Home Auto News Suzuki New Ertiga Dreza 2016, Bocoran Desain dan Fitur

Suzuki New Ertiga Dreza 2016, Bocoran Desain dan Fitur

0 1629

Mobil Suzuki Ertiga Terbaru, Beberapa waktu lalu Suzuki dikabarkan tengah mempersiapkan New Ertiga barunya. Mobil ini tertangkap kamera terparkir di salah satu ruangan di pabrik Suzuki di Pulogadung, Jakarta Timur.

MPV (Multi Purpose Vehicle) tersebut diduga kuat merupakan varian tertinggi Suzuki New Ertiga. Setelah digali lebih dalam, mobil baru tersebut bernama New Ertiga Dreza. Lantas kapan mobil ini meluncur di Tanah Air?

Menurut salah satu tenaga penjual dealer Suzuki mobil di kawasan Jakarta Utara, New Ertiga Dreza akan diluncurkan pada awal tahun depan. Ia mengatakan, mobil berlambang ‘S’ tersebut akan diluncurkan paling cepat akhir Januari, atau paling lambat Februari 2016 mendatang.

“Sampai saat ini pemesanan belum bisa dibuka sebelum peluncuran resmi dilakukan,” jelas sang narasumber, dikutip dari Okezone.

Melihat tampilan eksteriornya, New Ertiga Dreza mendapat sejumlah sentuhan pembaruan. Hal tersebut tampak pada bagian bumper depan. Tampilannya terlihat mewah dengan desain grille, airdam dan aksen krom baru. Hanya saja Suzuki tidak memberikan perubahan pada bentuk headlamp mobil ini, sehingga masih sama dengan New Ertiga biasa.

Suzuki New Ertiga Dreza 2016 Indonesia 2

Di sisi samping, sentuhan baru tampak pada bagian pelek. Suzuki menyematkan pelek berdesain spoke menyerupai turbin yang dilapisi dengan two tone color. Di samping itu Suzuki juga menyematkan pelindung bodi dari cipratan air atau lumpur, serta garnish baru di bagian samping. Untuk New Ertiga Dreza Suzuki memberikan garnish berwarna silver, sedangkan Dreza GS berwarna chrome.

Sentuhan aksen krom juga terlihat di bagian buritan. Selain itu Suzuki juga menyematkan high mount stop lamp dan roof spoiler. Tak lupa disertakan pula emblem Dreza yang diletakkan di pintu bagasi.

Beralih ke bagian interior, New Ertiga Dreza menawarkan warna dual tone seperti generasi pendahulunya. Hanya saja kabin New Ertiga Dreza memanfaatkan warna yang lebih tua. Mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa peranti hiburan seperti head unit baru, yakni Audio Video Navigation (AVN), lengkap dengan layar sentuh berukuran 9 inci. Perangkat hiburan tersebut menggunakan sistem operasi Android 4.1.

Walaupun kabar mengenai peluncuran New Ertiga Dreza mulai tersebar luas, namun hal ini belum diketahui pasti oleh Ertiga Club Indonesia (Erci). Pernyataan tersebut disampaikan oleh M Hendar Prasetyo, selaku Ketua Umum Erci.

Hendar mengungkapkan, kabar mengenai keberadaan Ertiga terbaru pernah didengar beberapa waktu lalu. Di samping itu pihak Suzuki juga pernah mengungkapkan bahwa pihaknya akan meluncurkan tipe terbaru dan termewah dari Ertiga ini.

“Informasi tersebut pernah disampaikan pihak Suzuki Jepang mengenai rencana kehadiran New Ertiga terbaru di Indonesia,” ujarnya.

Walaupun belum melihat secara langsung wajah Ertiga terbaru, lanjut Hendar, melihat gambar yang beredar luas dinilai secara subjektif kurang kompak dan jauh dari kesan mewah.

“Meski belum yakin dengan gambar yang banyak beredar saat ini, jika benar itu merupakan Ertiga Dreza, tampilannya masih aneh. Apa karena baru lihat ya?,” kata Hendar.

Sekedar informasi tambahan, Suzuki New Ertiga dipersenjatai dengan jantung pacu yang sama dengan model sebelumnya, yakni K12B berkapasitas 1,4 liter. Mesin tersebut dikenal mempunyai efisiensi bahan bakar yang baik.

Menariknya, tenaga yang dihasilkan mesin New Ertiga justru lebih rendah dibandingkan model sebelumnya. Jika mesin Ertiga lama dapat menghembuskan daya 95 dk, kini tenaganya menjadi 92 dk. Kendati demikian Suzuki Indonesia menjamin bahwa distribusi tenaganya lebih memuaskan.

Di samping itu Suzuki juga memberikan perubahan pada kompresi ruang bakar, cover mesin yang dibuat dari bahan resin yang ringan, merancang ulang squish ruang bakarnya dan beberapa ubahan lain seputar mesin. Dengan sentuhan revisi tersebut efisiensi mesin New Ertiga meningkat 8 persen dari mesin sebelumnya.

Update : Detail dan Harga Suzuki Ertiga 2016 Indonesia

Img source: http://autonetmagz.net

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply