Home Auto News Skutik Baru Yamaha Meluncur Tahun 2016, Calon Pesaing Vario 125

Skutik Baru Yamaha Meluncur Tahun 2016, Calon Pesaing Vario 125

0 4329

Motor Matic Baru Yamaha Indonesia, Untuk memenuhi permintaan pasar otomotif nasional, khususnya pasar skuter matik, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menawarkan beragam produk dengan harga jual yang bervariasi. Untuk pecinta skutik berbodi mungil, pilihannya adalah Mio. Sementara penyuka skutik bertubuh bongsor dengan desain elegan bisa meminang NMax sebagai kendaraannya atau T-Max yang mengisi kelas CBU.

Jika diperhatikan, sebenarnya masih terdapat tempat kosong di kelas menengah dan bawah yang dapat dimanfaatkan Yamaha. Sebagai informasi, Yamaha Mio selama ini dikenal sebagai skutik kecil. Apabila konsumen ingin membeli motor matik yang lebih besar, loncatannya dirasa cukup terasa jauh karena pilihannya adalah NMax.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah YIMM mempunyai rencana untuk mengisi kekosongan tersebut dengan menghadirkan motor baru? Ditanya mengenai hal tersebut, Yamaha Indonesia mengakui bahwa pihaknya tengah mempersiapkan kejutan baru untuk masyarakat Tanah Air. Sasaran produk baru tersebut nantinya adalah konsumen perempuan.

“Awal tahun akan ada event-nya. Nantilah hahaha. Matic ibu-ibu. Akan ada, akan ada. Nanti di awal tahun akan ada,” jelas Mohammad Masykur, yang menjabat sebagai Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, sebagaimana dilansir dari laman Otosia.

Masykur juga dimintai tanggapan tentang kebutuhan skuter matik yang lebih besar. Model Honda Vario menjadi contohnya. Perlu diketahui, Yamaha Indonesia mempunyai jajaran matik yang semakin besar. Di sektor roda, Yamaha Mio dan Soul GT telah menggunakan velg berdiameter 14 inci, sama seperti Vario. Akan tetapi lain cerita dengan Suzuki Hayatte yang diposisikan sekelas dengan Vario, namun mengusung velg yang lebih besar, yakni 16 inci.

Yamaha Aerox 125 2016 Indonesia 1

Baca Juga : 7 Motor Baru yang Siap Meluncur di Indonesia Tahun 2016

Sayangnya belum diketahui pasti apakah nantinya Yamaha akan menghadirkan produk baru dari keluarga Mio dengan ukuran roda yang lebih besar atau bodi yang diperbesar atau justru produk lain yang benar-benar baru. Terlepas dari hal tersebut, Masykur mengiyakan kebutuhan motor dengan ukuran antara Mio dan NMax yang memiliki bodi dan harga setara Honda Vario.

“Segmentasi pasar matik kan semakin besar, termasuk size-nya. Masa misalnya (biker ngomong) kalau saya berbadan besar, masa naik Mio,” kata Masykur.

Berbicara soal skutik, beberapa waktu lalu Yamaha tertangkap kamera sedang menguji motor ‘asing’ di jalanan di Indonesia. Motor tersebut disebut-sebut adalah Yamaha Aerox 125. Perlu diketahui, Aerox 125 merupakan skutik yang dipasarkan di Eropa. Skutik ini memadukan tampilan Mio dengan model sport New Yamaha Vixion Lightning.

Bila dipasarkan di Indonesia, kemungkinan besar YIMM akan melakukan penyesuaian untuk selera masyarakat sehingga dapat diterima dengan baik oleh pasar.

Berdasarkan foto spyshot yang beredar, Yamaha Aerox 125 mengusung lampu sein yang terpisah dengan stoplamp. Diperkirakan motor baru ini menggunakan lampu utama berjenis LED dengan desain V Shape. Aerox 125 menggunakan pelek yang lebih lebar dibandingkan dengan Yamaha Xeon, mirip dengan pelek All New Soul GT 125. Untuk dapur pacunya mengandalkan mesin Blue Core berkapasitas 125 cc yang diadopsi dari Mio Series.

Menurut data yang didapat dari TPT Online milik Kementerian Perindustrian, skutik baru Yamaha itu didaftarkan dengan kode BE1. Rencananya motor tersebut akan diproduksi sebanyak 70.500 unit di dalam negeri. Walaupun belum ada keterangan resmi dari pihak YIMM, Yamaha Aerox 125 diprediksi akan dibanderol dengan harga Rp 17,6 juta on the road Jakarta. Dengan harga tersebut, motor ini dipastikan akan bersaing dengan Honda Vario 125.

Jika benar-benar dipasarkan di Tanah Air, Yamaha Aerox 125 bisa menjadi ancaman serius bagi Vario 125 dan dapat menjadi pilihan menarik bagi pecinta skutik.

Img source: http://aripitstop.com

Update : Yamaha Aerox 125 Indonesia Resmi Rilis, Ini Harganya

Source: Yamaha aerox 2016 indonesia, yamaha aerox, yamaha aerox indonesia, yamaha matic terbaru 2017, harga yamaha aerox, vario 125, yamaha aerox 125, matic 2016, matic terbaru honda 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply