil masuk jajaran 10 mobil terlaris. MPV berlambang ‘S’ yang khas ini hanya berhasil mengumpulkan angka penjualan sebesar 1.426 unit. Hal ini bertolak belakang dengan kompetitornya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio yang selalu masuk di dalam daftar tersebut.

Sekedar informasi, New Ertiga mengandalkan mesin K12B yang mempunyai kapasitas sebesar 1.4 liter. Meskipun memakai mesin lama, efisiensi bahan bakarnya jauh lebih baik. Dengan mesin tersebut New Ertiga dapat menghasilkan tenaga 92 dk, turun tipis dibandingkan model sebelumnya yang dapat mencapai 95 dk.

Kendati demikian SIS menjamin bahwa distribusi tenaganya lebih memuaskan. Selain itu Suzuki juga melakukan perubahan pada kompresi ruang bakarnya yang kini dibuat lebih tinggi. Cover mesin New Ertiga dibuat dari bahan resin yang lebih ringan. Yang terakhir Suzuki merancang ulang squish ruang bakarnya.

Baca Juga : Suzuki APV Terbaru Indonesia Segera Rilis, Punya Fitur Airbag

Img Source: http://otomotifnet.com

Source: suzuki ertiga 2016, honda mobilio terbaru 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply