Home Motor 4 Tips Memilih Aksesori Biker Saat Musim Hujan

4 Tips Memilih Aksesori Biker Saat Musim Hujan

0 2962

Tips Aksesori Pengendara Motor, Setelah melewati musim kemarau yang panjang, kini sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Sejalan dengan ramalan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada bulan Desember ini kota-kta besar di Indonesia sudah dilanda hujan dengan intensitas tinggi. Alhasil ruas jalan mulai digenangi air dan licin saat basah. Hal ini tentu membuat resiko berkendara menjadi lebih besar, terutama untuk para pengendara sepeda motor. Oleh karena itu beragam persiapan perlu dilakukan oleh pengendara motor di saat musim hujan. Tujuannya, agar perjalanan menjadi jauh lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, seperti selalu memeriksa kondisi sepeda motor, menerapkan cara berkendara yang baik dan benar serta memperhatikan aksesoris yang kita gunakan. Michael Gerald, Safety Riding Analyst Astra Motor (Diler Utama Honda) memiliki beberapa tips seputar aksesori biker atau alat keselamatan wajib yang perlu diperhatikan saat hendak berkendara. Di bawah ini adalah ulasan lengkapnya:

Helm

Di Tanah Air, razia peredaran helm tidak berstandar SNI semakin jarang dilakukan. Akibatnya helm yang tidak memenuhi standar dapat dijual dengan bebas di pasaran. Untuk itu Anda harus waspada akan hal ini. Pastikan Anda memakai helm yang dilengkapi dengan logo SNI. Jangan tergiur dengan harga yang murah, sebab keselamatan Anda lebih berharga. Di saat hujan seperti saat ini, helm jenis full face dinilai paling ideal. Alasannya, saat berkendara wajah dan mata tidak akan terganggu oleh siraman air hujan. Anda dapat menambahkan aksesori lapisan anti embun agar pandangan dan konsentrasi Anda sepanjang perjalanan tidak terganggu.

Tips Pilih Aksesoris Biker 2

Jas hujan

Memakai jas hujan tidak hanya melindungi Anda agar tidak basah saja, namun juga untuk menjaga suhu tubuh pengendara. Disarankan untuk memilih jas hujan model jaket dan celana. Jangan memilih jas hujan berbentuk jubah atau ponco, sebab beresiko tersangkut ke rantai atau roda. Selain itu pilihlah jas hujan berwarna cerah, sehingga pengendara lain dapat melihat Anda dengan mudah. Perlu diingat, jangan pernah menggunakan payung saat berkendara dengan sepeda motor.

Sepatu

Ketika hujan, umumnya pengendara memakai sandal agar sepatu yang digunakan tidak ikut basah. Namun alangkah baiknya Anda tidak memakai sandal karena dapat membahayakan saat terjatuh. Dianjurkan untuk menggunakan sepatu anti air atau paling tidak memakai cover sepatu. Bila terpaksa, tetap gunakan sepatu biasa. Di samping itu jangan menapakkan kaki di atas mesin atau center backbone, khususnya untuk pengendara motor bebek. Karena hal tersebut dapat mengubah titik keseimbangan sehingga pengendalian menjadi tidak prima.

Sarung tangan

Gunakan sarung tangan saat berkendara di bawah guyuran hujan. Cengkraman tangan pada setang disaat berkendara harus maksimal. Agar lebih aman, Anda dapat menggunakan sarung tangan anti air. Selain beberapa tips di atas, Anda juga perlu memperhatikan aksesori yang terpasang pada motor kesayangan. Di musim hujan jangan menggunakan ban tipis dan kecil. Permukaan ban yang kecil  memiliki daya cengkram yang kecil pula. Hal tersebut dapat membuat motor mudah terjatuh saat melintasi lubang yang tergenang oleh air. Di samping itu jangan gunakan grip setang dari logam. Alasannya, logam menjadi lebih licin saat terkena air hujan. Alhasil daya cengkram tangan pada setang tidak dapat maksimal dan bisa mengganggu kenyamanan berkendara. Tidak disarankan pula menggunakan aksesori footpeg dari logam. Sama seperti grip setang, footpeg berbahan logam dapat membuat pijakan kaki biker menjadi licin.

Source: asesoros motor sport untuk musim hujan, sandal untuk biker di saat hujan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply