Home Auto News Wuling CN 113 2016 Indonesia Mulai Tampakkan Diri

Wuling CN 113 2016 Indonesia Mulai Tampakkan Diri

0 2448

Mobil Baru Wuling CN 113 Indonesia, Sebuah mobil aneh tertangkap kamera saat sedang melintasi kawasan Puri Indah, Jakarta Barat. Jika diperhatikan, mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) ini sengaja dilapisi dengan kamuflase agar identitasnya tidak mudah ditebak.

Usut punya usut, sesosok mobil misterius itu adalah Wuling CN 113 Mobil baru ini berasal dari Negeri Tirai Bambu, China yang akan dikerjakan oleh PT SGMW Motors Indonesia, perusahaan patungan SAIC, Generals Motors dan Wuling Automobile Co Ltd.

Jika melihat dimensinya, mobil ini mempunyai desain layaknya MPV sekelas Daihatsu Luxio dan Nissan Evalia. Kesan boxi dari Wuling CN 113 ini tidak terlalu menonjol lantaran desain bodinya yang kompleks, penuh lekuk dan sudut tajam.

Wuling CN 113 memiliki ukuran panjang 4,4 meter, dengan lebar 1,6 meter dan tinggi 1,7 meter. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2,7 meter. Sama seperti mobil keluarga pada umumnya, Wuling CN 113 memiliki kapasitas 7 penumpang.

MPV ini nantinya ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 1.206 cc yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 82 hp dengan torsi 108 Nm. Sementara mesin berikutnya adalah 4 silinder DOHC dengan kapasitas 1.485 cc. Mesin ini sanggup memuntahkan daya sebesar 107 hp dengan torsi maksimum 146 Nm.

Wuling CN 113 2016 Indonesia 2

Sebelumnya beredar kabar setelah Chevrolet Indonesia menghentikan produksi Chevrolet Spin, Wuling akan menghadirkan mobil MPV yang akan menjadi penerusnya. Akan tetapi hingga saat ini pihak Chevrolet Indonesia belum memberikan konfirmasi mengenai hal tersebut.

Kendati demikian, peluang Wuling CN 113 untuk dipasarkan di Tanah Air sudah terbuka. Pasalnya PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia sudah memulai pembangunan pabrik di Greenland International Industrial Center, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

Walaupun berasal dari China, dengan adanya kemungkinan kerjasama dengan GM Indonesia, Wuling CN 113 akan memiliki posisi tawar yang tinggi. Terlebih lagi jika nantinya mobil ini benar-benar dijual dengan harga terjangkau.

Tidak jauh berbeda dengan produk-produk lain asal China, strategi harga terjangkau bisa menjadi strategi jitu Wuling untuk bersaing dengan kompetitor lain. Tetapi, walaupun nantinya dijual dengan harga murah belum tentu Wuling CN 113 langsung diminati oleh masyarakat Indonesia.

Hingga saat ini kisaran harga MPV tersebut belum terungkap. Namun jika melihat pasar China, Wuling membanderol mobil-mobil MPV miliknya dengan kisaran harga 30 ribu yuan atau mencapai Rp 61 jutaan!

“Kita bisa menjamin, kualitas produk mobil kita. Mengenai harga akan lebih murah dibanding pabrikan Jepang meski sangat sensitif untuk dibicarakan, tapi kita akan pasang harga yang memuaskan,” jelas Xu saat peletakan batu pertama pabrik SGMW di Cikarang Agustus 2015 kemarin, sebagaimana dilansir dari laman Otomotifnet.

Dengan harga jual yang terjangkau dan daya tampung 7 penumpang, Wuling CN 113 bisa menjadi pilihan menarik bagi masyarakat Indonesia. Belum lagi hadirnya dua pilihan mesin 1.2 liter dan 1.5 liter. Wuling CN 113 bisa menjadi pilihan lain dari model Low MPV seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Meskipun nantinya ditambah dengan beragam regulasi perpajakan sehingga harganya bertambah mahal, tidak menutup kemungkinan harga Wuling CN 113 ditekan sebisa mungkin sehingga tidak lebih dari Rp 100 jutaan. Jika hal tersebut benar, mobil ini bisa menjadi ancaman bagi model-model MPV lain yang dipasarkan di Indonesia.

Akan tetapi ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh SGMW Motors Indonesia. Umumnya kiprah MPV non Jepang di Tanh Air kurang cerah. Oleh karenanya Wuling harus mempertimbangkan hal tersebut agar tetap dapat bersaing dengan MPV asal Jepang.

Img source: http://otomotifnet.com

Source: mobil wuling, harga mobil wuling, Wuling CN 113, wuling, wuling motor indonesia, perusahaan baru di cikarang asal cina com, mobil produksi wuling, wuling cikarang, kerjasama gm dengan wuling, wuling indonesia com, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply