Home Auto News Suzuki Satria FU150 Injeksi 2016 Indonesia Hadir di Sentul!

Suzuki Satria FU150 Injeksi 2016 Indonesia Hadir di Sentul!

0 2243

Suzuki Satria FU Injeksi Terbaru, Final ajang Suzuki Indonesia Challenge (SIC) yang diselenggarakan di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat dihebohkan dengan kehadiran motor asing. Rupanya motor tersebut adalah Suzuki Satria FU150 injeksi. Motor baru Suzuki ini memang sedang dinanti oleh banyak pecinta roda dua. Pasalnya rival beratnya, New Honda Sonic 150R sudah menganut sistem injeksi. Di samping itu kehadiran motor bebek sport Honda ini mulai mengganggu keberadaan Suzuki Satria FU150 sehingga mengharuskan Suzuki Indonesia menghadirkan versi injeksinya.

Hadirnya Satria FU150 injeksi di sela-sela sesi kualifikasi final SIC bisa menjadi kabar gembira bagi masyarakat Tanah Air. Motor baru Suzuki yang mengisi kelas hyper underbone ini diuji oleh Andreas Gunawan, pebalap yang meraih gelar juara Suzuki Asia Challenge.

Saat menjalani tes, Suzuki Satria FU150 Injeksi yang dibalut dengan livery Suzuki Ecstar MotoGP ini ditemani oleh Suzuki GSX yang ditunggangi oleh Rapid Topan Sucipto, pebalap Suzuki di kelas supersport 600 cc ARRC (Asia Road Racing Championship).

Hal baru yang terlihat dari motor ini tidak hanya terdapat pada mesin yang sudah memakai sistem injeksi dan radiator. Ada beberapa perbedaan lain yang membedakan motor ini dengan Satria FU150 lama. Terlihat dari lampu depan atau head lamp yang dibuat lebih lancip. Di samping itu terdapat ubahan signifikan yang tampak pada bagian belakang, seperti spakbor dan lampu rem yang mengusung desain lebih sporty.

Motor ini kabarnya akan dirilis pada bulan Januari 2016. Diduga motor ini tengah dipersiapkan untuk kepentingan balap guna menyambut musim balap tahun 2016 yang akan diadakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales.

Suzuki Satria FU150 Injeksi 2016 Indonesia 2

“Saya belum bisa bicara banyak soal Satria FU Injeksi, tunggu saja pada waktunya kami akan memberi kabar baik soal keterlibatan Suzuki FU Injeksi di dunia balap,” jelas General Manager Marketing and Sales PT Suzuki Indomobil Sales 2W, Endro Nugroho, dilansir Dapurpacu.

Sementara itu, Giri Triatmojo selaku Marketing and Development Head PT Suzuki Indomobil Sales memiliki penjelasan tersendiri. Ia mengatakan bahwa Suzuki Indonesia tengah meriset Suzuki Satria FU untuk digunakan pada kompetisi balap.

“Iya memang kami sedang meriset, pokoknya tunggu kejutan dari kami,” ujarnya.

Andreas Gunawan yang mengendarai Satria FU150 Injeksi mengungkapkan bahwa motor tersebut nyaman di putaran tengah dan atas.

“Saya di final SIC tahun lalu saya mencetak 2 menit 5 detik, itu saya lakukan berbarengan dengan pebalap lain, dengan teknik slipstream. Sedangkan dengan Satria FU Injeksi meraih catatan waktu 2 menit 3 detik yang saya lakukan sendiri,” kata Andreas.

Suzuki Satria FU150 yang dijual di Indonesia saat ini masih mengandalkan mesin 4-tak, DOHC, berpendingin udara, SACS, 4-katup. Mesin 1 silinder berkapasitas 147,3 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 16 Ps pada 9.500 rpm dengan torsi maksimum 12,7 Nm pada 8.500 rpm.

Sementara kompetitornya, New Sonic 150R dipersenjatai dengan mesin 4-langkah, DOHC, 4-katup, silinder tunggal berkapasitas 149,16 cc. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini mencapai 16 Ps pada 9.000 rpm dan torsi 13,5 Nm pada 6.500 rpm.

Jika melihat spesifikasi tersebut, New Sonic 150R mempunyai akselerasi yang lebih responsif. Hal ini tampak pada torsi yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah. Hanya saja bobot motor ini lebih berat dibandingkan Satria sehingga menjadikan keduanya berimbang.

Untuk dimensinya, New Honda Sonic 150R mempunyai panjang 1.941 mm, lebar 669 mm dan tinggi 977 mm. Ground clearance-nya mencapai 140 mm, sedangkan bobotnya 114 kg. Suzuki Satria FU150 mempunyai panjang 1.945 mm, lebar 652 mm dengan ground clearance 140 mm. Motor Suzuki ini berbobot 95 kg.

Baca Juga : Bocoran Spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi 2016

Img Source: http://dapurpacu.com

Source: all new satria fu 2016, satria fu injeksi 2016 terbaru, harga spakbor belakang satria fu injeksi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply