Home Auto News Motor Listrik Garasindo-ITS Tampil Utuh di IIMS 2016

Motor Listrik Garasindo-ITS Tampil Utuh di IIMS 2016

0 867

Motor Listrik Indonesia Terbaru, Saat ini banyak perusahaan otomotif yang mengembangkan kendaraan bertenaga listrik. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar di dunia. Tingginya polusi memicu pemanasan global dan cuaca yang tak menentu.

Oleh karenanya produsen motor maupun mobil saling berlomba untuk menghadirkan produk yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan membuat kendaraan listrik. Langkah serupa juga dilakukan oleh PT Garasindo Inter Global (GIG).

Bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), PT GIG membuat prototie sepeda motor listrik. Motor ini pertama kali diperkenalkan di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diselenggarakan Agustus 2015 kemarin.

Hanya saja konsep motor listrik tersebut belum berwujud utuh. Belum ada bodi yang menempel pada motor tersebut. Hanya rangka, ban dan motor listrik saja yang sudah terpasang.

Harun Sjech, yang menjabat sebagai Chief Sales Officer PT Garasindo Inter Global mengungkapkan bahwa pihaknya akan memamerkan prototipe utuh motor listrik itu di IIMS 2016. Tampilannya akan berbeda dengan prototipe sebelumnya.

“Jadi nanti sudah ada bodinya atau sudah tertutup semua tidak berbentuk rangka seperti IIMS 2015. Tetapi, itu masih belum versi produksinya,” kata Harun, di acara media gathering akhir tahun Garasindo di Kemang, sebagaimana dilansir Kompas.

Motor Listrik Garasindo-ITS 2

Harun menambahkan, motor listrik yang akan diperkenalkan di IIMS 2016 nanti sudah mendekati versi produksi massal. Hanya saja motor tersebut belum belum dijual, masih sekedar dipamerkan. Pemasarannya baru akan dimulai pada 2017 mendatang.

“Karena untuk produksi massalnya masih membutuhkan berbagai step lagi, seperti pemasok dan lain sebagainya. 2017 rencana kita. Tahun depan kita pamerkan lagi, tapi sudah tidak berbentuk naked lagi,” jelas Harun.

Berdasarkan data roadmap pengembangan sepeda motor listrik Garasindo-ITS, pada 2016 akan ada dua unit prototipe motor listrik. Komponen-komponen penyusunnya sudah dapat diurah, termasuk identifikasi penyuplai berikut dari kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk produksi massal.

Lalu pada tahun 2017 dua unit purwarupa tersebut sudah dapat dianalisa proses manufakturnya. Garasindo telah mempersiapkan mekanisme rantai suplai komponen dan menganalisa produk untuk penetrasi pasar.

Pada tahun berikutnya seluruh proses produksi sudah siap dan skuter listrik pertama hasil kerjasama Garasindo dan ITS sudah dapat dilihat masyarakat. Untuk strategi pasar akan ditangani oleh Grup Garasindo.

Rencananya motor listrik ini akan dijual dengan harga Rp 20 jutaan. Harga tersebut diklaim kompetitif untuk bersaing dengan skuter matik (skutik) konvensional yang dijual di pasar otomotif nasional.

Untuk informasi tambahan, pengisian ulang baterai motor listrik ini membutuhkan waktu sekitar dua jam. Apabila memakai fasilitas quick charge, waktunya dapat dipangkas menjadi satu jam. Waktu tersebut terbilang masih cukup lama. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab baterai motor dapat diisi ulang di gerai atau toko seperti isi ulang air galon. Baterai kosong ditinggal dan ditukar dengan yang sudah diisi.

Motor listrik ini tidak membutuhkan daya listrik yang besar, beda dengan motor listrik buatan luar negeri seperti Zero Motorcycle. Tegangan listrik yang dibutuhkan motor listrik Garasindo-ITS ini antara 90-100 volt. Sementara tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 5 kW. Dalam kondisi penuh, motor tersebt dapat berjalan sejauh 100 km.

Motor listrik ini mengusung sasis yang terbuat dari bahan tubular. Dimensi panjangnya mencapai 1.904 mm, dengan lebar 687 mm dan tinggi mencapai 1.086 mm. Sumber tenaga bersumber dari motor listrik berkekuatan 5 kW peak power yang ditemani dengan baterai Litium Ion 97,2 volt. Untuk desain bodi motor dirancang langsung oleh pabrikan sepeda listrik asal Italia, Italjet.

Img source: http://otomotif.kompas.com

Source: iims 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply