Home Auto News Kelebihan Mesin BMW Seri 2 Grand Tourer 2016 Indonesia

Kelebihan Mesin BMW Seri 2 Grand Tourer 2016 Indonesia

0 934

Performa Mesin BMW Gran Tourer Terbaru, Pada awal 2015 kemarin produsen mobil mewah asal Jerman, BMW meluncurkan produk barunya, yakni Gran Tourer. Berbeda dari mobil-mobil sebelumnya, BMW Seri 2 Gran Tourer memiliki bodi yang besar dan dapat memuat tujuh penumpang sekaligus.

MPV (Multi Purpose Vehicle) kompak ini mengandalkan dapur pacu 3 silinder berkapasitas 1.5 liter. Meskipun bertubuh besar dan hanya mengandalkan mesin berkapasitas kecil, namun jangan meremehkan performanya. Sebab mesin Gran Tourer sudah dilengkapi dengan beragam teknologi tercanggih. Alhasil mobil baru BMW ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 136 hp. Keluaran tenaga tersebut nyaris sepadan dengan Toyota Kijang Innova versi mesin bensin. Lantas apa saja yang membuat mesin mobil ini begitu bertenaga?

Salah satu komponen yang mendukung performa mesin BMW Gran Tourer adalah variabel katup ganda yang diperkenalkan BMW dengan nama double Vanos. Komponen ini dapat mengatur asupa bensin, udara dan pengapian sesuai dengan pemakaian, baik untuk kebutuhan performa ataupun efisiensi.

Tidak hanya itu saja, BMW juga membenamkan peranti turbocharger yang bekerja secara simultan mulai dari putaran mesin 1.250 rpm. Alhasil keluaran tenaga yang disuplai tidak terlalu memberikan efek entakan.

Menariknya karakter mesin Gran Tourer dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Di dasbor tengah bagian bawah terdapat kontrol pengaturan yang terdiri dari beberapa mode, yakni eco, normal dan sport.

BMW Seri 2 Gran Tourer 2016 Indonesia 2

Saat pengemudi memilih mode eco, indikator yang terletak di panel meter bagian bawah akan memberikan nformasi penggunaan bahan bakar secara riil. Pengemudi juga akan mendapatkan arahan tekanan pedal gas untuk memperoleh gaya mengemudi yang efisien.

Di samping itu efisiensi bahan bakar juga didapat berkat hadirnya teknologi start/stop engine. Teknologi ini memungkinkan mesin mati secara otomatis ketika kendaraan berhenti usai melaju dalam keadaan tuas transmisi di posisi D. Teknologi start/stop engine sangat cocok digunakan di lalu lintas perkotaan yang macet. Yang menarik dari salah satu fitur Gran Tourer ini, meskipun mesin mati tetapi semua sistem kelistrikan seperti AC dan audio tetap berfungsi.

Berdasarkan tes penggunaan bahan bakar kombinasi jalan dalam dan luar kota, konsumsi BBM yang tercatat di MID mencapai 10,1 kpl. Kondisi ini diperoleh dengan memakai mode eco.

Apabila pengemudi ingin memperoleh performa yang responsif, BMW menyediakan mode sport untuk memenuhi keinginan sang pemilik. Alhasil tenaga dapat disalurkan dengan cepat. Selain itu perpindahan gigi yang dihasilkan transmisi sekuensial steptronic 6-percepatan telah dirancang sedemikian rupa agar mobil dapat melaju lebih cepat.

BMW mengklaim Gran Tourer dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9,5 detik. Sementara kecepatan maksimum atau top speed yang dapat ditorehkan mencapai 203 km/jam.

Sebagai informasi, di negara asalnya, Gran Tourer tersedia dalam lima varian, antara lain 218i, 220i, 216i, 218d,220d xDrive. Perbedaan kelima varian tersebut terletak pada mesin yang digunakan.

BMW Seri 2 Gran Tourer mengusung desain layaknya mobil minivan. Hanya saja pintunya didesain seperti mobil MPV pada umumnya. Bila diperhatikan tampilannya menyerupai BMW Seri 2 Active Tourer 5-penumpang. Persamaan kedua mobil BMW ini terlihat dari bumper bagian depan hingga pilar B. Kabin yang lega dan nyaman diperoleh melalui wheelbase atau jarak sumbu roda yang panjang. Bagasi mobil ini mempunyai kapasitas 627 liter.

BMW 218i Gran Tourer dijual di Tanah Air dengan harga Rp 845 juta on the road Jakarta. Konsumen mobil ini juga akan mendapatkan BMW Service Inclusive yang memungkinkan pemilik mendapat perawatan kendaraan bebas biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana dulu yang tercapai. BMW juga memberikan garansi selama 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Source: BMW Gran Tourer 2017, bmw indonesia seri 2 gran tourer, harga bmw gran tourer indonesia, kekurangan bmw 220d, mesin bmw x1 2017 indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply