Home Auto News Spesifikasi dan Fitur Suzuki Satria FU150 Injeksi 2016 Terungkap!

Spesifikasi dan Fitur Suzuki Satria FU150 Injeksi 2016 Terungkap!

0 1226

Spesifikasi Suzuki Satria Injeksi Terbaru, Suzuki Satria FU150 injeksi sudah menampakkan dirinya. Motor bebek sport terbaru ini terlihat di final ajang Suzuki Indonesia Challange (SIC) yang diadakan di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Setelah sebelumnya tampilan baru Satria FU150 injeksi ini terungkap, kini giliran spesifikasi mesin yang bocor di dunia maya. Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh akun laskar Suzuki, motor baru ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 18,3 hp pada putaran mesin 10.000 rpm dengan torsi maksimum 13,8 Nm pada putaran 8.500 rpm. Walaupun kapasitas mesinnya serupa dengan model lamanya, yakni 147,3 cc. Untuk dimensi bore dan stroke tetap sama, yakni 62.0 mm x 48.8 mm.

Dalam data tersebut tenaga dan torsi Suzuki Satria FU150 injeksi dibandingkan dengan Satria FU150 versi karburator. Sebagai informasi, Suzuki Satria FU150 karburator hanya memiliki tenaga 15,5 hp dan torsi puncak 12,6 Nm.

Selain tenaga dan torsi, rasio kompresi berubah menjadi 11:5:1, sementara pada versi karburator hanya 10:2:1. Dengan rasio kompresi tersebut dapat dipastikan bahwa Suzuki Satria FU injeksi lebih cocok menggunakan bahan bakar sekelas Pertamax. Ujung katup Satria FU150 dibuat lebih besar, sehingga pembakaran menjadi lebih maksimal dan meningkat hingga 11%.

Masih ada perbedaan lain pada Satria FU150 versi injeksi dan karburator. Untuk karburator mesinnya ditemani dengan sistem pendingin udara. Sementara Satria FU150 injeksi telah mengandalkan liquid cooled, dengan DOHC 4 valve. Di samping itu sistem pengapiannya menggunakan Transistorized, bukan DC CDI.

Suzuki Satria FU150 FI 2016 Indonesia 2

Baca Juga : Bocoran Fitur Suzuki Satria FU Injeksi

Tidak berhenti sampai di situ saja, Suzuki juga memperbesar ukuran Air Cleaner Box hingga 24%. Meskipun ukuran Air Cleaner Box menjadi lebih besar, namun rangka motor tetap dibuat lebih ramping. Suplai udara lebih melimpah sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna. Semakin bear udara yang dihisap oleh throttle bodi, maka tenaga yang dihasilkan juga lebih besar.

Suzuki Satria FU150 injeksi menggunakan silinder SCEM (Suzuki Composit Electrochemical Material) yang diadaptasi dari motorsport Suzuki. Teknologi tersebut memungkinkan silinder yang terbuat dari bahan aluminium keras, mempunyai bobot lebih ringan namun tetap kuat.

Rival Honda Sonic 150R ini juga menggunakan rangka baru Twin Spar. Dengan rangka ini bobot kendaraan berpusat pada satu titik tengah. Alhasil motor menjadi lebih mudah untuk digunakan bermanuver dengan ukuran bodi kompak. Meskipun ringan, rangka Twin Spar yang diusung Satria FU150 injeksi ini tetap kokoh.

Suzuki juga memperlebar diameter pipa knalpot motor andalannya ini. Jika sebelumnya berdiameter 25,4 mm, kini menjadi 31,8 mm. Perubahan ini dilakukan untuk memaksimalkan keluaran tenaga di rentang rpm rendah dan tinggi, serta mengoptimalkan respon di seluruh rentang rpm. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan lebih pada di semua putaran mesin.

Selain perubahan pada sektor mesin, motor ini juga mempunyai beberapa fitur baru. Salah satunya adalah fitur electric starter yang diadopsi dari GSX-R1000. Saat fitur ini ditekan, crankshaft akan berputar 2-3 kali. Fitur electric starter ini merupakan fitur pertama di kelas underbone 150 cc.

Masih ada lagi fitur Shutter key yang sudah diperbarui. Desain kunci kontak pada Satria FU150 injeksi menggunakan sistem magnet otomatis yang merupakan satu-satunya di kelas underbone 150 cc. Sistem kerja fitur ini berbeda dengan shutter key pada umumnya. Untuk membuka penutup kunci kontak, pemilik hanya perlu menekan tanpa memutar kepala kunci di bagian magnetiknya. Maka tutup kunci kontak akan terbuka secara otomatis.

Suzuki Satria FU150 injeksi kini sudah dilengkapi dengan bagasi. Fitur ini akan sangat membantu pemilik di saat musim hujan.

Kabarnya Satria FU150 injeksi terbaru ini akan ditawarkan dalam dua varian, yakni standar dan special edition. Untuk varian standar dijual dalam tiga pilihan warna, yakni Titan Black/Solid Black, Brilliant White/Solid Black dan Stronger Red/Titan Black. Sementara varian special edition ditawarkan dalam pilihan warna Titan Black/Solid Black – Red CW dan Macho Bright Blue atau livery Suzuki Ecstar MotoGP.

Update : Suzuki Satria FU Injeksi 2016 Resmi Diluncurkan

Source: Perbandingan kompresi satria fu injeksi dan karbu, suzuki fu kompresi bocor, spesifikasi satria fu karburator, satria pertama tanpa bok, satria fu keluaran pertama, perbedan rasio fu karbu dqn fi, perbandingan power satria karbu vs satria fu, apa fu injeksi punya cdi, pengapian satria fu 150, kontak satria fu fi di motor bebek, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply