Home Auto News Teknologi Penunjang Kenyamanan All New Kijang Innova Indonesia

Teknologi Penunjang Kenyamanan All New Kijang Innova Indonesia

0 1769

Toyota Kijang Innova Terbaru Indonesia, Sejak resmi diluncurkan di Indonesia, All New Toyota Kijang Innova sukses menarik perhatian banyak masyarakat. Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan Toyota ini hadir menyapa publik dengan tampilan baru. Hal tersebut memang sangat terlihat jelas begitu melihat tampilan eksteriornya.

Tidak hanya itu saja, Toyota juga memberikan sentuhan penyegaran signifikan di sisi interior. Bahkan dapur pacunya juga tak luput dari sentuhan upgrade. Jika diprosentase, perubahan pada All New Kijang innova ini nyaris mencapai 80%.

Sebagai contoh, mari kita lihat dimensi mobil sejuta umat ini. Iwan Abdurrahman, yang menjabat sebagai Technical Service Division Toyota Astra Motor mengungkapkan perbedaan dimensi antara Toyota Kijang Innova baru dengan model lama.

“All New Kijang Innova panjangnya bertambah 15 cm menjadi 4.735 mm. Lebarnya pun bertambah 5,5 cm menjadi 1.795 mm dan tingginya bertambah 4,5 cm jadi 1.795 mm,” paparnya, dilansir dari laman Otomotifnet.

Perubahan dimensi tersebut rupanya memberikan efek yang sangat terasa saat berada di dalam kabin. Interior mobil baru Toyota Kijang Innova menjadi lebih lapang. Di samping itu posisi duduk juga lebih nyaman sehingga penumpang dapat duduk dengan santai selama perjalanan.

Perubahan yang paling jelas terdapat pada bagian bagasi. Kini Kijang Innova terbaru mempunyai bagasi yang lebih luas dan besar. Meskipun dimensi bertambah besar, rupanya konstruksi sasis masih sama, yakni tetap mempertahankan ladder frame.

MPV All New Kijang Innova 2016 Indonesia 2

Baca Juga : Hasil Uji Tabrak Toyota Innova 2016

“Sasis tersebut paling cocok untuk Indonesia dan sangat kokoh,” ujar Chief Executive Engineer Toyota Motor Corporation, Hiroki Nakajima.

Akan tetapi sasis tersebut mendapat perubahan agar lebih kuat. Toyota mengubah bahan material pembuatnya dan mempertebalnya 2 cm di setiap sisinya. Selain itu titik pengelasan di seluuruh bodi ditambah 66 titik. Sentuhan ubahan ini membuat bodi terasa lebih kaku. Hal yang dilakukan Toyota tidak sia-sia. Perubahan tersebut langsung dapat dirasakan pada sesi first drive, baik dalam kota maupun saat journalist test drive di pulai Dewata, Bali.

Peningkatan handling bukanlah satu-satunya yang diutamakan oleh Toyota. Pabrikan mobil asal Jepang ini juga memperhatikan sisi kenyamanannya. Oleh karena itu sokbreker All New Kijang Innova dirombak. Tebal dudukan di frame ditambah 2 cm. Di samping itu posisinya juga diubah agar dapat mengoptimalkan penyerapan getaran dari jalan.

Iwan mengatakan, bagian tabung dipertebal dan disesuaikan dengan bobot mobil yang bertambah menjadi 1.860 kg. Hal ini dilakukan agar bantingan sokbreker menjadi lebih lembut.

Jika dibandingkan, Toyota Kijang Innova generasi lama tipe V bensin mempunyai bobot 1.545 kg. Selisih beratnya dengan model terbaru mencapai 315 kg. Meskipun demikian, saat dikendarai kabin All New Kijang Innova lebih senyap dibandingkan dengan model pendahulunya. Kabin yang lebih kedap suara didapat berkat ditambahnya peredam dan bahan sponge di bagian dalam mobil. Alhasil pengguna dapat berkendara lebih nyaman tanpa gangguan suara yang tidak menyenangkan.

Sebagai informasi, All New Toyota Kijang Innova dipersenjatai dengan dua pilihan dapur pacu. Pertama adalah mesin bensin 1TR-FE berkapasitas 1.998 cc. Mesin ini mempunyai tenaga maksimal sebesar 139 PS dan torsi maksimum 18,7 kgm. Dapur pacu baru ini mempunai tingkat efisiensi yang lebih baik berkat diusungnya teknologi Dual VVT-i.

Pilihan berikutnya adalah mesin diesel 2GD-FT berkapasitas 2.393 cc. Mesin ini dipadukan dengan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan intercooler. Berbekal mesin ini All New Kijang Innova dapat menghasilkan tenaga 149 PS dengan torsi 34,9 kgm untuk transmisi manual 5-percepatan. Sementara transmisi otomatis 6-percepatan dapat meraih torsi 36,7 kgm.

Baca Juga : Keunggulan Mesin Diesel Toyota Innova 2016

Source: lebih nyaman innova atau fortuner, kenyamanan innova vs fortuner, kenyamanan kijang innova, kenyamanan ertiga vs innova, kenyamanan innova terbaru, innova vs fortuner, inova vs fortuner, modif kijang innova news, lebih nyaman mana innova 2016 atau fortuner, nyaman kijang inova atau fortuner, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply