Home Auto News Daftar Mobil Irit BBM di Tahun 2015, Suzuki Mendominasi

Daftar Mobil Irit BBM di Tahun 2015, Suzuki Mendominasi

0 1197

Mobil Hemat Bahan Bakar 2015, Ada beberapa hal yang biasa dipertimbangkan konsumen saat hendak membeli mobil baru. Misalnya desain yang menarik, fitur yang melimpah maupun performa mesin yang dapat diandalkan.

Saat ini tidak sedikit masyarakat yang mengutamakan efisiensi bahan bakar dalam memilih kendaraan. Mobil yang hemat bahan bakar tentu dapat menekan pengeluaran untuk membeli bensin. Untuk itu di tahun 2015 sejumlah produsen mobil menghadirkan pilihan kendaraan yang hemat BBM.

Menurut kabar yang dimuat Indiatimes, terdapat lima mobil irit bahan bakar yang dirilis sepanjang 2015. Berikut adalah kelima mobil tersebut.

Suzuki Celerio Diesel

Celerio diesel mengusung mesin dua silinder yang mempunyai kapasitas sebesar 793 cc. Tenaga yang sanggup dihasilkan mesin ini mencapai 46 hp. Suzuki Celerio Diesel diklaim dapat menghemat pemakaian BBM hingga 27,62 km/liter.

Di India, Celerio diesel dipasarkan dengan harga mulai 460.000 rupee atau Rp 95,42 jutaan hingga 570.000 rupee atau sekitar Rp 118,25 juta. Selain hemat bahan bakar, Suzuki Celerio diesel juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memadai. Mobil ini dilengkapi dengan fitur ABS, EBD dan dual airbag. Hanya saja fitur tersebut tersedia untuk varian tertinggi.

Suzuki Celerio 2015 India

Honda Jazz dan Suzuki Baleno

Honda Jazz dan Suzuki Baleno menjadi mobil paling irit bahan bakar kedua di tahun 2015. Kedua mobil ini mempunyai efisiensi bahan bakar hingga 27,3 km/liter.

Di Negeri Hindustan Honda Jazz tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni diesel dan bensin. Varian diesel mengandalkan mesin 1.500 cc i-DTEC yang memiliki tenaga sebesar 99 hp. Mesin ini juga digunakan pada Honda City, Amaze dan Mobilio. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi manual enam percepatan.

Sementara versi mesin bensin menggunakan 1.200 cc i-VTEC yang dapat menyalurkan tenaga 90 hp. Terdapat dua transmisi yang ditawarkan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis CVT 5-percepatan. Konsumsi bahan bakar varian bensin lebih rendah, yakni 18,7 km/liter untuk tipe manual dan 19 km/liter untuk tipe otomatis.

Suzuki Baleno juga hadir dalam dua pilihan mesin, yakni bensin K-Series 1.2 liter dan diesel 1.3 liter DDiS. Untuk varian diesel dapat menghasilkan tenaga sebesar 73 hp dengan torsi 190 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual lima percepatan. Beberapa fitur standar yang disematkan pada mobil ini adalah automatic climate control, sistem keamanan ABS, EBD dan dua airbag.

Ford Figo Diesel

Mobil paling efisien selanjutnya dipegang oleh Ford diesel. Mobil asal Negeri Paman Sam ini dipersenjatai dengan dapur pacu berkapasitas 1.500 cc empat silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 horse power. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan. Ford Figo bermesin diesel diklaim dapat mencatat efisiensi bahan bakar hingga 25,83 km/liter.

Renault Kwid

Mobil ini dirancang dengan memanfaatkan bahan baku yang ringan. Hasilnya Renault Kwid hanya memiliki bobot 660 kilogram. Hal tersebut berdampak positif terhadap efisiensi bahan bakarnya. Renault Kwid dapat menghemat pemakaian BBM hingga 25,17 km/liter.

Suzuki Ertiga SHVS

Multi Purpose Vehicle (MPV) berkapasitas 7-penumpang ini menjadi mobil kelima dengan efisiensi terbaik. Suzuki Ertiga SHVS diklaim memiliki efisiensi bahan bakar 24,52 km/liter. Efisiensi tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan Suzuki Ertiga non-SHVS yang memiliki tingkat konsumsi BBM 20,77 km/liter.

Mobil ini mengandalkan mesin dengan kapasitas 1.300 cc diesel SHVS (Smar Hybrid Vehicle Suzuki), sama seperti model sedan Suzuki Ciaz. Fitur start and stop yang disematkan pada mobil keluarga ini juga menjadi penunjang yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit.

Source: mobil hemat bbm, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply