Home Auto News Bocoran Spesifikasi dan Desain TVS Apache 2016 Indonesia

Bocoran Spesifikasi dan Desain TVS Apache 2016 Indonesia

0 1105

Motor TVS Apache 200 Terbaru Indonesia, Akhir-akhir ini dunia otomotif dihebohkan dengan penampakan sosok motor misterius yang tertangkap kamera sedang melintasi jalanan di Indonesia. Setelah diselidiki lebih jauh kuat dugaan motor tersebut adalah TVS Apache 200. Motor sport naked yang merupakan hasil kolaborasi antara TVS dan BMW Motorrad itu sedang dalam tahap uji jalan.

Munculnya motor baru TVS Apache 200 di Tanah Air ini diketahui setelah pengamat otomotif, Iwan Banaran dan Taufik Hidayat mengunggah spyshot motor tersebut di blog miliknya. Dari foto tersebut terlihat bahwa motor tersebut dibalut dengan kain biru untuk menyembunyikan identitasnya. Kendati demikian dapat dipastikan dua unit motor yang tertangkap kamera di Karawang, Jawa Barat itu memang benar TVS Apache 200. Alasannya bentuk motor tersebut sama persis dengan yang terpergok di India beberapa waktu lalu.

Kemiripan itu terlihat dari model shroud besar yang menjorok ke bawah, blok mesin berwarna hitam, suspensi teleskopik warna emas di kaki depan, suspensi belakang monoshock, cakram bergelombang dan bagian belakang yang tampak gagah lengkap dengan lampu stoplamp model LED.

Untuk spidometernya sudah menganut model digital. Keterangan pada layar spidometer tersebut menunjukkan kemungkinan bahwa mesin TVS Apache 200 dapat dipacu hingga putaran mesin 10.500 rpm. Selain itu terdapat keterangan ‘race on’ dan pengingat saat sudah waktunya servis. Fitur ini mirip dengan yang ada pada beberapa motor besutan Yamaha.

Di samping itu, hal lain yang semakin memperkuat dugaan tersebut adalah digunakannya knalpot dengan bentuk yang tidak lazim. Saluran gas buang tersebut dilengkapi dengan dua buah lubang.

“Nah penampakan ini memang plek mirip dengan TVS Apache 200 yang juga beredar di India. Yang jadi pertanyaan, motor ini buatan mana? Impor dari India atau dirakit lokal,” ujar Taufik, dikutip dari laman Solopos.

TVS Apache 200 2016 Indonesia 2

Ada yang menarik dari motor baru TVS ini. Bila melihat foto yang beredar, terdapat dua unit TVS Apache 200. Rupanya kedua motor tersebut memiliki perbedaan. Perbedaan terlihat pada model setang yang digunakan.

Iwan mengatakan, satunya menggunakan setang pipa fatbar. Sementara unit lainnya memakai model jepit atau clip on berongga di bagian tengah. Kemungkinan TVS nantinya akan memasarkan Apache 200 dalam dua varian berbeda.

Sekedar informasi tambahan, TVS Apache 200 terbaru diklaim merupakan saudara kembar tidak identik dari BMW G310R yang hadir di benua Eropa. Menurut kabar yang berkembang, motor yang akan menantang Bajaj Pulsar 200NS dan KTM Duke 200 itu mengandalkan dapur pacu SOHC berkapasitas 200 cc dengan oil cooled. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut berkisar 22-24 hp.

Sebagai pembanding, KTM Duke 200 hadir dengan memakai mesin berkapasitas 199,5 cc, 1 silinder, 4 tak, DOHC. Mesin tersebut telah mengadopsi sistem injeksi serta didukung dengan balancer shaft dan 3-way catalytic converter yang lolos Euro3. Jantung pacu ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 25 hp pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum 19 Nm pada 8.000 rpm.

Saat dilakukan tes, KTM Duke 200 dapat berakselerasi 0-60 km/jam hanya dalam waktu 3,3 detik. Sementara kecepatan maksimum yang dapat diraih 145 km/jam.

Untuk Bajaj Pulsar 200NS dipersenjatai dengan mesin SOHC 4 tak berkapasitas 200 cc. Mesin dengan pendingin cairan ini mempunyai tenaga sebesar 23,25 hp pada putaran 9.500 rpm dan torsi maksimum 18,3 Nm. Uniknya mesin motor sport naked ini menggunakan teknologi 3 busi (Digital Triple Sparkplug Ignition/DTS-I) yang membuat pembakaran mesin lebih maksimal dan sempurna.

Berbekal mesin tersebut Bajaj Pulsar 200NS dapat melesat hingga kecepatan 151 km/jam. Untuk konsumsi bahan bakarnya cukup irit, yakni hanya 58 km/liter.

Update : TVS Apache 200 4V 2016 Indonesia Resmi Rilis, Ini Harganya

Source: persamaan blok mesin motor apache rtr, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply