Home Auto News Tenaga Kawasaki ZX-14R 2016 Turun 10 HP, Mengapa?

Tenaga Kawasaki ZX-14R 2016 Turun 10 HP, Mengapa?

Kawasaki ZX-14R Terbaru, Di antara beberapa produk Kawasaki yang ada, ZX-14R sudah dikenal banyak orang memiliki tenaga yang sangat besar. Di pasar Amerika, Kawasaki ZX-14R dapat melontarkan tenaga sebesar 200 hp. Tenaga tersebut lebih dari cukup untuk sebuah motor gede.

Hanya saja, hasil pengujian yang dilakukan oleh agensi perlindungan lingkungan EPA memiliki catatan lain seputar tenaga motor besar ini. Dari hasil tes, ZX-14R mempunyai keluaran tenaga sebesar 210 hp. Dengan menggunakan mesin dyno test, agensi yang fokus pada pengujian emisi kendaraan itu mencatat bahwa motor andalan Kawasaki ini menghasilkan tenaga sebesar 210,7 hp.

Kawasaki ZX-14R 2016 2

Tenaga monster itu tetap melekat pada Kawasaki ZX-14R selama beberapa tahun terakhir. Akan tetapi untuk model ZX-14R model 2016 tenaganya turun tipis, yakni menjadi 199,9 hp.

Hal tersebut dilakukan Kawasaki untuk memenuhi peraturan yang ditetapkan oleh EPA mengenai emisi gas buang kendaraan dan tenaga. Dalam peraturan US Environmental Protection Agency dijelaskan bahwa motor dan mobil harus memiliki tenaga yang sesuai dengan yang diklaim perusahaan.

Dengan begitu Kawasaki harus menurunkan tenaga ZX-14R sebesar 10 hp. Mesin yang digunakan tetap, yakni berkapasitas 1.441 cc. Hanya saja motor baru Kawasaki XZ-14R ini dilengkapi dengan 3-way catalytic converter yang berbeda dari model pendahulunya. Alhasil moge Kawasaki ini lebih ramah lingkungan.

Tidak hanya di pasar Amerika saja, ZX-14R untuk pasar Eropa juga mengalami perubahan serupa. Tujuannya agar motor tersebut dapat memenuhi standar emisi Euro6.

Sekedar informasi, Kawasaki ZX-14R juga dipasarkan di Tanah Air. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku agen tunggal pemegang merek Kawasaki memasarkan motor tersebut dengan kisaran harga Rp 336 juta sampai Rp 340 juta. Harga tersebut sudah berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply